31.6 C
Tangerang
Monday, December 4, 2023
Home Lifestyle 5 Tanda Kamu Kurang Tidur, Kulit Akan Bermasalah & Mudah Lapar!

5 Tanda Kamu Kurang Tidur, Kulit Akan Bermasalah & Mudah Lapar!

Inajournal.com – Ada beberapa tanda kamu kurang tidur yang wajib diketahui, tidur merupakan kebutuhan penting semua manusia. Tidak hanya tubuh saja yang membutuhkan istirahat, namun organ di dalam tubuh juga membutuhkan istirahat yang cukup. Setiap manusia membutuhkan setidaknya 7-8 jam waktu istirahat, jika waktu tidur selalu terpenuhi maka tubuh juga akan memberikan dampak baik, segar dipagi hari dan tidak mudah lelah dalam menjalankan aktivitas sehari hari.

Tidur sebagai salah satu kebutuhan manusia yang membantu untuk mengembalikan tenaga dan pikiran setelah seharian beraktivitas. Jika tubuh kamu terlalu sering kurang tidur dalam jangka waktu yang lama, maka lambat laun tubuh kamu akan digerogoti dengan penyakit berbahaya. Jangan sampai hal ini terjadi, sebab jika sudah terjadi akan sulit diatasi, selain itu kamu juga harus menghindari hal hal yang menyebabkan sulit tidur.

Misalnya jauhkan gadget sebelum tidur, hal ini bisa kamu gunakan sebab gadget menjadi salah satu hal yang dapat membuat seseorang sulit tidur. Tidak sedikit orang yang menyepelekan kurang tidur, setelah merasakan dampaknya baru memahami kalau tidur yang cukup itu sangat penting. Kebutuhan tidur seseorang digolongkan berdasarkan umur, mulai dari:

  • 0-3 bulan: sekitar 14-17 jam
  • 4-11 bulan: sekitar 12-15 jam
  • 1-2 tahun: sekitar 11-14 jam
  • 3-5 tahun: sekitar 10-13 jam
  • 6-13 tahun: sekitar 9-11 jam
  • 14-17 tahun: sekitar 8-10 jam
  • 18-25 tahun: sekitar 7-9 jam
  • 26-64 tahun: sekitar 7-9 jam
  • 65 tahun atau lebih: sekitar 7-8 jam

Selain faktor usia, ada beberapa faktor lain yang juga dapat mempengaruhi waktu tidur seseorang, misalnya aktivitas yang dilakukan, masalah kesehatan dan lain sebagainya. Semua orang harus tahu kalau tidur yang cukup itu sangat penting untuk mengembalikan tenaga dan tubuh yang segar. Bagi kamu yang masih sering bergadang entah itu untuk melakukan pekerjaan atau hanya berseluncur di sosial media. Berikut ini beberapa tanda yang perlu kamu ketahui kalau tubuh kamu kurang tidur, ketahui tandanya terlebih dahulu agar bisa melakukan pencegahan secepatnya.

Tanda Kamu Kurang Tidur! Perbaiki Dari Sekarang

Tanda-Kamu-Kurang-Tidur

     1. Mudah Lapar

Menurut penelitian tubuh yang kurang tidur akan memproduksi hormone ghrelin atau pengontrol rasa lapar dan leptin pengontrol rasa kenyang akan berantakan. Hal ini sudah dibuktikan, jika tubuh kurang tidur akan memicu lonjakan produksi ghrelin dan mengurangi produksi leptin.

Dan ada pula yang berpendapat otak tidak bisa mendapatkan energy yang cukup dari tidur, maka dari itu otak akan mendapatkannya melalui makanan. Dengan peningkatan hormone ghrelin bisa memicu kamu untuk mengkonsumsi makanan manis atau cepat saji.

     2. Kulit Bermasalah

Kulit kamu sering bermasalah? Bisa jadi tanda tubuh kurang tidur, sudah sering menggunakan skincare tapi wajah masih bermasalah bisa saja hal tersebut karena kualitas tidur kamu yang tidak baik. Kurang tidur dapat menyebabkan resistensi insulin dan peningkatan sekresi sebum yang dapat memicu munculnya jerawat.

Selain itu jika kurang tidur juga berdampak pada mata, mulut, dan kulit, jika kurang tidur akan muncul mata panda, mata merah, kulit pucat, dan munculnya garis halus atau keriput.

     3. Suasana Hati Terganggu

Seseorang yang kurang tidur atau moodyan biasanya memiliki waktu tidur yang tidak cukup. Selain membuat ngantuk, dengan kurang tidur juga bisa berdampak pada kesehatan mental dan suasana hati kamu.

Menurut studi orang yang kurang tidur cenderung akan mudah tersinggung, dan menurunkan suasana hati, kondisi sulit tidur ini juga berhubungan dengan depresi. Dan depresi juga berdampak pada kualitas tidur.

     4. Sulit Konsentrasi

Jika kamu merasa sulit konsentrasi bisa jadi tanda tubuh kurang tidur. Jika sulit konsentrasi memang cukup mengganggu kegiatan sehari hari, maka dari kamu harus menjaga waktu tidur agar aktivitas kamu tetap terjaga dan tidak sulit konsentrasi.

     5. Mudah Sakit

Kekurangan tidur berdampak pada sistem kekebalan tubuh, tak heran orang yang kurang tidur akan mudah sakit. Saat tidur kekebalan tubuh akan mengeluarkan protein yang disebut dengan sitokin.

Selain berfungsi untuk mendorong tidur, sitokin juga dibutuhkan pada saat tubuh mengalami infeksi, stres, atau pembengkakan. Itulah beberapa tanda kamu kurang tidur yang perlu diketahui, jika merasa ada baiknya mulai sekarang perbaiki jam tidurmu ya.

Most Popular