31.6 C
Tangerang
Wednesday, August 10, 2022
Home Health 5 Manfaat Tomat Dalam Mencegah Berbagai Penyakit Kronis

5 Manfaat Tomat Dalam Mencegah Berbagai Penyakit Kronis

Siapa disini yang tidak mengetahui tomat? Meskipun sering disangka sayuran, tomat termasuk dalam kategori buah-buahan. Tomat juga cukup mudah ditemukan di mana saja dan kapan saja karena memang buah yang satu ini tidak mengenal musim. Tomat juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat tomat tidak hanya mampu mencegah tubuh dari berbagai penyakit kronis tetapi juga mampu menjaga kesehatan kulit. Hal tersebut dikarenakan tomat memiliki banyak vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh. Manfaat dari tomat akan jauh lebih maksimal jika dikonsumsi secara langsung tanpa diolah.

Tomat kerap dijadikan sebagai jus untuk mengusir haus pada siang hari karena memiliki kandungan air yang cukup melimpah. Buah tomat juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium, folat, dan lycopene yang berfungsi sebagai antioksidan. Meskipun buah tomat memiliki kandungan air yang melimpah tetapi buah ini cukup rendah kalori, yaitu hanya 18 kalori per 100 gram tomat. Tomat merupakan buah yang rendah kalori dan lemak namun sangat kaya dengan kandungan karotenoid lutein, dan gula. Berikut ini ada beberapa manfaat dari tomat yang berguna memelihara kesehatan tubuh.

Berbagai Macam Manfaat Tomat Yang Sering Tidak Diketahui Banyak Orang

Manfaat tomat

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat dari buah tomat yang pertama adalah mampu menjaga kesehatan mata sebuah penelitian mengungkapkan bahwa tomat sangat kaya dengan kandungan vitamin A. Sehingga dengan mengkonsumsinya secara rutin maka akan membuat mata lebih sehat. Selain itu, Tomat juga dapat membantu melindungi mata dari berbagai kerusakan ringan. Buah tomat juga tidak hanya mengandung vitamin A, tetapi juga mampu memberikan asupan antioksidan likopen, lutein, dan betakaroten. Semua hal tersebut sudah terbukti dapat melindungi mata dari berbagai kerusakan karena paparan cahaya, katarak dan degenerasi makula yang diakibatkan oleh faktor usia.

Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat selanjutnya adalah dapat membantu mencegah kerusakan DNA didalam sel yang diakibatkan dari radikal bebas sehingga dapat menyebabkan penyakit kanker. Manfaat yang satu ini juga sudah didukung dengan kandungan antioksidan di dalam tomat seperti likopen, karotenoid, dan polifenol. Sehingga dengan mengkonsumsi tomat akan membantu mencegah berbagai penyakit kanker berbahaya seperti kanker prostat kanker kolorektal, lambung, mulut, paru-paru, payudara, dan kandung kemih. Namun, manfaat yang satu ini masih membutuhkan bukti dan penelitian yang lebih lanjut.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat tomat selanjutnya adalah membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Dengan mengkonsumsi asupan tinggi kalium seperti tomat dapat meningkatkan asupan kalium dan mengurangi natrium atau garam sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Jika anda mengkonsumsi tomat setiap hari maka mampu mengurangi tekanan darah tinggi yang cukup ringan. Apabila anda mengkonsumsi asupan tinggi kalium seperti tomat maka dapat membantu mengontrol tekanan darah agar tetap stabil.

Membuat Kulit Tampak Lebih Sehat

Manfaat selanjutnya yang bisa anda dapatkan dari buah tomat adalah mampu membantu kulit agar lebih sehat. Buah tomat merupakan salah satu di antara berbagai jenis buah yang memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak. Vitamin saya sendiri bermanfaat sebagai bagian dari antioksidan yang sangat kuat. Vitamin C yang terdapat di dalam buah tomat berperan sangat penting untuk mencukupi asupan nutrisi kolagen pada kulit, rambut, kuku dan jaringan ikat. Perlu Anda ketahui jika anda kekurangan vitamin C maka kulit akan berubah menjadi keriput, kendur sampai bermunculan noda hitam.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat tomat yang terakhir adalah menjaga kesehatan jantung. Seperti yang sudah diketahui bahwa tomat sangat kaya dengan senyawa likopen. Dimana ada sebuah studi yang menemukan bahwa buah tomat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Senyawa likopen tersebut juga dapat mencegah oksidasi lipid, kondisi yang dapat memicu terjadinya penyakit jantung. Selain itu, buah tomat juga memiliki kandungan vitamin C, kalium, serat, kolin dan folat. Semua kandungan nutrisi tersebut bisa bermanfaat baik untuk kesehatan jantung.

Most Popular