31.6 C
Tangerang
Monday, August 8, 2022
Home Health 5 Manfaat Buah Ciplukan Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

5 Manfaat Buah Ciplukan Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Buah ciplukan salah satu buah langka yang dimana ternyata ada banyak manfaat buah ciplukan yang jarang diketahui. Anak tahun 90-an hingga 2000-an pastinya gak asing dengan buah yang satu ini, buah ciplukan mudah tumbuh dimana saja dan sering menjadi mainan anak anak zaman dahulu, buah ini memiliki nama lain morel berry atau goose cape berry, meskipun memiliki nama yang berbeda beda buah ini sangat kaya akan manfaatnya. Ternyata dalam satu buah ciplukan yang berukuran 140 gram memiliki kandungan 74 kalori, 15,7 gram karbohidrat, 6 gram serat, 2,7 gram protein, 1 gram lemak, 21% vitamin C, 14% kebutuhan tiamin, 5% riboflavin, 28% niasin, 7% vitamin A dan 8% zat besi serta fosfor.

Dari kandungannya yang memiliki begitu banyak vitamin dan nutrisi lainnya membuat buah ini cocok dikonsumsi sebagai obat. Buah yang sempat viral ini sekarang sudah jarang ditemui, padahal pada zaman dahulu anak anak dengan mudah memetik buah ini dan menjadikannya mainan, tapi kalau kamu melihat buah ini, kamu bisa mencoba mengambil nya untuk dikonsumsi. Berikut ini manfaat dari buah ciplukan yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Buah Ciplukan Yang Baik Untuk Kesehatan

manfaat buat ciplukan

1. Meningkatkan Fungsi Penglihatan

Buah yang memiliki daging berwarna oren ini juga memiliki kandungan zat lutein, beta karoten dan juga karotenoid yang dapat membuat kamu terhindar dari bahaya degenerasi makula. Degenerasi makula sendiri merupakan penyebab utama kebutaan pada orang lanjut usia, kalau kamu ingin merasakan mata terus sehat, mulailah rutin konsumsi buah ciplukan sedari dini, tidak perlu khawatir dengan rasa buah ini, ciplukan memiliki rasa yang hampir mirip dengan kersen manis tapi ada sedikit asamnya. Dalamnya pun sedikit berair sehingga tidak membuat kamu seret saat makan buah ini.

2. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah ciplukan yang selanjutnya yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan melawan bakteri atau infeksi penyakit. Hal ini karena buat ciplukan memiliki kandungan polifenol dan vitamin C didalamnya yang cukup tinggi, bahkan dalam satu cangkir buah ciplukan memiliki kandungan vitamin C yang jumlahnya cukup untuk memenuhi 21 persen vitamin C harian untuk wanita dan 17 persen vitamin harian pria.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Hal ini karena buah ciplukan memiliki kandungan vitamin K yang memiliki fungsi membantu proses pembekuan darah dan berperan dalam menangani metabolism tulang kamu. Jika kamu rutin mengkonsumsinya kamu bisa terhindar dari resiko patah tulang, tidak ada ruginya kalau kamu rutin konsumsi ini dan untuk cara mengkonsumsinya bisa langsung dimakan saja agar khasiat dan vitamin yang terkandung tidak hilang.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat buah ciplukan yang selanjutnya jika dikonsumsi secara rutin ternyata dapat mengontrol tekanan darah yang berdampak dengan penyakit diabetes. Bagi penderita maupun yang bukan penderita diabetes dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ciplukan secara rutin untuk mengontrol gula darah yang ada di dalam tubuh, buah ini secara tidak langsung dapat mengontrol tekanan darah karena di dalam buah ini memiliki zat yang dapat menyerap gula dalam tubuh. Namun kamu perlu mengkonsumsinya dengan aturan yang tepat.

5. Melawan Tanda Penuaan Dan Resiko Penyakit Kanker

Buat ciplukan memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk melawan tanda penuaan dan juga resiko penyakit kanker, misalnya keluhan yang dipercaya dapat diatasi yaitu penuaan dini dan risiko terserang kanker. Bahkan fakta dari sebuah penelitian pun menyebutkan kalau di dalam buah ciplukan ini memiliki kandungan zat fenolik yang sudah dipercaya sejak dahulu dapat melawan perkembangan sel kanker di bagian dada dan kanker usus besar. Namun hingga saat ini masih dilakukan 1001 khasiat buah ciplukan masih dilakukan uji validitas lebih lanjut, jika kamu ingin mengkonsumsinya tidak ada salahnya untuk rutin mengkonsumsi.

6. Meredakan Bisul Dan Borok

Manfaat buah ciplukan selanjutnya tidak hanya untuk penyakit dalam juga berfungsi untuk penyakit luat. Siapa sangka ternyata buah ini dapat menjadi obat untuk bisul dan juga borok, kamu bisa membuat campuran buah ciplukan dengan air kapur sirih yang kemudian kamu jadikan obat totol untuk bagian borok dan bisul.

Most Popular