31.6 C
Tangerang
Thursday, August 18, 2022
Home Foodie 5 Makanan Legendaris, Yang Lahir Tahun 1990an Pasti Tahu !

5 Makanan Legendaris, Yang Lahir Tahun 1990an Pasti Tahu !

Ada banyak sekali hal-hal menarik untuk bisa diingat anak anak yang lahir di tahun 90an. Mulai dari gaya berpakaian, serial kartun, permainan, hingga berbagai macam jajanan jadul yang begitu nikmat. Bicara soal jajanan jadul, ada banyak sekali makanan legendaris yang populer di tahun 90an sampai 2000an. Generasi 90an tidak perlu pergi ke mall hanya untuk membeli makanan mahal karna di warung sekitar rumah juga ada makanan enak yang nggak mahal, cukup dengan harga sekitar 100-500 rupiah kamu sudah bisa menikmati jajanan yang nikmat.

Kira kira kamu masih inget ga apa jajanan favorit kamu masa kecil, karena disini saya akan membahas tentang beberapa jajanan jadul yang mungkin bisa membuat kamu mengingat kenangan di masa kecil. Beberapa jajanan masih eksis hingga saat walaupun sudah banyak yang melupakannya dan berganti ke makanan hits yang mewah dan mahal. Tapi banyak sebagian orang yang bahkan berburu jajanan jadul, mungkin kamu termasuk salah satu orang tersebut?

5 Makanan Legendaris Tahun 1990 an

Kue Cubit

Kue Cubit adalah salah satu makanan yang masih ada hingga sekarang. Dulu hampir setiap sekolah di depan gerbangnya pasti ada abang abang yang menjual kue cubit. Kue cubit memiliki cita rasa yang manis dan lembut apalagi kalau dimakan dalam keadaan setengah matang maka akan ada lelehan adonan yang begitu nikmat di mulut. Dulu kue cubit harganya hanya 500 rupiah loh, namun sekarang kue cubit sudah menjadi makanan yang hits bukan hanya dijual menggunakan gerobak tapi juga sudah dijual di cafe cafe mewah. Saat ini harga kue cubit sudah bisa dibilang mahal namun tetap dalam batas wajar atau sekitar 5000-12000 rupiah tergantung dari apa topping yang kamu pakai. Hanya sedikit orang yang tidak menyukai kue cubit, lebih banyak orang yang menyukainya dari muda sampai tua.

Sate Tahu

Seperti namanya, sate yang satu ini terbuat dari tahu bukan dari daging ayam atau daging sapi. Namun jangan salah, sate tahu ini kepopulerannya mengalahi sate sate lainnya pada era tahun 90an selain karena harganya yang murah juga karena rasanya yang tidak jauh beda dengan sate lainnya. Sate ini sangat populer dikalangan anak anak SD, namun ga semua kota di Indonesia ada yang menjual sate tahu ini. Sate tahu sendiri bisa disajikan bareng dengan lontong. Dulu sate tahu ini dijual dengan harga yang sangat murah yaitu Rp 500 untuk 10 tusuk sate tahu. Namun sekarang sate tahu dijual seharga Rp 5000. Tetap murah sate tahu dibanding sate ayam namun sekarang sate tahu sendiri hanya sedikit peminatnya.

Telur Gulung

Telur gulung adalah makanan jadul anak SD jaman dulu yang sekarang menjadi hits kembali. Dari namanya saja pasti kamu sudah tau dong kalau ini terbuat dari telur. Hampir di setiap bazar atau pasar malam pasti ada yang menjual telur gulung mulai dari yang ukurannya kecil sampai yang besar. Bahkan para pembeli rela ngantri hanya untuk bisa memakan makanan legendaris ini. Pada zaman dulu, telur gulung bisa dibeli hanya dengan 100 rupiah pertusuknya. Sekarang telur gulung kembali hits dengan harga 2000 per tusuk atau 5000 per tiga tusuk. Rasanya tak lengkap kalau ke pasar malam tanpa membeli telur gulung.

Mie Lidi atau Lidi-lidian

Anak anak jaman dulu paling seneng kalau ngemil mie lidi lidian. Cemilan yang bercita rasa pedas ini biasanya dimakan dengan cara dimakan satu satu sambil dihisap atau dijilat agar rasa pedasnya lebih terasa. Dulu mie lidi harganya sangat murah sekitar 200-500 rupiah per bungkusnya. Namun sekarang mie lidi banyak dijual dengan harga 2000 rupiah per bungkus nya. Bahkan ada yang menjual sampai harga 8000-15000 rupiah untuk ukuran besar. Mie lidi juga memiliki banyak varian rasa tak hanya pedas, ada juga rasa keju, jagung bakar, rumput laut, barbeque dan masih banyak lagi.

Cireng isi

Jaman dulu hampir di setiap depan gerbang sekolah pasti ada saja abang abang yang menjual cireng isi. Cireng isi adalah jajanan anak sekolah khas Bandung yang memiliki tekstur yang kenyal dan rasanya yang gurih. Cireng isi memiliki banyak isian seperti bakso, sosis, kornet, keju dan lain lain yang membuat jajanan ini menjadi menu favorit anak anak sd untuk mengganjal perut mereka dikala lapar. Harga cireng isi dulu hanya sekitar 500 rupiah, namun di jaman sekarang cireng bukan lagi hanya dijual di gerobak dorong saja melainkan dijual juga di beberapa cafe. Harganya sendiri apabila di abang abang gerobak sekitar 2000 kalau di cafe mungkin bisa 25.000 untuk isi 4 atau 5.

Masih banyak sekali makanan legendaris yang ada, namun kalau saya bahas semua maka akan panjang sekali artikel ini. Beberapa menu makanan diatas hampir semuanya masih eksis hingga sekarang. Bahkan ada beberapa menu makanan jadul yang sudah di modifikasi dengan gaya modern ala jaman sekarang. Selain harganya yang berubah jajanan jadul juga rasanya pasti tidak akan sesama seperti dulu. Jika sekarang kamu langsung berpikir ingin membeli salah satu makanan diatas silahkan mendatangi pasar malam atau tempat kuliner yang mungkin menjual berbagai macam makanan legendaris yang masih melekat di hati kita semua.

Most Popular