31.6 C
Tangerang
Saturday, August 20, 2022
Home Lifestyle 5 Makanan Setelah Cabut Gigi Untuk Memulihkan Gusi

5 Makanan Setelah Cabut Gigi Untuk Memulihkan Gusi

inajournal.com – Siapa yang sudah pernah mengalami operasi pencabutan gigi? Biasanya gigi yang harus dicabut sudah mengalami kerusakan parah bahkan hampir merusak saraf. Cara alternatif yang harus digunakan adalah mencabut gigi yang sudah rusak tersebut. Bahkan pencabutan gigi sendiri dilakukan untuk membantu kamu memiliki kesehatan gigi yang kamu miliki dalam jangka yang panjang. Setelah itu ada makanan yang tidak boleh kamu konsumsi sembarangan jadi, kamu harus makan makanan setelah cabut gigi yang dianjurkan untuk memulihkan gusi.

Kenapa demikian? Karena dengan kamu konsumsi makanan yang sembarangan, kamu akan mengalami rasa yang tidak nayam dalam proses pengunyahan bahkan nantinya gusi kamu tidak kunjung pulih. Mungkin yang kamu tau hanya memakan Es Krim saja sebagai penenang gusi kamu setelah melakukan pencabutan. Tetapi banyak sekali makanan yang bisa menjadi pemulih gusi kamu dengan unggul. Memang sebelumnya tidak wajib tetapi, ada baiknya kalau kamu sementara mengkonsumsi makanan yang sudah dianjurkan oleh dokter atau beberapa makanan yang baik akan kenyamanan kamu dalam mengunyah.

Jenis Makanan Setelah Cabut Gigi Yang Bisa Mempercepat Pemulihan Gusi

makanan setelah cabut gigi

Biasanya kalau kamu setelah melakukan pencabutan gigi, rasanya tidak ingin makan apapun karena sangat sulit mengunyah dan takut lukanya tambah parah. Salah satu caranya yaitu dengan memakan makanan yang dianjurkan oleh dokter. Bukan berarti kamu harus memakan makanan seperti es krim dan yoghurt saja setiap hari.

Ada beberapa jenis makanan dan buah-buahan yang bisa mempercepat penyembuhan luka hingga sangat berguna menghindari dehidrasi. Cara makan makannaya juga harus dengan betul supaya tidak membuat mulut kamu tidak nyaman setelah diberi makan. Jadi jangan lupakan kesehatan dan asupan nutrisi tubuh setelah melakukan operasi pencabutan gigi. Kamu bisa memakan makanan seperti yang ada di bawah ini.

Kentang Tumbuk

Umbi serbaguna ini ternyata merupakan makanan setelah cabut gigi yang bisa kamu konsumsi sementara untuk pemulihan gusi. Kentang sendiri sangat ampuh untuk menenangkan gusi setelah dicabut, tingginya kalori dan nutrisi yang terkandung bisa menjadikan makanan pemulihan setelah gigi kamu dicabut. Kenapa harus makan kentang tumbuk? karena dalam pemulihan kamu pasti tidak akan bisa mengunyah normal terlebih dahulu. Kemampuan makanan ini bisa mempercepat pemulihan dan penyembuhan luka. Pasca operasi, langsung coba konsumsi kentang tumbuk ini dengan suhu tinggi hingga mulutmu nyaman saat diberikan makan.

Alpukat

Buah tinggi karbohidrat dan lemak baik dengan teksturnya yang sangat lembut. Cocok buat kamu yang baru saja kehilangan gigi dan luka pencabutan akan segera pulih dengan alpukat ini. Seperti data penelitian yang menyebutkan bahwa Alpukat sendiri bisa mempercepat memulihkan luka [pada manusia. Kamu bisa mengkonsumsinya secara langsung sesuai selera. Tetapi dipastikan tidak ada tambahan gula atau air panas karena suhu dan rasa dapat mempengaruhi luka pencabutannya.

Salmon

Daging ikan yang lembut dan tinggi omega ini bisa dikunyah dengan mudah untuk kamu yang baru saja melakukan pencabutan gigi. Makanan sumber protein yang kaya lemak sehat dan asam lemak untuk membantu penyembuhan luka. Kandungan kolagen yang sehat untuk kulit pun bisa kamu dapatkan dari ikan salmon ini. Kalau kamu tidak suka cara memakan ikannya secara langsung, kamu bisa mencoba memasaknya terlebih dahulu tanpa bumbu apapun dan suhu yang normal saat disajikan.

Yoghurt

Kalau kamu tahu hanya Es krim saja yang bisa memberikan ketenangan gusi, ternyata yoghurnya juga bisa. Bahkan tidak jarang dokter yang menganjurkan untuk memakan yoghurt karena memiliki kandungan protein dan teksturnya yang lembut. Kandungan yoghurt dengan vitamin, mineral dan zat besi dapat mempercepat penyembuhan luka.

Kaldu

Makanan setelah cabut gigi yang bisa kamu konsumsi yaitu kaldu, karena kaldu merupakan cara yang sangat bagu untuk tetap terhidrasi jika kamu juga memiliki kesulitan untuk minum cukup air. Pastikan temperatur kaldunya dengan suhu hangat kuku untuk menghindari iritasi dari luka pencabutan gigi. Kaldu tulang sangat direkomendasikan karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Komponen yang berada di kaldu tulang sendiri memiliki manfaat seperti anti inflamasi.

Most Popular