31.6 C
Tangerang
Tuesday, October 26, 2021
Home Lifestyle 5 Tanda Kalau Kamu Perlu Media Detox Sementara Waktu

5 Tanda Kalau Kamu Perlu Media Detox Sementara Waktu

inajournal.com – Akibat menggunakan sosial media kamu merasakan perubahan dengan sikap dan gaya hidup yang semakin hari mengalami tanda keburukan. Jangan pernah kamu abaikan! Kamu saat ini perlu media Detox sementara waktu. Siapa nih yang disini pernah mendengar tentang bahayanya media sosial? Memang sangat diakui kalau media sosial sangat membantu dan seperti halnya pisau bermata dua. Kalau kamu menggunakan dengan dan untuk tujuan yang baik tentu saja akan mendapatkan manfaat yang baik juga. 

Manfaat yang baik tentu bisa kamu dapatkan dengan mudah dan banyak dari media sosial. Tetapi tidak dipungkiri dan dampak negatif pasti selalu mengikuti. Nah tapi bagaimana dengan penggunaan media sosial yang justru membuat kita jadi lelah dan tidak bersemangat? Kalau kamu merasakan penggunaan media sosial ini berdampak baik, maka bisa dilanjutkan tetapi jika sebaliknya segera lakukan social media detox  atau puasa media sosial dahulu. Langsung saja cari tahu beberapa tanda yang dialami olehmu untuk memerlukan Media Detox untuk sementara waktu. 

Tanda Buruk yang Kamu Alami Sebagai Tanda Butuh Media Detox Sementara WaktuMedia-Detox-sementara-Waktu

Kita Sudah Tidak Produktif

Kalau produktivitas kamu jadi terganggu lantaran adanya media sosial, coba untuk berhenti buka media sosial. Bosa dimulai dari waktu kerja atau penuh sesuai dengan waktu yang bakal kita tentukan. Sayangkan waktu yang sudah kamu miliki untuk bekerja malah digunakan untuk scrolling Instagram atau Twitter. Bicara soal produktif itu tidak sama dengan menjadi sibuk, tetapi menjadi produktif itu  merupakan kesesatan yang memiliki rencana dan spesifikasi yang  diisi dengan kegiatan mengerjakan tugas yang penting dahulu. Jadi, kalau kita sudah memiliki rencana kerja yang matang usahakan jangan diganggu oleh keinginan untuk buka media sosial.

Mulai Merasa Stres Dan Anxious

Kalian sering tidak sih merasa stress tiap buka media sosial. Merasakan overthinking dengan semua informasi yang diunggah disana?  Bisa saja informasi mengenai politik, hukum ,Ham bahkan berita informasi soal debat panjang yang tak kunjung selesai. Kalau kamu mengidentifikasi sebagai orang yang sudah stres berita dan informasi penyebabnya. Tidak ada salahnya untuk berhenti total dari baca berita. Kita mengambil jeda sebentar untuk istirahat dan dunia maya dan fokus unik berhubungan dengan manusia, Mulai baca berita dari situs beritanya dan jauh dahulu beberapa komentar atau perdebatan. 

Mulai Membandingkan Diri Dengan Orang Lain

“Wih, dia lagi liburan ke Bali! Enak banget!”

“Wow, dia baru saja naik jabatan di perusahaan tempat dia kerja!”

“Ih, kok badannya bagus banget, ya? Nggak kayak badanku.”

Nah, opini seperti ini  yang biasanya muncul tiap kamu melihat pencapaian orang lain yang dibagikan ke media, Salah tidak kalau orang unggah pencapaiannya ke media? Tidak salah juga!. Cuma kadang diri kamu suka lupa bawa unggahan merupakan bagian indahnya saja. Bagian dimana mereka sedang berjuang dan diabadikan serta kebahagiaan harus dibagikan. Lalu, kenapa kamu perlu puasa media sosial? Supaya kamu bisa mencoba mengistirahatkan diri dari pikiran yang sangat buruk. Padahal, hidup kita di dunia nyata juga belum tentu menderita. Iya, kan?

Waktu Istirahat Berkurang

Siapa nih yang sering ingin tidur jam 11 malam tapi malah baru tidur jam dua pagi. Hla ini lantaran kamu keasyikan menonton Youtube atau TikTok? Tahu tidak kalau kegiatan ini bisa saja membuat kamu mengalami gangguan tidur yang sangat berbahaya. Hasilnya juga bakal dirasakan dalam jangka waktu panjang, misalnya dengan berhenti main ponsel kita akan jarang buka ponsel. Menjauhi ponsel dengan menghapus media sosial bisa jadi langkah awal dalam memenuhi waktu tidur yang cukup.

Tidak Bahagia Saat Mengakses Medsos

Kalau ternyata hidup kamu baik saja, bisa dilanjutkan untuk jangka waktu yang lebih lkaam, Terus jika waktu yang asda dipakai maka kerjakan tugas saja atau hobi dan kegiatan pengembangan diri yang lain. Rupanya kamu butuh untuk  Media detox sementara waktu itu tidak perlu harus sebulan penuh. Selama 12 jam sampai seminggu sekali dalam sehari juga tidak ada masalah.

Most Popular