31.6 C
Tangerang
Thursday, December 8, 2022
Home Health 4 Cara Menurunkan Kreatinin Secara Efektif Agar Ginjal Tetap Sehat

4 Cara Menurunkan Kreatinin Secara Efektif Agar Ginjal Tetap Sehat

Kreatinin merupakan sebuah limbah yang keluar bersama urine sekaligus bertugas untuk memonitor fungsi ginjal. Kreatinin ini sendiri berasal dari metabolisme otot dan menjadi indikator bahwa fungsi ginjal bekerja dengan baik atau tidak. Sebab, zat ini akan mengalir melalui pembuluh darah kemudian disaring oleh ginjal yang akan mengeluarkannya bersama dengan urine. Jika seseorang memiliki masalah ginjal, maka kreatinin ini akan menumpuk di dalam darah. Cara menurunkan kreatinin sendiri bisa dibilang cukup mudah untuk dilakukan. Asal teratur maka hasilnya akan sesuai, yaitu ginjal menjadi tetap sehat.

Pada umumnya, kadar kreatinin yang tinggi memang tidak mengancam jiwa, namun bisa mengindikasi masalah kesehatan yang serius, seperti penyakit ginjal kronis. Jika seseorang memiliki kadar kreatinin yang tinggi karena masalah ginjal, maka dokter akan merekomendasikan perawatan medis. Selain itu, penderita tersebut juga harus merubah pola makan dan gaya hidupnya. Sangat disarankan untuk melakukan tes darah rutin untuk mengukur kadar kreatinin di dalam tubuh. Langsung saja, berikut ini ada beberapa cara untuk menurunkan kadar kreatinin yang bisa anda lakukan.

Berbagai Cara Menurunkan Kreatinin Ini Akan Membuat Ginjal Anda Senantiasa Sehat

Cara menurunkan kreatinin

Sebelum itu, ada baiknya anda mengetahui apa saja faktor-faktor yang dapat meningkatkan kadar kreatinin di dalam tubuh. Mulai dari mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti antibiotik dan obat antiinflamasi atau NSAID, mengkonsumsi suplemen kreatinin, terlalu banyak mengkonsumsi makanan berprotein tinggi, terlalu sering latihan fisik berat, gangguan fungsi ginjal, aliran darah yang rendah, dehidrasi dan infeksi penyakit serius. Apabila tes darah menunjukkan bahwa kadar kreatinin dalam tubuh anda tinggi maka bisa jadi ginjal anda tidak bekerja dengan benar.

Mengurangi Olahraga Berat

Olahraga memang akan memberikan banyak manfaat untuk tubuh, akan tetapi jika melakukannya terlalu berlebihan akan meningkatkan kadar kreatinin di dalam tubuh. Sebab, metabolisme otot akan menghasilkan kreatinin jadi, jika anda menggerakan atau latihan otot secara berlebihan akan meningkatkan kadar kreatinin di dalam tubuh. Jika anda memang gemar berolahraga namun ingin menurunkan kadar kreatinin maka anda bisa membicarakan perihal ini dengan dokter tentang berapa banyak dan jenis olahraga apa yang bisa anda lakukan. Sebaiknya hindari melakukan olahraga yang terlalu berat, anda bisa mencoba olahraga yoga yang jauh lebih ringan.

Jangan Mengkonsumsi Suplemen Yang Mengandung Kreatinin

Cara menurunkan kreatinin yang paling efektif adalah dengan tidak mengkonsumsi suplemen yang di dalamnya mengandung kreatinin. Seperti yang sudah diketahui bahwa kreatinin merupakan senyawa alami yang diproduksi oleh hati, kemudian diangkut ke otot untuk digunakan sebagai sumber energi. Namun, kreatinin yang tidak digunakan sebagai energi akan diubah menjadi limbah. Kreatinin yang diproduksi alami oleh tubuh juga sudah dapat ditemukan dalam bentuk suplemen oral.

Tidak sedikit atlet yang mengkonsumsi suplemen kreatinin untuk membantu meningkatkan kinerja atletik. Oleh sebab itu, jika seseorang yang ingin mengurangi kadar kreatinin tidak diperbolehkan mengkonsumsi suplemen yang mengandung kreatinin. Selain itu, penelitian yang diadakan untuk menguji keamanan suplemen kreatinin juga masih sangat terbatas. Oleh sebab itu, anda harus waspada dalam mengkonsumsinya.

Mengurangi Asupan Protein

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi protein dalam jumlah yang besar akan meningkatkan kadar kreatinin meskipun hal tersebut hanyalah sementara. Contohnya adalah daging merah yang dimasak secara khusus akan mempengaruhi kreatinin. Karena panas dari masakan akan menyebabkan daging menghasilkan kreatinin jauh lebih banyak.

Bagi anda yang sedang menjalani program diet tinggi daging merah atau sumber protein lain, termasuk produk susu, kemungkinan besar memiliki kadar kreatinin yang jauh lebih tinggi daripada orang yang tidak mengkonsumsi banyak protein. Karena jika kadar kreatinin anda tinggi akibat mengkonsumsi daging merah maka anda bisa beralih dengan mengkonsumsi hidangan berbasis sayuran untuk mengontrol kadar kreatinin.

Mengkonsumsi Lebih Banyak Serat

Cara menurunkan kreatinin yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi lebih banyak serat. Sebuah penelitian dari European Journal of Clinical Nutrition lebih lanjut diperlukan untuk menentukan efek dari serat makanan terhadap kadar kreatinin. Akan tetapi, ada sebuah penelitian yang menunjukkan adanya penurunan kadar kreatinin yang cukup signifikan pada orang yang memiliki penyakit ginjal kronis dan tinggi asupan seratnya. Anda bisa mengkonsumsi beberapa makanan yang kaya akan serat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan polong-polongan.

Most Popular