31.6 C
Tangerang
Thursday, August 11, 2022
Home Travel 5 Gunung Terpendek Di Indonesia Cocok Untuk Pendaki Pemula

5 Gunung Terpendek Di Indonesia Cocok Untuk Pendaki Pemula

Salah satu hobi yang sedang viral belakangan ini adalah mendaki gunung terpendek di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan dengan mendaki gunung merupakan satu satunya cara untuk bisa menikmati indahnya alam Indonesia. Banyak hal yang bisa anda lakukan ketika mendaki gunung yaitu diantaranya adalah melihat pesona alami hutan dan melihat betapa indahnya matahari terbenam dan matahari terbit. Akan tetapi bagi anda yang belum pernah mendaki gunung maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Sebagai seorang pendaki pemula alangkah baiknya jika anda mulai mendaki beberapa gunung yang memiliki medan ramah dan tidak akan menyulitkan anda. Selain itu sebaiknya anda juga mendaki gunung yang ketinggiannya tidak terlalu tinggi. Hal tersebut harus dilakukan agar diri anda menjadi lebih siap dan tidak mengalami shock dengan medan yang sangat berat untuk dilalui. Untuk itu berikut ini ada beberapa Gunung Terpendek yang sangat cocok untuk pendaki pemula.

Beberapa Gunung Terpendek Di Indonesia Yang Memiliki Medan Ramah

Gunung Nglanggeran

Gunung Terpendek Di Indonesia

Gunung terpendek yang pertama adalah Gunung Nglanggeran. Gunung ini berada di Desa Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta. Gunung ini juga merupakan gunung berapi purba yang terbentuk dari batuan karst. Namun anda tidak perlu khawatir karena Gunung ini sudah lama tidak aktif dan tetap aman untuk didaki.

Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 700 mdpl ini sangat cocok untuk pendaki pemula karena memiliki medan yang sangat ramah dan mudah untuk dilalui. Perjalanan yang harus anda tempuh untuk sampai di puncak adalah selama satu jam. Bila anda berencana untuk kesini maka sempatkan diri untuk berkunjung ke Embung Batara Sriten.

Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu Jonggol

Gunung terpendek di Indonesia yang satu ini berada di Jonggol, Jawa Barat dan hanya memiliki ketinggian sekitar 875 mdpl. Sehingga gunung ini juga sangat cocok untuk pendaki pemula karena medannya yang tidak terlalu sulit ditempuh.

Oleh sebab itu banyak yang menjadikan gunung ini sebagai tujuan favorit pendaki pemula. Ketika anda berada di puncak gunung maka anda akan disuguhkan oleh pemandangan samudera awan yang eksotis dan pemandangan perbukitan yang hijau.

Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan.

Gunung yang satu ini memiliki pesona yang mirip dengan Gunung Semeru. Gunung Penanggungan ini berada di Mojokerto dan memiliki ketinggian sekitar 1.653 mdpl dan disebut sebut sebagai miniaturnya Semeru.

Jika anda ingin mengunjungi Gunung ini maka anda harus menempuh perjalanan sekitar 4 jam jika melewati jalur Tamiajeng dan Trawas. Namun jika anda suka melihat-lihat candi peninggalan sejarah yang eksotis maka anda bisa mendaki Gunung Penanggungan melalui jalur Jolotundo. Disana anda juga harus berhati-hati karena gunung ini memiliki jalur yang cukup ekstrim dan menantang.

Gunung Andong

Gunung Andong

Gunung yang satu ini berada di Kabupaten Magelang, Jawa tengah dan memiliki ketinggian sekitar 1.726 mdpl. Akan tetapi untuk bisa sampai ke puncak Gunung ini anda hanya membutuhkan waktu sekitar 1 sampai 2 jam saja.

Anda juga tidak perlu khawatir karena disana ada beberapa sumber mata air, warung makan dan toilet di jalur pendakian. Jika anda ingin mendaki gunung ini maka sebaiknya anda mendakinya saat weekdays saja karena jika weekend Gunung Andong ini hampir pasti dipadati oleh para pendaki.

Gunung Batur

Gunung Batur

Gunung Terpendek Di Indonesia yang terakhir adalah Gunung Batur yang berada di daerah Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Oleh sebab itu tidak heran kalau Gunung ini menjadi salah satu gunung favorit bagi para pendaki pemula.

Gunung Batur memiliki ketinggian sekitar 1.717 mdpl dan anda hanya membutuhkan waktu sekitar 2,5 untuk bisa sampai ke atas puncak. Gunung Batur juga memiliki pemandangan yang tidak kalah indah salah satunya adalah sebuah kaldera terindah di dunia yaitu Danau Batur sebagai pusatnya.

Most Popular