31.6 C
Tangerang
Wednesday, December 7, 2022
Home Health 5 Obat Herbal Untuk Mengatasi Eksim Secara Tradisional

5 Obat Herbal Untuk Mengatasi Eksim Secara Tradisional

Eksim merupakan salah satu penyakit kulit yang cukup rentan terjadi. Gejala dari penyakit ini juga akan membuat kulit menjadi merah, kering, gatal dan bersisik. Untungnya ada banyak pilihan Obat Herbal Untuk Mengatasi Eksim secara tradisional. Sehingga anda bisa meredakan gatal akibat eksim yang mengganggu dengan bahan-bahan alami. Meskipun pengobatan eksim biasanya melibatkan berbagai jenis obat kortikosteroid dalam bentuk salep, krim ataupun pil yang diresepkan oleh dokter untuk mengurangi gatal dan peradangan kulit.

Akan tetapi, penggunaan obat seperti itu tidak dianjurkan dalam jangka panjang karena potensi efek sampingnya yang bisa merugikan anda. Efek samping yang paling umum terjadi adalah penipisan dan perubahan warna kulit di sekitar area yang sering diolesi oleh obat. Untuk bisa meminimalisir resiko tersebut banyak orang yang menyelingi pengobatan secara medis dengan pengobatan secara tradisional, seperti bahan-bahan alami dibawah ini.

Berbagai Obat Herbal Untuk Mengatasi Eksim Yang Mudah Didapatkan

Minyak Kelapa

Minyak Kelapa

Minyak kelapa sudah dipercaya bisa mengobati penyakit eksim secara tradisional karena mengandung vitamin K dan E serta asam laurat yang dipercaya bisa meredakan gatal serta memberikan efek sejuk di kulit yang sedang meradang. Selain itu, minyak kelapa juga bermanfaat sebagai antijamur, antibakteri dan antioksidan yang memperkecil resiko iritasi pada kulit yang eksim. Anda bisa mengoleskan minyak kelapa secara langsung pada kulit eksim beberapa kali sehari. Atau anda juga bisa minum 2-4 sendok makan minyak kelapa murni setiap harinya.

Gel Lidah Buaya

Gel Lidah Buaya

Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa gel lidah buaya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, salah satunya adalah obat eksim alami. Zat anti radang yang terkandung di dalamnya akan membantu menenangkan rasa gatal sekaligus sensasi panas pada kulit yang eksim. Terlebih lagi sifat antimikrobanya bisa mencegah infeksi yang lebih parah. Anda bisa menggunakan gel lidah buaya langsung atau dicampur dengan beberapa tetes minyak vitamin E ke kulit yang terkena eksim. Setelah kering anda bisa membilasnya dengan air hangat dan lakukan cara ini 2x seminggu.

Kunyit

Kunyit

Obat Herbal Untuk Mengatasi Eksim yang selanjutnya adalah kunyit. Kunyit merupakan salah satu bahan herbal yang bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi eksim karena kandungan antioksidan dan anti radangnya. Kedua kandungan tersebut akan membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan yang diakibatkan peradangan eksim. Anda bisa mencampurkan 1 setengah sendok teh kunyit dengan susu secukupnya. Kemudian oleskan langsung pada kulit eksim dan ulangi cara ini sampai kemerahan dan gatal menjadi hilang.

Oatmeal

Obat Herbal Untuk Mengatasi Eksim

Oatmeal atau bubur gandum bisa menjadi salah satu obat herbal alami untuk mengatasi eksim. Karena oatmeal bersifat anti radang yang bisa membantu meredakan gatal dan sensasi panas yang disebabkan oleh eksim. Oatmeal juga mengandung fenol dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mengatasi gatal pada kulit. Anda bisa menyiapkan selembar kain tipis dan oatmeal kering, tuangkan 3 sendok oatmeal ke dalam kain, ikat oatmeal sampai menyerupai bundelan kecil. Anda bisa merendamkan diri dengan menggunakan oatmeal tersebut selama kurang lebih 15 menit.

Probiotik

Obat Herbal Untuk Mengatasi Eksim

Obat Herbal Untuk Mengatasi Eksim yang terakhir adalah jenis bakteri baik yang bernama Probiotik. Dengan mendapatkan asupan probiotik maka bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Sebuah penelitian sudah membuktikan bahwa probiotik, terutama jenis lactobacillus rhamnosus bisa mencegah dan mengobati gejala eksim. Meskipun penelitian tersebut masih menimbulkan pro dan kontra, namun, tidak ada salahnya jika anda mengkonsumsi probiotik karena nyatanya tidak akan membahayakan tubuh anda.

Most Popular