31.6 C
Tangerang
Monday, December 5, 2022
Home Health 3 Cara Atasi Keracunan Sebagai Pertolongan Pertama

3 Cara Atasi Keracunan Sebagai Pertolongan Pertama

Setiap musibah keracunan tidak menutupi kemungkinan akan terjadi disekitar kita dengan cara menelan obat-obatan, menghirup bahan kimia dan menyentuh atau menyuntikkan cairan berbahaya dengan sengaja. Kondisi ini bukan hanya membahayakan kesehatan pada tubuh saja tapi memicu kematian pada organ tubuh yang terpapar racun tersebut. Anda bisa gunakan cara atasi keracunan untuk menolong seseorang dengan pertolongan pertama.

Pemicu keracunan bisa dari berbagai faktor seperti bahan keseharian kita seperti obat nyamuk liquid, sabun mandi atau sabun cuci, ataupun pembersih lantai yang memiliki banyak zat kimia dan tidak seharusnya barang-barang tersebut sampai ditemukan anak anda yang akan mengira barang tersebut adalah makanan dan minuman yang aman untuk dirinya. Jika hal ini terjadi pada orang sekitar kita maka melarikan korban ke rumah sakit adalah pertolongan yang paling utama. tapi bagaimana saat kondisi korban butuh pertolongan pertama orang keracunan sebelum dilarikan kerumah sakit terdekat. Simak dengan baik ulasan yang sangat penting ini!

Cara Atasi Keracunan Pada Masing-Masing Jenis Racunnya

Cara Atasi Keracunan

Jika anda berada di tempat kejadian dengan situasi yang genting gawat dan darurat dengan kesehatan maka segera Hubungi 119 atau nomor darurat daerah masing-masing. Namun, setiap terjadinya kecelakaan yang disengaja atau tidak disengaja jangan hanya menelpon dan menunggu kedatangan tim pertolongan darurat saja, tapi diharuskan kita menolong dengan mencoba berusaha memberikan sebuah pertolongan pertama terutama saat orang lain mengalami sebuah keracunan yang efek mematikannya menyebar sangat cepat dan langsung menimbulkan keluhan seperti muntah-muntah, sakit kepala, mengantuk, mengeluarkan busa pada mulut, kejang-kejang hingga tidak sadarkan diri.

Minum Penetralisir Racun – Air Kelapa Hijau Dan Susu Murni

Banyak sekali racun yang dapat tertelan yang mengandung banyak atau sedikitnya partikel zat kimia, keracunan dengan cara tertelan tidak sengaja lantaran tidak tahu atau kesengajaan yang ingin membahayakan diri sendiri. Tetap saja Hal ini dikategorikan kecelakaan yang seharusnya mendapatkan pertolongan pertama. Cara atasi keracunan dengan kasus tertelan, jika masih dalam kondisi sadar maka berilah air untuk kumur-kumur dan jangan memaksakan untuk memuntahkan zat cair tersebut. Tertelannya pembersih lantai, cairan obat nyamuk dan cairan bensin karena akan memperparah organ tubuh seperti paru- paru dan lambungnya. Berikan Air Kelapa Hijau atau Susu Murni yang akan menetralisir kadar racun, apabila tidak sadarkan diri dan terjadinya kejang-kejang segera miringkan posisi kepala korban agar tidak tersedak dan jangan berikan air putih terlebih dahulu. Semoga dengan anda memberikan pertolongan pertama cara diatas akan membantu menyelamatkan banyak nyawa orang lain.

Cuci Di Air Mengalir

Terkenanya racun dengan cara bersentuhan seperti terkenanya gigitan ular berbisa dan pertolongan pertamanya membersihkan dan mencuci luka dengan air mengalir dan memperban lalu mengikat seakan bisa ular tersebut tidak menyebar kebagian tubuh lainnya. Racun yang berbahaya jika terpapar adalah racun dari radioaktif dari tembakan nuklir saat terjadinya perang antar negara dan pertolongan pertamanya ialah tidak membuka jendela atau keluar rumah semua harus didalam rumah jika sudah terlanjur terkena racun tersebut maka cucilah pakaian yang terpapar dan menggunakan pakaian setebal mungkin agar tidak terkena kulit langsung. Biasanya untuk anda yang berada di dalam hutan harus pahami cara mengatasi jika dirinya terkena racun nantinya.

Berikan Oksigen Terbaik

Cara atasi keracunan jika terkena racun dengan cara terhirup ini, sangat sering dialami oleh orang-orang yang bekerja sebagai petani yang tidak sengaja menghirup zat pembasmi hama yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, atau pekerja keras yang harus menghirup zat berbahaya lainnya yang menjadi pemicu kanker dan kematian tersebut, jika terjadinya keracunan seperti ini segera membawa korban ke tempat yang udaranya sangat segar atau upayakan udara yang berbeda yang harus dihirup kembali mungkin terasa sulit untuk pertolongan pertama orang keracunan jenis yang satu ini. Banyak sekali cara untuk anda coba, seperti cara di atas yang sudah dijelaskan. Upaya untuk memberikan pertolongan pertama akan memudahkan orang lain dalam masalah yang dialaminya, seperti halnya keracunan.

Most Popular