31.6 C
Tangerang
Monday, December 5, 2022
Home Lifestyle 5 Cara Menyimpan Pisang Agar Tidak Cepat Berubah Warna

5 Cara Menyimpan Pisang Agar Tidak Cepat Berubah Warna

Pisang merupakan salah satu diantara sekian banyak buah yang memiliki rasa manis. Karena rasanya yang manis dan lezat membuat buah yang berwarna kuning ini menjadi salah satu buah ah yang paling banyak diminati masyarakat umum. Buah pisang juga sangat kaya dengan kandungan vitamin dan mineral sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun, Pernahkah anda sadari bahwa buah pisang cepat berubah warna dalam waktu yang singkat? Hal tersebut terjadi karena cara menyimpan pisang yang salah. Jika penyimpanan pisang anda sudah benar maka warna alami pisang tidak akan cepat berubah atau menghitam.

Perlu Anda ketahui bahwa setelah beberapa hari warna kulit cerah pada pisang akan berubah menjadi kecoklatan. Jika sudah seperti itu maka Biasanya banyak orang yang enggan memakan pisang tersebut karena menganggapnya sudah busuk. Jangan khawatir, ada beberapa cara efektif yang bisa anda lakukan untuk menjaga agar pisang tidak cepat berubah warna. Langsung saja berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda terapkan dengan mudah.

Beberapa Cara Menyimpan Pisang Yang Efektif Agar Pisang Lebih Tahan Lama

Menggantung Buah Pisang

Cara pertama yang bisa dilakukan dalam menyimpan pisang adalah dengan menggantungnya. Pisang dinyatakan sudah mulai matang setelah anda memetik nya dari pohon pisang. pada saat itulah gas etilen terlepas dari batang pisang sehingga membuat kulit dan daging pisang menjadi berubah warna. Gas etilen tersebut memecah asam dan pigmen klorofil dimana semakin banyak gas yang terlepas maka warna pisang juga akan berangsur berubah menjadi coklat. akan tetapi, jika anda meletakkan pisang dengan cara menggantung maka gas etilen tidak akan bekerja lebih cepat. Sehingga, menggantung pisang dapat mencegah daging pisang mengalami memar.

Melindungi Batang Pisang Dengan Bungkus Plastik

Cara menyimpan pisang selanjutnya adalah dengan melindungi batang pisang menggunakan bungkus plastik. Gas etilen yang membuat pisang lebih cepat matang biasanya berasal dari batang pisang. Sehingga itu artinya Anda bisa membungkus batang pisang tersebut dengan menggunakan bungkusan plastik aluminium foil untuk memperlambat proses pematangan. Seperti yang biasa terjadi di pasar-pasar, dimana para penjual pisang biasanya membungkus batang pisang dengan menggunakan bungkus plastik. Jadi ketika anda habis membeli pisang segera pisahkan pisang dan bungkus batang pisang satu-persatu Sesampainya di rumah.

Membekukan Pisang

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan agar pisang tidak cepat berubah warna adalah dengan membekukan pisang tersebut. Membekukan pisang bisa menjadi salah satu cara termudah untuk mengawetkan nya agar dapat dikonsumsi setelah beberapa hari. Namun, perlu Anda hindari membekukan setandan pisang sekaligus, karena hal tersebut justru akan membuat kulitnya menggelap. Anda bisa mencabut seluruh pisang dari batang pisang dan kemudian membekukannya secara terpisah. Anda juga bisa memasukkan pisang ke dalam kantong terdapat udara yang bisa ditutup kembali lalu dibekukan.

Menyimpan Pisang Matang di Kulkas

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk menghambat perubahan warna pada kulit pisang adalah dengan menyimpannya di kulkas. Memang benar pada dasarnya buah pisang tidak boleh disimpan ke dalam lemari es atau kulkas. Akan tetapi, hal tersebut hanya berlaku pada pisang hijau saja dan tidak berlaku untuk pisang matang. Jika buah pisang yang Anda beli sudah benar-benar matang, maka anda bisa menyimpannya ke dalam kulkas. Hal tersebut dikarenakan suhu dingin kulkas akan mencegah pisang berubah warna selama beberapa hari.

Membeli Tempat Khusus Penyimpanan Pisang

Cara menyimpan pisang yang terakhir adalah dengan menggunakan Tempat khusus penyimpanan pisang. Tempat penyimpanan pisang khusus atau banana kiper merupakan solusi terakhir yang bisa anda coba jika ingin menyimpan satu buah pisang. Akan tetapi, jika anda ingin menyimpan lebih dari 1 buah pisang pastikan kalau anda sudah mempunyai banana kiper yang lebih banyak. Tempat penyimpanan pisang khusus ini dibuat dengan tujuan agar pisang tidak mudah berubah warna dan membusuk. Anda bisa menggunakannya sebagai cara terakhir jika cara-cara sebelumnya tidak bisa anda lakukan.

Most Popular