31.6 C
Tangerang
Wednesday, December 7, 2022
Home Lifestyle 5 Aplikasi Scan Dokumen Android Terbaik Yang Wajib Diketahui

5 Aplikasi Scan Dokumen Android Terbaik Yang Wajib Diketahui

Teknologi smartphone semakin hari semakin berkembang pesat saja. Sehingga membuat banyak pekerjaan yang biasanya harus dilakukan dengan cara manual atau menggunakan peralatan, saat ini sudah bisa dilakukan dengan cara yang sangat simpel yaitu menggunakan smartphone. Jika pada zaman dahulu seseorang yang ingin melakukan scan dokumen harus menggunakan alat scan khusus, kini mereka sudah bisa melakukan scan dokumen PDF hanya dengan menggunakan smartphone. Dimana sudah banyak aplikasi scan dokumen android yang beredar dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan.

Aplikasi-aplikasi scanner yang sudah banyak tersedia di Play Store ini bahkan sampai menyaingi kemampuan dari alat scanner sungguhan karena aplikasi tersebut mampu mengubah gambar menjadi sebuah teks, membuat adjustment secara otomatis dan lain sebagainya. Ada begitu banyak aplikasi scanner di Play Store yang bisa anda pilih. Seperti beberapa rekomendasinya berikut ini. Dimana anda bisa segera mengunduh aplikasi scan dokumen ini di hp Android anda untuk memudahkan segala pekerjaan.

Rekomendasi Aplikasi Scan Dokumen Android Terbaik di Play Store

CamScanner

aplikasi scan dokumen Android

Meskipun sempat dihapus oleh pihak Google Play Store karena isu infeksi malware, pada akhirnya camscanner kembali dirilis dengan perbaikan yang semakin terbaru. Dengan menggunakan aplikasi ini anda bisa melakukan scan dokumen kertas, tulisan di papan tulis hanya dengan cara memotretnya saja. Dokumen yang dihasilkan juga bisa disimpan dalam format PDF atau JPEG. Fitur menarik yang tersedia di dalam versi premium Camscanner ini antara lain yaitu adanya penyimpanan cloud di Google Drive, Dropbox, Evernote dan lain sebagainya.

Adobe Scan

Adobe Scan

Aplikasi scan dokumen untuk hp Android selanjutnya adalah Adobe Scan. Aplikasi yang satu ini pertama kali dirilis pada tanggal 31 Mei 2017 dan berhasil memperoleh lebih dari 10 juta unduhan. Dengan aplikasi yang satu ini anda bisa melakukan scanning pada semua tipe dokumen kemudian bisa langsung disimpan ke ponsel anda dalam bentuk format PDF. Sehingga berkas penting tersebut sudah siap untuk dibagikan. Yang membuatnya spesial adalah kemampuan dari Adobe Scan ini dalam memilih teks. Hal tersebut dikarenakan adanya teknologi Adobe Sensei dimana fitur ini hanya dipakai untuk memindai dokumen, tetapi juga bisa menafsirkan informasi dan menggunakannya untuk membuat kontak baru.

Microsoft Office Lens

aplikasi scan dokumen Android

Rekomendasi aplikasi scan dokumen Android selanjutnya adalah Microsoft Office Lens. Dengan menggunakan aplikasi ini maka anda dapat mengkonversi gambar menjadi sebuah file PDF, Word dan PowerPoint. Selain itu, anda juga bisa menyimpan hasil tersebut ke OneNote atau OneDrive. Aplikasi yang satu ini memang sengaja mengintegrasikan fiturnya untuk membuat para penggunanya merasa nyaman. Tidak hanya itu, teks yang sudah dipindai juga akan lebih mudah dikenali secara otomatis dengan menggunakan teknologi OCR. Sehingga anda dapat mencari kata dalam gambar dan menyalinnya atau mengeditnya.

Tiny Scanner

Tiny Scanner

Aplikasi scan terbaik selanjutnya adalah Tiny Scanner yang dibuat oleh developer Appxy. Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini maka anda bisa melakukan scan dokumen PDF, foto, kwitansi, laporan dan apa saja tanpa harus menunggu waktu lama. Selain format PDF, semua dokumen yang anda scan juga bisa diubah ke dalam format gambar atau JPEG. Anda hanya perlu memotret dokumen atau berkas tersebut lalu melakukan penyesuain seperti dengan cara memotong, mencerahkan, merotasi dan lain sebagainya dengan sangat mudah.

Fast Scanner

Fast Scanner

Rekomendasi aplikasi scan dokumen Android yang terakhir adalah Fast Scanner. Dimana aplikasi yang satu ini dapat memindai dokumen anda dengan sangat cepat. Hal tersebut dikarenakan aplikasi yang satu ini hanya memakan ruang sebesar 8.40 MB. Tentu saja jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan aplikasi scanner lain yang kebanyakan membutuhkan ruang sebesar 30 MB. Meskipun ukurannya terbilang kecil, kemampuan dari Fast Scanner ini tidak bisa anda ragukan. Bahkan kemampuannya berhasil menyaingi aplikasi scanner papan atas atau setidaknya untuk bagian fitur penting.

Most Popular