31.6 C
Tangerang
Thursday, December 8, 2022
Home Entertainment 5 Ragam Tradisi Dan Adat Papua Yang Sangat Unik

5 Ragam Tradisi Dan Adat Papua Yang Sangat Unik

Tradisi dan adat Papua memiliki banyak sekali keunikan terlebih lagi dengan pemandangan alamnya yang sangat indah juga dengan sumber daya alam yang melimpah. Mungkin beberapa orang hanya mengetahui sedikit saja tentang Papua, seperti wisata raja ampat dan berbagai tarian serta alat musiknya yang hanya tertentu saja. Ada beberapa ciri khas masyarakat sisaan yang masih mengabdikan dan tetap menjaga tradisi uniknya. Cari tahu lebih banyak lagi akan keunikan dan adat istiadat di Papua, supaya anda tidak akan tertinggal sejarah atau berita kehidupan mereka disana.

Sangat mencengangkan dan penuh misteri untuk melakukan adat dan tradisi seperti diasan, tetapi banyak sekali arti dan makna yang tersembunyi dan masih diyakini sampai sekarang. Kalau kamu belum mengetahui lebih jauh akan ragam tradisi serta adat istiadatnya, kamu perlu tahu dari pembahasan kali ini. Ketahui lebih banyak lagi keunikan yang dilakukan masyarakat Papua disana. Kalau anda ada niatan untuk melakukan bepergian ke sana, jangan lewatkan untuk mengetahui terlebih dahulu dan kenali papua dari pembahasan kita sekarang.

Tradisi Dan Adat Papua Terunik Dan Mencengangkan

Tradisi dan adat papua

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah negara kepulauan yang terbagi menjadi 34 provinsi (prov). Dari 7 kepulauan yang ada di Indonesia, jumlah provinsi di masing-masing kepulauan berbeda-beda. Dijamin anda akan terpikat dengan kesenian dan tradisi yang beragam di Papua. Karena anda akan mengetahui beberapa tradisi yang tidak pernah anda ketahui sebelumnya dan beberapa sebagian merupakan pelampiasan rasa sedih atau rasa bersyukur. Ada juga adat pernikahan yang dilakukan di Papua terunik. Berikut ini penjelasan yang harus anda kenali dari Papua.

Tradisi Iki Palek

Ini dia tradisi dan adat papua yang sangat jarang diketahui banyak orang, bisa dikatakan sebagai tradisi paling ekstrim. Hanya dilakukan oleh anggota suku Dani. Tradisi ini memiliki nama Iki Palek, makna dan artinya yang sangat dalam. Sebagai hal yang menunjukkan rasa setia dan kehilangan yang mendalam. Seperti beberapa orang terdekatnya ibaratkan jarak jari-jari tangannya.

Tradisi Mumi Papua

Mumi, apa yang pertama kali terlewatkan dipikiran anda? Mengawetkan jenazah merupakan tradisi Papua yang tidak pernah hilang dari dahulu sampai sekarang. Hanya beberapa suku saja yang mengikuti tradisi ini, tentu bukan sembarangan orang yang akan dijadikan mumi. Orang yang memiliki derajat dan berjasa bagi suku mereka. Sangat mencengangkan bukan? kalau anda bisa menyaksikan tradisi seperti ini yang mengawetkan jenazah orang terpenting dan berjasa besar.

Tradisi Ararem

Pernikahan adat sana juga melakukan seserahan atau lamaran yang bisa dikatakan sebagai mas kawin. Tarian wor yang mengiringi seserahan dengan membawa peralatan rumah tangga dan makanan-makanan untuk kerumah calon istri.

Tifa Darah

Tifa merupakan alat musik yang sangat terkenal satu Indonesia. Tifa merupakan alat musik dengan buatan khas dari kulit biawak. Menempelkan kulit ke kayu dengan cara merobek dan mengucurkan darah dari pahanya menggunakan silet.

Tradisi Barapen

Tradisi dan adat papua memasak bersama sering dinamakan sebagai Tradisi Barapen. Bukan kompor minyak atau gas yang mereka gunakan namun menggunakan bara dari batu yang dibakar. Tidak hanya itu, warga kampung berburu hewan di hutan atau sekitar kampung mereka. Supaya bisa dijadikan bahan makanan utama, dan beberapa masyarakat menerima hewan tersebut untuk dimasak dan sebagian lainnya manata baru untuk disiapkan menjadi bara dan melakukan tarian khas mereka.

Most Popular