31.6 C
Tangerang
Wednesday, August 17, 2022
Home Lifestyle 5 Cara Pintar Merawat Jaket Anti Air Saat Musim Hujan

5 Cara Pintar Merawat Jaket Anti Air Saat Musim Hujan

inajournal.com – Jaket tahan air sering sekali kamu gunakan saat sedang di musim dingin ini, pastinya sangat sulit untuk membersihkannya jika sudah kotor dan bau. Padahal saat musim hujan seperti ini sangat membutuhkan jaket anti air supaya bisa melindungi tubuh dari guyuran hujan. Terkadang jika sudah kotor dan bau apke kamu akan sulit saat mencuci dengan manual. Pandai-pandailah saat mencucinya kalau tidak kamu akan memiliki jaket yang rusak bahannya setelah dicuci.

Jika tidak manual takut sekali bahannya yang rentan rusak karena memiliki kandungan plastik yang bisa saja robek dan sebagainya. Supaya kamu bisa tetap merawat jaket tahan air ini kamu bisa gunakan beberapa cara merawatnya dengan tepat supaya kamu bisa menggunakan saat dibutuhkan dengan kualitas yang baik. Langsung saja cari tahu cara perawatan pintaranya untuk membersihkan dan mencuci jaket seperti dibawah ini

Perawatan Jaket Anti Air Yang Harus Kamu Lakukan Saat Musim Hujan

jaket anti air

Kenali Dahulu Bahannya

Pori-pori jaket anti air ini sangatlah kecil, agar kelembaban nay terjaga dan keringat bisa terserap dengan baik. Lapisan tambahan yang sa di dalamnya berfungsi memberikan perlindungan ekstra dari air. Cocok untuk kamu gunakan saat di musim hujan ini. Jaket dengan bahan yang sama seperti jaket anorak dan jaket parka. Mereka memiliki bahan yang sama seperti ini dan buat kamu yang selalu kebingungan untuk merawat dari aroma baunya dan saat terkena kotoran.

Alangkah baiknya menggunakan beberapa cara yang tepat. Karena kalau tidak dengan pandia kamu akan mengalami hal yang tidak diinginkan seperti bahanya yang rusak. Seperti yang kamu ketahui kalau bahan jaket tahan air ini sangat mahal dan kamu bisa rugi kalau merusaknya dikarenakan tidak bisa merawat dengan baik.

Pahami Kalau Lapisan Bagian Dalam Bisa Luntur

Gunakanlah jaketnya saat dibutuhkan saat musim hujan dan jangan gunakan dengan sembarang seperti saat sedang cuaca panas. Kamu bisa membuat kualitas bahannya menjadi jelek dan rusak dengan cepat. Kalau kamu memakainya dengan keadaan yang panas, maka lapisan di bagian dalamnya akan luntur, kamu harus paham akan hal itu.

Sering sekali untuk di cuaca panas sehingga kamu akan berkeringat dan terkena minyak kulit. Mudahnya terpapar kotoran merupakan hal yang wajar saja jika penggunanya seperti itu. Jika jaket kamu sudah lembab maka jaket kamu tidak akan memiliki kemampuan tahan air lagi. Jaket seperti ini memang rentan lembab jika terkena air.

Gunakan Cairan Pencuci Khusus

Saat kamu mencuci jaketnya dengan mesin cuci, kamu bisa gunakan cairan pencuci khusus. Membaca terlebih dahulu dalam instruksi pencuciannya pada labek akan membuat kamu lebih paham cairan khusus yang bisa membuat kualitas bahan jaketnya tidak rusak dan terjaga. Jaket tahan air ini bisa dicuci biasa karena bahan kimianya terlalu keras dan membuat lapisan dalamnya rusak sehingga bahannya tidak terjaga akan kualitasnya lagi untuk jaket yang kamu butuhkan saat musim hujan.

Cukup Di Lap Saat Kotor

Kamu bisa mencuci jaketnya saat sudah memiliki aroma yang tidak sedap saja, setelah itu jika lapisannya kotor sedikit bisa mengelapnya dengan lap basah. Terlalu sering mencucinya juga akan membuat jaket kamu cepat rusak, kamu bisa menyebabkan DWR menjadi terkikis.

Selagi kotorannya bisa kamu lap saja kamu tidak perlu mencucinya kembali. Karena lapisan bahan jaket tahan air ini mudah untuk dibersihkan pada dasarnya. Setelah mengecap dengan luap bersih yang lembab kamu bisa mengeringkannya hanya dengan meniupnya saja di letak kan di depan kipas angin. Jaket akan kembali bersih tanpa ada noda yang seharusnya tidak perlu kamu cuci ulang

Perbaiki Lapisan DWR

Saat jaket anti air kamu sudah rusak dalam lapisan DWRnya kamu bisa membeli kembali di marketplace atau toko online yang sesuai dengan jaket tahan air yang kamu miliki. Kamu bisa memperbaikinya tanpa membelinya dengan harga yang lumayan mahal. Gantilah lapisan setelah jaketnya terasa lembab dan kamu bisa mendapatkan bahan jaket yang bisa melindungi kamu kembali saat dibutuhkan saat musim hujan.

Most Popular