31.6 C
Tangerang
Saturday, December 10, 2022
Home Lifestyle 5 Tanda Anak Stress, Hati Hati Jangan Abaikan Ini!

5 Tanda Anak Stress, Hati Hati Jangan Abaikan Ini!

Ada beberapa tanda anak stress yang masih sering sekali diabaikan oleh para orang tua, masih banyak orang dewasa atau para orang tua yang kurang perhatian pada kondisi mental sang anak. Kebanyakan orang dewasa juga menilai kehidupan anak anak penuh dengan kebahagiaan, nyatanya anak anak juga bisa merasakan stres akibat lika liku kehidupan sama seperti orang dewasa pada umumnya yang merasa stress dengan kehidupannya.

Anak anak sering sekali memiliki pemicu stress yang unik dan tidak disadari oleh orang dewasa, sebenarnya penyebab stres masa anak anak sebenarnya sangat nyata, namun karena ketidakdewasaan mereka sehingga mereka belum menyadari perasaan stress ini.
Mereka juga belum mengerti untuk menyadari dan menghadapi perasaan stress ini, anak anak juga tidak memiliki bahasa untuk menjelaskan perasaan yang mereka rasakan pada orang yang lebih dewasa.

Hal ini tentunya menjadi tanggung jawab orang yang lebih dewasa agar dapat lebih perhatian dan peduli dengan perasaan anak anak untuk membantunya menghilangkan stress, seperti contoh kecil yang sering terjadi gangguan makan atau tidur pada anak ternyata dapat diartikan kalau anak sedang mengalami stress. Selain itu ada beberapa tanda lagi yang perlu diketahui, berikut ini tanda tanda anak stres yang wajib diketahui.

Tanda Anak Stress Yang Tidak Boleh Diabaikan

Tanda anak stress

1. Agresif Yang Meningkat

Saat anak mengalami stress, beberapa anak akan ada yang bereaksi dengan agresif fisik seperti misalnya menggigit, menendang, dan memukul atau agresif verbal seperti berteriak atau menyebut nama. Anak yang sedang merasa stress akan cenderung kesulitan dalam menyelesaikan tugasnya dan membutuhkan kesabaran untuk menghadapinya, kalau tanda ini ada pada anakmu sebaiknya bicara dengan anak pelan pelan, jika cara tersebut tidak membantu kamu bisa coba untuk memicu percakapan yang bermakna atau konsultasi dengan psikolog anak.

2. Gangguan Makan Atau Tidur

Tanda anak stress selanjutnya mengalami gangguan makan atau tidur, saat anak sedang merasa stress ia akan mengalami gelisah dan khawatir yang dapat mengganggu kebiasaan tidur. Seperti menjadi sulit tidur, tidur terlalu malam, bangun terlambat atau kebanyakan tidur, tak hanya itu saja namun juga perubahan kebiasaan makan yang tiba tiba, mungkin lebih sedikit makan atau bahkan sulit makan. Untuk mencari tahu akar permasalahannya sebaiknya hubungi psikolog atau lebih banyak habiskan waktu dengan anak.

3. Perilaku Hiperaktif

Saat anak anak tidak dapat mengatasi stress yang sedang mereka rasakan, mereka akan melepaskan energy negative. Sehingga sering sekali anak anak bertindak hiperaktif seperti mengamuk, kabur, dan terus terusan tidak patuh, jika anak menunjukan tanda tanda seperti ini jangan langsung buru buru menilai anak tersebut nakal, karena bisa jadi ini menjadi caranya untuk mengingatkan orang dewasa kalau ada masalah pada anak.

Cara mengatasinya bisa bantu anak menyalurkan energi negatifnya dengan cara yang positif dan menenangkan, seperti misalnya latihan pernapasan dalam, mendengarkan musik yang menenangkan, peregangan, membuat karya seni atau cara cara lainnya.

4. Keluhan Fisik

Tanda anak stress juga dapat berupa gejala fisik seperti sakit perut dan sakit kepala, jika seorang anak sering masuk Unik Kesehatan Sekolah dan mengeluh sering sakit perut atau sakit kepala atau misalnya keluhan ini meningkat pada situasi tertentu, bisa jadi anak mungkin mengalami stress yang signifikan. Maka dari itu kamu perlu mengenali kapan tanda ini muncul, misalnya sebelum ujian atau setiap ingin ke tempat tertentu, cara ini dapat membantu kamu mengenali faktor pemicu stress pada anak dan bisa menemukan solusi terbaik menurut kamu.

5. Menolak Ke Sekolah

Anak sudah paham kalau mereka harus pergi ke sekolah, bahkan biasanya anak anak sangat bersemangat ke sekolah karena ingin bertemu dengan teman, guru atau pelajaran favoritnya. Namun jika ada sesuatu yang membuat anak stress di sekolah pastinya anak akan menjadi malas pergi kesekolah, mereka mungkin ingin menghindari penyebab stress tersebut dengan tetap tinggal di rumah saja, untuk hal ini bisa tanyakan kepada guru apa yang membuat anak terganggu di sekolah, misalnya karena bullying kamu sebagai orang tua perlu mengambil tindakan tegas agar tidak ada korban lainnya.

Most Popular