31.6 C
Tangerang
Sunday, August 14, 2022
Home Uncategorized 10 Makanan Khas Indonesia Yang Paling Terkenal Dan Enak Yang Akan Membuatmu...

10 Makanan Khas Indonesia Yang Paling Terkenal Dan Enak Yang Akan Membuatmu Ngiler!

Setiap negara tentunya memiliki makanan khasnya masing masing. Makanan khas ini juga bisa menjadi salah satu ikon untuk negara tersebut, seperti misalnya Kimchi yang berasal dari Korea Selatan, sushi yang berasal dari Jepang. Begitupun di Indonesia yang memiliki makanan khas.

Indonesia memiliki 34 provinsi yang dimana masing masing dari provinsi tersebut memiliki makanan khas yang menjadi ikon dari provinsi tersebut. Makanan Indonesia seringkali menjadi makanan terenak di dunia, seperti salah satunya rendang yang berasal dari kota Padang. Rendang masuk ke dalam makanan ter enak di dunia.

Maka tak heran jika banyak pengunjung dari berbagai negara yang rela ke Indonesia untuk mencicipi berbagai kuliner khas di Indonesia, setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki makanan khas dengan bumbu asli Indonesia, rasa yang disajikan pun beragam. Berikut ini makanan khas Indonesia yang paling terkenal dan enak.

Makanan Khas Indonesia Yang Terkenal Dan Enak

Mie Aceh – Aceh

makanan khas indonesia
Aceh dijuluki dengan Serambi Mekkah, maka tak heran masyarakat Aceh sangat islami dan dikenal wajib menggunakan kerudung bagi yang perempuan. Aceh memiliki berbagai macam khas makanan, namun yang paling terkenal yaitu Mie Aceh yang memiliki rasa unik dan berbeda dengan mie mie pada umumnya. Cita rasa yang ditawarkan mie ini sangat tinggi dengan menggunakan bumbu khusus yang rasanya sangat enak, mie Aceh memiliki tekstur yang tebal dan disajikan dengan daging dan disiram kuah yang pedas gurih.

Bika Ambon – Sumatera Utara

makanan khas indonesia
Walaupun namanya bika ambon, ternyata kue yang satu ini berasal dari Sumatera Utara. Kue yang satu ini paling mudah ditemui jika kamu berkunjung ke Sumatera Utara, kue ini berbentuk kotak bersarang, tekstur yang lembut dan memiliki rasa khas yang nikmat. Bika ambon juga terdapat varian rasa lainnya seperti durian, keju, dan rasa lain.

Rendang – Sumatera Barat

rendang
Siapa yang tak mengenal makanan yang satu ini, rendang adalah makanan khas indonesia yang masuk kedalam makanan terenak di dunia. Makanan yang berasal dari Sumatera Barat ini memiliki cita rasa yang tinggi karena menggunakan banyak rempah rempah, rendang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu khas, rasanya sangat nikmat dan kuat.

Pempek – Sumatera Selatan

pempek
Pempek sudah dikenal menjadi ikon makanan yang berasal dari Sumatera Selatan. Makanan yang terbuat dari olahan ikan yang dicampur dengan sagu ini sangat nikmat dan enak, rasanya kenyal empuk. Biasanya disajikan dengan kuah cuka pedas bersama mie dan mentimun, yang membuat enak dari pempek ini yaitu kuah cuka yang terbuat dari bawang, gula merah, cuka, udang, cabai, dan garam.

Nasi Gudeg – D.I. Yogyakarta

gudeg
Jogja dikenal sebagai kota pelajar, dan sering menjadi destinasi wisata favorit banyak orang karena keindahan alamnya dan kulinernya yang beragam. Jogja memiliki makanan khasnya yaitu nasi gudeg, nasi gudeg ini paling terkenal di Jogja, nasi yang terbuat dari kuah santan kental, dan disajikan dengan krecek,daging ayam, dan telur.

Ayam Betutu – Bali

makanan khas indonesia
Bali memang paling banyak ditemui wisatawan asing, karena keindahan pantainya. Bali juga memiliki makanan khas yaitu ayam betutu, cita rasa yang dimiliki ayam ini sangat nikmat dengan rasa pedas dan manis. Ayam betutu ini paling sering menjadi incaran wisatawan.

Bubur Manado – Sulawesi Utara

makanan khas indonesia
Bubur pada umumnya pasti terbuat dari nasi putih yang rebus hingga halus dengan tambahan ayam, kerupuk, bumbu kari dan lainnya. Namun berbeda dengan bubur manado, bubur ini dimasak dengan sayuran dan jagung, dan diberi bumbu bumbu. Biasanya orang Manado menyantap makanan ini dipagi hari.

Gohu Ikan – Maluku Utara

gohu ikan
Jika Jepang memiliki sushi yang berbahan dasar ikan mentah, Maluku Utara juga memiliki gohu ikan yang terbuat dari ikan mentah yang segar. Rasa dari makanan ini segar dan nikmat, gohu ikan terbuat dari ikan tuna segar yang rasanya sangat enak jika dimakan mentah.

Rujak Cingur – Jawa Timur

rujak
Rujak cingur merupakan makanan tradisional yang sudah lama disajikan di kota Surabaya. Rasanya seperti pecel, yang unik dari rujak ini yaitu berbahan dasar cingur yaitu moncong sapi dan ditambahkan potongan lontong, tahu dan sayuran.

Kerak Telor – Jakarta

kerak telor
Siapa yang tak mengenal makanan khas betawi yang satu ini, kerak telor sangat mudah ditemui di Jakarta. Kerak telor terbuat dari ketan putih, telur ayam, ebi yang disangrai kering lalu ditambahkan bawang merah goreng, rasanya sangat enak dan gurih.

Most Popular