31.6 C
Tangerang
Thursday, August 18, 2022
Home Health 5 Kebiasaan Yang Memicu GERD, Sebaiknya Hindari Ini

5 Kebiasaan Yang Memicu GERD, Sebaiknya Hindari Ini

Ada beberapa kebiasaan yang memicu GERD yang harus kamu hindari agar tidak memperburuk keadaan. GERD atau gastroesophageal reflux disease merupakan penyakit saluran pencernaan akibat asam lambung yang naik ke esofagus atau kerongkongan, meskipun mirip dengan maag tapi sebenarnya berbeda. Orang yang memiliki penyakit GERD akan merasakan rasa terbakar pada dada atau heartburn yang menyebar ke tenggorokan dan kerongkongan bersama dengan rasa asam di mulut yang disertai dengan nyeri dan membuat penderitanya tidak nyaman.

Tak hanya itu saja, penderita GERD juga akan merasakan mual dan muntah serta kesulitan menelan, penyakit ini terjadi karena adanya gangguan pada katup atau sphincter bagiah bawah esofagus. Normalnya sphincter ini tertutup kuat untuk menahan isi lambung agar tidak naik kembali, tetapi ketika lemah isi lambung akan naik ke esofagus sehingga memunculkan gejala gejala.

Gejala yang muncul seperti kesulitan menelan, suara serak, mual dan muntah, sakit tenggorokan, gangguan tidur, bau mulut, kerusakkan gigi. Ada beberapa kebiasaan yang dapat memicu GERD, bahkan kebiasaan ini sering sekali dilakukan oleh banyak orang. Apa saja? Ini dia beberapa kebiasaan yang bisa memicu GERD.

Kebiasaan Yang Memicu GERD, Jangan Lakukan Hal Ini!

kebiasaan yang memicu GERD
Berbaring Setelah Makan

Siapa yang sering berbaring setelah makan? Hal ini jangan dilakukan ya! Setelah perut kenyang memang terasa mengantuk, tapi jangan langsung merebahkan diri kamu setelah selesai makan. Jika ingin rebahan setidaknya tunggu 3 jam setelah makan terlebih dahulu agar makanan yang baru kamu konsumsi turun dan dicerna dengan baik di usus. Dengan cara ini untuk menghindari aliran balik dari lambung ke esofagus, sayangnya hal ini sering dilakukan oleh banyak orang, jika kamu salah satu orang yang sering berbaring setelah makan, jangan lakukan hal ini untuk kesehatan kamu.

Makan Tergesa Gesa

Kebiasaan yang memicu GERD yaitu dengan makan tergesa gesa, sebaiknya jangan terburu buru untuk menelan makanan. Adakalanya mungkin kesibukan dan aktivitas membuat kamu terburu buru saat makan, tidak ada salahnya kamu meluangkan sedikit waktu untuk kesehatan kamu dan pastikan kamu makan dengan perlahan. Kunyah makanan dengan baik sebelum menelannya, jika kamu terlalu sering melakukan hal ini, akan memicu muncul nya GERD, sebaiknya hindari!.

Makan Banyak Sekaligus

Saat perut kosong dan merasa sangat lapar pastinya kamu nafsu untuk makan segala macam makanan bukan? Sehingga membuat kamu melahap banyak makanan sekaligus, hal seperti ini jika sering dilakukan bisa membuat risiko terjadinya GERD semakin tinggi. Saat merasa sangat lapar sebaiknya makan sewajarnya, jangan mengisi lambung hingga penuh atau kamu juga bisa nyicilnya dalam beberapa kali kesempatan sehingga hal ini tidak membuat lambung kamu menjadi penuh. Jika kamu sering melakukan hal ini, sebaiknya hindari ya! Agar tidak berdampak buruk pada kesehatan mu.

Kebiasaan Merokok

Merokok memang memberikan dampak buruk untuk kesehatan, merokok menjadi kebiasaan yang memicu GERD muncul. Ada banyak dampak buruk yang disebabkan oleh rokok, karena rokok memiliki kandungan yang berbahaya, ada banyak kandungan zat kimia yang ada di dalam rokok.

Jika kamu mengkonsumsinya rutin atau bahkan terlalu sering, tidak hanya GERD saja yang akan kamu alami, bahkan kamu bisa terkena penyakit paru paru, sesak nafas, jantung, dan dapat menyebabkan kelemahan pada katup esofagus sehingga tidak berfungsi optimal. Kurangi atau sebaiknya hindari rokok jika tidak ingin lebih parah.

Terlalu Sering Minum Kopi

Jika kamu terlalu sering mengkonsumsi kopi, hati hati hal ini bisa memicu GERD muncul. Mengkonsumsi kopi pada dosis yang sudah ditentukan akan bermanfaat bagi tubuh, namun jika terlalu sering justru akan menjadi buruk untuk tubuh, apalagi saat kamu mengkonsumsinya dalam keadaan perut kosong. Kopi memiliki kandungan kafein dan zat lain yang dapat meningkatkan produksi asam lambung yang kemudian mengiritasi esofagus, sebaiknya kurangi kopi dan konsumsi dalam dosis yang tepat.

Most Popular