31.6 C
Tangerang
Thursday, December 8, 2022
Home Health 5 Manfaat Saffron Untuk kesehatan, Bisa Jadi Obat Depres

5 Manfaat Saffron Untuk kesehatan, Bisa Jadi Obat Depres

Manfaat saffron ternyata tidak hanya baik untuk kecantikan saja, namun juga sangat baik untuk kesehatan kamu. Siapa yang tidak kenal saffron? Baru baru ini saffron menjadi sangat viral karena kandungannya dan manfaatnya yang membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya, saffron merupakan salah satu rempah rempah termahal di dunia yang banyak digunakan untuk membuat berbagai kuliner dan juga memiliki manfaat yang menyehatkan. Salah satunya dapat mengatasi depresi, selain itu ada banyak manfaat lainnya yang berguna untuk tubuh kamu.

Berdasarkan data dari Badan Kesehatan Dunia, ada 300 juta penduduk di seluruh dunia yang berjuang untuk melawan depresi, mengatasi depresi memang tidak mudah dan butuh banyak bantuan. Mulai dari pola hidup hingga beberapa makanan yang bisa mengatasi depresi, saffron terkenal karena dijadikan sebuah skincare, meskipun harganya mahal tetap saja banyak orang yang tertarik untuk mencoba rempah rempah ini. Apa saja manfaatnya bagi kesehatan? Ini alasannya.

5 Manfaat Saffron Kesehatan Tubuh Kamu

Manfaat saffron

1. Memperbaiki Mood

Tahukah kamu ternyata saffron juga dikenal sebagai “sunshine spice”, mengapa begitu? Julukan ini bukan hanya karena warnanya yang kuning atau oranye terang, namun juga karena manfaatnya yang mampu memperbaiki suasana hati penikmatnya. Menurut sebuah penelitian menunjukan fakta bahwa dengan mengkonsumsi suplemen saffron jauh lebih efektif untuk mengobati depresi stadium ringan hingga sedang, manfaat ini didapat dari stigma tanaman.

Ternyata saffron memiliki kandungan senyawa safranal dan klorin yang memiliki efek antidepresan yang bekerja dengan cara menjaga keseimbangan dari hormone hormon kebahagiaan dalam tubuh yakni dopamin, norepinefrin, dan serotonin, saat sedang stress kamu bisa mencoba konsumsi suplemen dari safon.

2. Memiliki Manfaat Seperti Obat Anti Depresi

Manfaat saffron selanjutnya ternyata dapat menjadi seperti obat anti depresi, hal ini sudah diteliti terlebih dahulu. Sebuah penelitian membandingkan rempah dengan obat obatan anti depresi, seperti salah satunya membandingkan saffron dengan obat fluoxetine yang merupakan obat depresi, dan ditemukan fakta bahwa saffron memiliki efektifitas yang sama dengan obat tersebut.

Tak hanya itu, ada obat lainnya yang juga diteliti yaitu imipramine, dan penelitian membuktikan lagi lagi saffron ditemukan tak kalah khasiatnya dengan obat tersebut, jadi tidak perlu sulit untuk mendapatkan obat anti depresi, kamu bisa gunakan ekstrak saffron.

3. Membantu Memperbaiki Gangguan Ereksi

Dampak dari depresi tak hanya menyerang mental kamu saja, namun juga dapat menyerang fisik orang yang sedang merasa depresi. Seperti salah satunya yaitu dapat menimbulkan gangguan ereksi, yang mana dapat timbul akibat efek samping dari pengobatan antidepresan.

Menurut sebuah penelitian pada praktiknya di lapangan, gangguan ereksi ini cukup menjadi fokus pengobatan depresi pada laki laki dan saffron memiliki manfaat untuk menekan terjadinya gangguan ereksi pada laki laki karena efek samping dari obat fluoxetine yang dikonsumsi. Tak hanya itu saja, namun dengan mengkonsumsi rempah tersebut juga ternyata dapat meningkatkan kepuasan seks pada kaum adam, penasaran untuk mencoba?

4. Memperbaiki Mood Melalui Perut

Manfaat saffron selanjutnya yaitu dapat memperbaiki mood melalui perut, bagaimana caranya? Saffron dapat membantu otot otot pencernaan menjadi lebih rileks. Saluran pencernaan adalah salah satu dasar yang paling penting bagi sistem imun tubuh kita, jika sistem pencernaan tidak kuat dan sehat, maka akan berdampak buruk yaitu sistem imun akan meningkatkan inflamasi atau peradangan di seluruh tubuh, salah satunya yaitu otak.

Gangguan pada otak ini tentunya akan sangat berpengaruh pada suasana hati, sedangkan jika saluran pencernaan kamu dalam kondisi sehat, maka neurotransmiternya akan bekerja dengan seimbang sehingga akan memperbaiki mood kamu.

5. Saffron Bisa Menjadi Suplemen Makanan

Menurut penelitian ternyata saffron memiliki manfaat sebagai bumbu untuk berbagai macam resep, seperti salah satunya campuran dari risotto, paella, bumbu ayam panggang dan masih banyak lagi olahan makanan yang bisa menggunakan saffron. Selain melalui masakan, kamu juga bisa mendapatkan asupan saffron melalui suplemen yang umumnya dikonsumsi dua kapsul per harinya, namun hal ini harus kamu bicarakan dulu dengan dokter.

Most Popular