31.6 C
Tangerang
Monday, December 5, 2022
Home Beauty 5 Langkah Merawat Kulit Berjerawat Agar Mulus dan Glowing

5 Langkah Merawat Kulit Berjerawat Agar Mulus dan Glowing

Salah satu tipe kulit wajah yang cukup sulit dirawat adalah kulit acne prone atau kulit yang rentan berjerawat. Sudah menggunakan berbagai jenis skincare namun tidak mempan, sudah menggunakan produk tertentu justru memperparah kondisi kulit. Tenang, ada serangkaian langkah merawat kulit berjerawat yang bisa membuat kulit wajah anda mulus dan glowing. Bintik-bintik merah yang menyebar di area wajah atau di seluruh permukaan wajah akan hilang dengan rangkaian perawatan yang tepat. Ketika sudah kemes, justru akan meninggalkan bekas kemerahan atau noda hitam.

Pertama-tama anda harus mengetahui beberapa fakta mengenai jerawat tersebut. Perlu anda ketahui bahwa jerawat terbagi menjadi beberapa jenis, ada jerawat komedo, papules dan pustules yang berkaitan dengan bakteri dan inflamasi, cyst atau jerawat hormonal. Kemudian, anda juga harus mempelajari penyebab munculnya jerawat, seperti produksi sebum yang berlebihan, hormon, sel kulit mati dan pola makan yang tidak benar. Lalu, kira-kira bagaimana cara merawat kulit agar terhindar dari berbagai masalah tersebut? Berikut ini ada beberapa step pemakaian skincare yang cocok untuk kulit berjerawat.

Rangkaian Langkah Merawat Kulit Berjerawat Yang Harus Dilakukan Dengan Benar

Langkah merawat kulit berjerawat

Membersihkan Wajah

Bagi anda yang memiliki kulit berjerawat, dermatolog menyarankan untuk mereka mencuci wajah 1-2 kali dalam sehari. Kemudian, jika anda memiliki breakout yang tidak terlalu parah atau hanya memiliki kulit berminyak, coba gunakan produk pencuci wajah yang memiliki kandungan dasar salicylic acid yang akan membantu membersihkan pori-pori wajah. Selain bisa terfokus pada masalah jerawat, jangan lupa juga untuk memperhatikan tipe kulit anda dalam memilih produk pembersih wajah. Apabila kulit anda adalah jenis kulit kering maka sebaiknya anda memilih sabun pembersih wajah yang mampu menghidrasi kulit.

Mengeksfoliasi Wajah

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa membersihkan wajah bisa membantu mengangkat kotoran dan minyak yang berlebihan di kulit. Akan tetapi, anda juga harus membersihkan sel-sel kulit mati di wajah anda secara lembut. Anda bisa memilih produk eksfoliasi kulit wajah yang aman dan cocok untuk jenis kulit anda. Sehingga anda juga bisa menggunakannya setiap hari. Ada berbagai produk lokal yang dikhususkan untuk mengeksfoliasi kulit wajah. Anda hanya perlu memilih salah satunya yang memiliki kandungan seimbang dan sesuai dengan kebutuhan wajah anda. Sehingga semua sel kulit mati di wajah bisa terangkat dengan benar.

Memakai Toner

Langkah merawat kulit berjerawat selanjutnya adalah dengan memakai toner. Langkah yang satu ini terbilang opsional atau bisa disesuaikan dengan kondisi wajah anda. Akan tetapi, toner ini akan membantu menyeimbangkan kulit atau merawatnya, tergantung dari kandungan dalam produk tersebut. Misalnya toner wajah yang memiliki kandungan sulfur atau tea tree oil, dimana keduanya akan membantu mengurangi gejala jerawat. Pada dasarnya pemilik kulit berjerawat biasanya cenderung mendapatkan banyak manfaat dari toner. Sebab, produk yang satu ini memang diformulasikan untuk membersihkan sebum, minyak dan kotoran dari dalam pori-pori.

Menggunakan Bahan Aktif

Perawatan khusus bagi setiap orang memang berbeda-beda, tergantung dengan jenis kulit dan masalah apa yang sedang dihadapi. Akan tetapi, menurut dermatolog, produk ampuh untuk kulit berjerawat diantaranya adalah retinol, spot treatment, benzoyl peroxide dan sebagainya. Akan tetapi, sangat disarankan untuk tidak menggunakan bahan-bahan aktif tersebut dalam waktu yang bersamaan. Misalnya, anda bisa menggunakan benzoyl peroxide pada pagi hari dan retinol pada malam hari. Apabila terjadi kemerahan atau pengelupasan anda bisa segera melakukan konsultasi dengan dermatolog.

Menggunakan Tabir Surya

Langkah merawat kulit berjerawat yang terakhir adalah dengan menggunakan tabir surya atau sunscreen. Karena banyaknya produk anti jerawat yang akan membuat kulit anda menjadi rentan terhadap sinar matahari, maka anda bisa menggunakan tabir surya setiap hari tanpa terkecuali. Dermatolog juga menyarankan untuk anda memilih tabir surya yang berbahan dasar zinc. Jika memang memungkinkan anda bisa memilih produk yang menggunakan kandungan niacinamide dan hyaluronic acid sehingga akan membantu anda menenangkan dan menghidrasi kulit.

Most Popular