31.6 C
Tangerang
Thursday, December 8, 2022
Home Trending 22 Desember 2020, Peringatan Hari Ibu Di Indonesia!

22 Desember 2020, Peringatan Hari Ibu Di Indonesia!

Tentu warga Negara Indonesia sudah tidak asing lagi dengan peringatan Hari Ibu. Hari Ibu tersebut akan dilakukan setiap tanggal 22 Desember, dimana para anak akan memberikan kejutan atau mengucapkan rasa terimakasih atas segala hal dan pengorbanan yang dilakukannya sewaktu menjadi orang tua sekaligus teman terbaik anda. Dilansir dari sumber Kompas.com, peringatan mengenai Hari Ibu di tahun ini nampak berbeda dengan tahun sebelumnya dalam penyelenggaraan tema dan panduan pelaksanaan.

Dimana di tahun 2020 ini peringatan untuk menyelenggarakan Hari Ibu akan disesuaikan karena negara Indonesia sedang melaksanakan protokol kesehatan atas rantai penyebaran virus Corona yang semakin menakutkan dan semakin merajalela tanpa ampun. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Hari Ibu ini, alangkah baiknya jika kami membahas mengenai sejarah awal mula kehadiran Hari Ibu. Berikut adalah ulasan lengkap yang wajib anda ketahui mengenai Hari Ibu:

Sejarah Peringatan Hari Ibu Di Indonesia

Masih mengutip langsung dari sumber Kompas.com, pada Senin, 21 Desember 2020, bahwasanya awal mula Hari Ibu dilakukan oleh penyelenggaraan Kongres Perempuan Indonesia III yang telah berada di Indonesia dan memiliki anggota para wanita. Pada 22-27 Juli 1938, tepat di kota Bandung, seluruh Kongres Perempuan Indonesia III telah sepakat akan mengadakan Hari Ibu demi mengenang segala pengorbanan yang telah dilakukan oleh para ibu dalam menjaga keutuhan keluarga, dimana melakukan pengorbanan yang harus dilakukan para ibu bukanlah hal mudah.

Seluruh anggota dari Kongres tersebut telah sepakat bahwa peringatan akan diadakan di setiap tahun, pada 22 Desember. Dibalik pemilihan tanggal, ternyata terdapat fakta unik dibaliknya. Seluruh anggota Kongres Perempuan Indonesia III telah memutuskan tanggal 22 Desember lantaran bertepatan dengan awal hadirnya Kongres Perempuan I di tahun 1928 silam di Indonesia.

Hari Ibu 2020

Peringatan Hari Ibu

Telah kami bahas sebelumnya, bahwa Hari Ibu yang dilakukan di tahun 2020 ini nampak berbeda di tahun sebelumnya, dimana peringatan tersebut harus dilakukan sesuai pada protokol kesehatan yang sedang ditetapkan di tanah air. Menanggapi hal tersebut, selaku Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, yakni I Gusti Ayu Bintang Darmawanti, membenarkan hal tersebut sekaligus telah berharap besar bahwa perempuan-perempuan di negara Indonesia menyadari pentingnya harga diri sebagai wanita dan pentingnya peran ibu dalam sebuah keluarga untuk mendukung pada keluarga yang berkualitas.

Dalam siaran yang dilakukan I Gusti Ayu Bintang Darmawanti, mengatakan “Saya berharap besar bahwa seluruh perempuan di Indonesia sadar betapa berharganya menjadi wanita dan menjunjung tinggi harga diri Indonesia. Utamanya karena tidak pernah berhenti merawat dan perjuangan para perempuan di Indonesia di masa lalu sangatlah besar, dalam gerak sekecil apapun, peran wanita sangat lah penting, yang berarti melebihi segala hal apapun,” ujar nya dalam menyelenggarakan Panduan Pelaksanaan Hari Ibu Ke-92 Tahun 2020, yang telah dikeluarkan secara resmi oleh dirinya.

Tema Mengusung Hari Ibu Tahun 2020

Adapun tema yang akan diberlakukan untuk menyelenggarakan Hari Ibu ke-92 di tahun 2020 ini, adalah Perempuan Berdaya Indonesia Maju. Tema tersebut nampak diusung untuk Hari Ibu lantaran dianggap sebagai tema terbaik dalam menggambarkan “pentingnya peran Ibu”. Untuk mendukung tema utama, ternyata terdapat sejumlah sub tema yang akan memeriahkan tema dan menjadi peringatan yang amat berharga di Hari Ibu ke-92 2020 ini. Adapun subtema yang dimaksud, adalah:

  1. Sub tema 1: mengusung Perjuangan Perempuan Di Masa Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 1945 Lalu, yakni “Perempuan Pejuang-Perjuanganku Bagian Sejarah Perjuangan Bangsaku”.- Tujuan sub tema 1: mengenang segala perjuangan yang dilakukan oleh kaum perempuan yang bekerja sama dengan kaum laki-laki dan turut membantu demi merebut kemerdekaan negara Indonesia dari masa penjajahan.
  2. Sub tema 2: mengusung tema terhadap Perjuangan Perempuan di masa kini, yakni “Perempuan-Inspirasiku untuk Kemajuan Bangsaku”.- Tujuan sub tema 2: memberikan inspirasi yang besar bagi seluruh generasi muda Indonesia dalam menerapkan nilai-nilai penting untuk memperjuangkan harta tahta perempuan demi kemajuan negara Indonesia, serta mengangkat keberhasilan atas segala prestasi yang telah diperoleh perempuan Indonesia terhadap pencapaian kesetaraan.Adapun sub tema tersebut telah direncanakan dengan sangat matang untuk melakukan peringatan Hari Ibu di tahun 2020 ini.

Most Popular