31.6 C
Tangerang
Thursday, December 1, 2022
Home Health 5 Makanan Untuk Meredakan Wasir Secara Alami, Tinggi Serat!

5 Makanan Untuk Meredakan Wasir Secara Alami, Tinggi Serat!

Ada beberapa makanan untuk meredakan wasir secara alami yang bisa kamu konsumsi setiap harinya, wasir sendiri terjadi karena pembuluh darah yang membengkak di anus bagian bawah rektum menggumpal atau membengkak. Orang yang menderita wasir pastinya selalu merasa tidak nyaman,wasir juga disertai dengan rasa sakit, nyeri, pendarahan, gatal, jika masalah ini tidak segera ditangani bisa berpotensi harus melakukan Tindakan pembedahan. Tapi tidak perlu khawatir wasir dapat disembuhkan secara alami dengan mengkonsumsi makanan sehat, makanan memang sangat berpengaruh pada Kesehatan tubuh manusia.

Apa yang masuk kedalam tubuh kamu akan mempengaruhi Kesehatan organ tubuh hingga Kesehatan kulit kamu, maka dari itu selektif dalam memilih makanan sangat penting. Perbanyak konsumsi makanan yang tinggi serat dipercaya ampuh untuk membantu meringankan gejala wasir dan mencegahnya untuk kambuh. Berikut ini ada beberapa makanan yang tinggi serat dan dipercaya ampuh untuk menangani wasir.

Makanan Untuk Meredakan Wasir Secara Alami, Wajib Rutin Dikonsumsi

Makanan untuk meredakan wasir

1. Biji Bijian Utuh

Biji bijian sarat akan nutrisi karena mempertahankan dedak dan desperm, yang sarat dengan komponen bermanfaat misalnya serat, menurut sebuah penelitian biji bijian utuh kaya akan serat tidak larut dapat membantu menggerakan pencernaan yang bisa mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan saat gejala wasir muncul atau wasir sedang kambuh.

Biji bijian yang bisa kamu konsumsi yaitu jagung, jelai, quinoa, beras mera, gandung dan gandum hitam, selain itu kamu juga bisa mengkonsumsi oatmeal yang menjadi sumber karbohidrat pengganti nasi yang sangat baik untuk mengurangi gejala wasir dan juga baik untuk orang yang sedang berdiet. Oatmeal mengandung jenis serat larut yang disebut beta glukan yang fungsinya seperti prebiotic bagi mikrobioma usus, probiotik sendiri merupakan bahan yang membantu memberi makan bakteri baik pada usus.

2. Umbi Umbian

Makanan untuk meredakan wasir yang selanjutnya yaitu umbi umbian seperti lobak, bit, wortel, ubi dan kentang yang merupakan makanan mengenyangkan serta kaya dengan nutrisi. Setiap porsi makanan umbi umbian menyediakan serta yang menyehatkan usus, menurut sebuah penelitian kebanyakan serat umbi tersimpan pada kulitnya, maka dari itu pastikan saat kamu mengkonsumsi umbi umbian lebih baik dengan kulitnya untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Selain itu kentang yang dimasak dan didinginkan memiliki kandungan pati resisten, yaitu jenis karbohidrat yang melewati saluran pencernaan tanpa dicerna, sehingga pati resisten ini sangat baik untuk membantu memberi makan bakteri baik pada usus.

3. Sayuran Kucifer

Sayuran kucifer seperti brokoli, kembang kol, kangkung, lobak, kubis dan pakcoy dikenal memiliki sifat anti kanker karena memiliki kandungan serat tak larut. Menurut ahli gizi, satu cangkir brokoli mentah yang menyediakan sekitar 2 gram serat makanan tidak larut, yang dapat meningkatkan feses dan membantu untuk buang air besar secara teratur. Sayuran ini juga memiliki kandungan glukosinolat yang dapat dipecah oleh bakteri usus, keragaman bakteri usus dan serat tidak larut dapat meningkatkan ketangguhan serta kekebalan system gastrointestinal sehingga sayuran kucifer ini menjadi pilihan yang tepat untuk mencegah kotoran menumpuk pada usus.

4. Seledri

Makanan untuk meredakan wasir yang selanjutnya yaitu, seledri yang merupakan makanan tinggi serat dan kandungan air, dimana keduanya dapat melembutkan kotoran yang mengurangi kebutuhan untuk mengejan saat buang air besar. Satu batang seledri yang berukuran 28-31 cm menyediakan 1 gram serat dan terdiri dari 95 persen air, untuk menikmati sayuran yang tinggi nutrisi ini kamu bisa mengkonsumsinya dengan dimasukan ke dalam sup atau memakannya secara langsung, dibuat jus dengan tambahan buah atau sayuran lain juga sangat baik. Selain untuk meredakan wasir, ternyata seledri juga baik untuk kecantikan.

5. Labu

Labu merupakan buah yang dapat diolah menjadi berbagai jenis hidangan, labu memiliki berbagai varietas seperti misalnya labu kuning, zucchini, labi biji ek, labu butternut. Nama jenis labu yang memiliki kandungan serat paling banyak yaitu acorn squash yang setiap cangkirnya memiliki kandungan 9 gram nutrisi pelawan wasir, sehingga labu menjadi salah satu buah yang cocok kamu konsumsi setiap hari. Labu bisa kamu konsumsi dengan cara di rebus atau dikukus atau juga bisa dengan diolah menjadi kolak dan menu lezat lainnya.

Most Popular