31.6 C
Tangerang
Thursday, December 8, 2022
Home Lifestyle 4 Tips Kegiatan Produktif Saat WFH Di Tengah Pandemi

4 Tips Kegiatan Produktif Saat WFH Di Tengah Pandemi

Awal tahun 2020, dikabarkan tanah air tercinta telah dilanda oleh virus corona, sebutan sebagai Covid-19. Banyak sekali saat itu pemecatan karyawan demi kelangsungan ekonomi yang secara tiba-tiba menurun drastis. Perekonomian turun, dan meningkatnya pengangguran saat itu. Adapun saat pekerja kantoran yang memiliki dampak untuk tidak bekerja di kantor dan bekerja dirumah atau work from home.

Kegiatan yang membuat aktivitas berantakan, dan mengharuskan anda memiliki kegiatan produktif saat WFH. Tidak heran kalau anda akan mendapat giliran untuk bekerja secara WFH seperti para pekerja kantoran lainnya, hal ini akan membuat anda terbiasa dan lebih ekstra lagi dalam memanage waktu. Pandemik membuat sebagian orang harus diam dan hanya di rumah saja. Awalnya, mungkin kamu merasa akan bisa melewatinya. Sekarang, kamu mungkin sering merasakan kejenuhan dan tidak tahu kapan untuk pandemik akan berakhir seiring terus bertambahnya kasus COVID-19 di negara Indonesia.

Terapkan Kegiatan Produktif Saat WFH Di Masa Pandemi

Kegiatan produktif saat WFH

Terapkan tips yang sangat berkualitas ini untuk memperbaiki semua jadwal keseharian anda yang berantakan, hidup yang beriringan dengan virus Corona memang mengharuskan anda untuk tetap menjaga kesehatan dan juga aktivitas yang terbatas. Produktivitas kamu mungkin saat ini akan terkesan menurun dan paling berantakan.

Memang banyak sekali karyawan yang mengalami PHK atau Putus Hubungan Kerja demi berjalannya operasional kantor dengan normal di tengah pandemi. Namun, bagi kamu yang memiliki kesempatan untuk bekerja dari rumah atau Work from Home (WFH), kegiatan yang produktif adalah sebuah keharusan. Lalu, bagaimana caranya agar tetap produktif selama kamu WFH? Yuk, simak tipsnya!

Bangun Tidur Jangan Langsung Kerja

Kegiatan Produktif Saat WFH atau Kerja di Rumah Selama Pandemik, yaitu dengan berikan jeda waktu terlebih dahulu, Kalau kamu langsung memeriksa semua pekerjaan setelah bangun tidur, tubuhmu itu ternyata dapat diketahui sebenarnya belum siap untuk jalani aktivitas. Kamu cenderung akan terus-terusan bekerja meski tidak produktif. Tidak ada salahnya jika kamu sebaiknya tetap melakukan rutinitas di pagi hari seperti biasa dan tidak membuka pekerjaan sampai benar-benar siap untuk bekerja.

Kamu pun bisa bekerja dengan lebih efektif lagi serta produktif dalam keadaan lebih siap. Memang biasanya anda pasti tidak akan mau terburu-buru terjun ke dunia kerja saat bangun tidur, hal itu juga akan membuat jadwal sehari-hari anda akan berantakan. Cobalah untuk tertib dan tidak mengandalkan waktu kerja dirumah untuk hal yang sepele dan leha-leha.

Pandai lah Bagi Waktu

Secara umum, manusia bisa memiliki tingkat rata-rata bisa fokus untuk bekerja selama 90-120 menit. Karenanya, kamu bisa beri beberapa jeda pada setiap waktu sela sela setelahnya agar setelahnya bisa fokus lagi. Kamu tidak harus bekerja berjam-jam dengan fokus mengerjakan yang itu-itu saja.

Memberi jeda juga bisa penting supaya membuatmu lebih efektif dalam bekerja. Pandainya kamu dalam membagi waktu akan menunjukkan kerja kerasmu penuh dengan kerapihan. Tidak teraturnya aktivitas dikarenakan jadwal yang berantakan, biasanya dikarenakan oleh kegiatan yang diluar jadwal saja. Cobalah untuk terus menerapkan jadwal kerjamu seperti biasa dan jangan menyepelekan waktu saat anda sedang mendapatkan waktu kerja dirumah.

Buat Rutinitas Di Pagi Hari

Rutinitas pagi merupakan hal yang pertama untuk dilakukan untuk memulai awal hari. Biasanya, kamu ini dapat menentukan bagaimana aktivitasmu supaya melancarkan berjalan seharian. Ternyata Kamu bisa mempersiapkan kegiatan untuk awal pagi harimu pada malam sebelumnya. Kamu bisa membuat banyak catatan terlebih dahulu pada malam hari yang berisi hal apa saja yang akan dilakukan pada pagi hari.

Sediakan Tempat Proporsional

Kegiatan produktif saat WFH yaitu dengan anda menyiapkan ruangan khusus untuk bekerja. Keuntungan yang didapatkan dari bekerja di rumah adalah kamu bisa memilih tempatmu bekerja dimana saja. Kamu bisa memodifikasi area kerja yang tak mungkin kamu lakukan di kantor sebelumnya. Kamu bisa meletakkan meja di pojokan kamar atau di ruang tertentu yang sesuai dengan gaya kerjamu. Kamu juga bisa menambahkan beberapa sedikit aksen untuk menenangkan seperti tanaman supaya lebih nyaman untuk bekerja.

Most Popular