31.6 C
Tangerang
Thursday, December 1, 2022
Home Trending 24 Orang Positif Corona Bareng Anies Baswedan Dan Wakilnya

24 Orang Positif Corona Bareng Anies Baswedan Dan Wakilnya

Setelah Anies Baswedan dikabarkan positif covid, baru baru ini beredar kabar 24 orang positif corona. Pandemi di Indonesia memang belum selesai sampai saat ini, virus yang berasal dari Wuhan, China ini mulai masuk ke Indonesia sejak bulan maret lalu, kemudian kasusnya meningkat sehingga dilakukan lockdown besar besar di seluruh Indonesia. Setelah beberapa bulan berlalu kasus covid mulai menurun di Indonesia, namun pekan ini kasus covid semakin meningkat di beberapa daerah, salah satunya DKI Jakarta dan Jawa Tengah.

Mendengar hal ini membuat Presiden Jokowi marah dan memberi peringatan tegas pada kepala daerah untuk lebih memperhatikan kasus covid yang semakin meningkat ini.
Beberapa hari lalu Anies Baswedan memberikan kabar kalau dirinya positif Covid setelah sebelumnya Riza Patria dinyatakan covid terlebih dahulu. Anies terkonfirmasi positif covid berdasarkan hasil tes usap PCR yang keluar pada hari selasa, sedangkan Riza Patria terkonfirmasi positif Corona pada hari Jumat, keduanya melakukan isolasi mandiri dan tinggal secara terpisah dengan keluarga masing masing, meskipun terpapar virus Corona Anies dan Riza tidak mengalami gejala apapun dan memilih untuk tetap bekerja melalui virtual.

Setelah kabar itu beredar kemudian Dinas Kesehatan DKI Jakarta melakukan tracing atau penelusuran, total ada 437 orang yang melakukan tes swab oleh petugas Dinkes DKI dan dari 437 ada 158 orang yang kontak erat dengan Anies. Sedangkan 279 lainnya kontak erat dengan Ahmad Riza Patria, “Sesuai dengan definisi dari Kemenkes kalau kontak erat adalah orang yang memiliki riwayat kontak dengan kasus probable atau konfirmasi covid-19, jadi pelacakan kontak yang kami lakukan tidak hanya menyatakan siapa yang tertular dari Gubernur maupun Wakil Gubernur. Data kasus konfirmasi positif hasil contact tracing bukan menentukan penularannya, tapi menentukan klaster kasus yang bersamaan terjadi selama masa inkubasi Covid-19” ucap Kadinkes DKI Jakarta Widyastuti melalui keterangan tertulis di situs PPID.

24 Orang Positif Corona

“Sampai Selasa kemarin, kamu di Dinkes DKI Jakarta dan jajaran sudah mencatat 158 orang sudah dilakukan tes usap dari kontak erat Gubernur dan 279 orang sudah dilakukan tes usap dari kontak erat Wakil Gubernur sehingga total pelacakan ini sudah ada 437 orang” lanjutnya, Kadinkes mengatakan kalau dari hasil tracing itu sebanyak 24 orang positif corona. Ia juga merinci 158 orang yang melakukan kontak dengan Anies dan hasilnya 5 orang positif corona, 111 negatif dan 42 orang lagi sedang menunggu hasilnya keluar, sedangkan orang yang melakukan kontak dengan Riza Patria juga ikut melakukan tes.

Dari tracing sejak 28 November hingga 1 Desember 2020 ada 19 orang positif Corona, 185 negatif dan 75 orang lainnya sedang menunggu hasil. Dengan seperti itu 24 orang yang positif tersebut merupakan orang orang yang berhubungan erat dengan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, walaupun 24 orang tersebut dinyatakan Covid belum tentunya mereka tertular dari Anies dan Riza Patria. Maka dari itu Dinkes hingga sampai ini masih terus melakukan penelusuran lebih lanjut terkait kasus covid ini.

“Sekali lagi, kamu mengatakan kalau mereka yang sudah terkonfirmasi positif dari hasil pelacakan kontak bukan menentukan sumber penularannya adalah Gubernur atau Wakil Gubernur, saat ini masih belum ditemukan kasus positif di antara mereka yang berinteraksi langsung dengan Gubernur baik dari keluarga atau tim kerja setelah Gubernur konfirmasi positif. Kepada mereka yang terkonfirmasi positif sedang dalam proses penelusuran lebih lanjut lagi, ada beberapa kasus ditemukan kalau periode penularan sebelum berinteraksi dengan Gubernur dan merupakan bagian dari klaster keluarga masing masing, jadi kami akan mendata ada klaster terpisah yang ditemukan karena melakukan tes massif di lingkungan Kerja Gubernur dan Wakil Gubernur” Ucapnya.

Karena semakin meningkatnya kasus covid di Indonesia ini kabarnya libur akhir tahun di tiadakan untuk menekan kasus agar cepat turun kembali. Pemerintah juga semakin memperketat daerah daerah yang kasusnya meningkat, untuk warga dihimbau untuk tidak bepergian keluar kota terlebih dahulu jika hal tersebut tidak terlalu penting, besar harapan pemerintah agar kasus Covid-19 ini cepat selesai dari Indonesia sehingga semua masyarakat dapat melakukan aktivitas kembali seperti biasanya. Dan untuk 24 orang positif corona semoga cepat pulih serta Gubernur dan Wakil Gubernur.

Most Popular