31.6 C
Tangerang
Thursday, December 8, 2022
Home Lifestyle 5 Tips Cilok Matang Sempurna Dan Kenyal

5 Tips Cilok Matang Sempurna Dan Kenyal

Cilok, siapa sih yang tidak tahu dengan jajan khas bandung ini? banyak penggemarnya dari berbagai kalangan. Cilok ini memiliki rasa jajan yang begitu nikmat dan sedap tentungta gurih, Level kematangannya harus dalam hitungan sempurna supaya jajan ini tidak akan gagal saat anda mengaduk nya. Banyak tips yang Cilok ala rumahan yang satu ini juga memiliki tips cilok matang sempurna yang bisa kamu tiru untuk mendapatkan rasa cilok dengan tekstur yang lembut dan kenyal, supaya cilok buatan kamu akan terasa nikmat.

Siapa sih yang tidak mengenal jajajn khas bandung satu ini? Jajanan yang paling banyak peminatnya di kalangan dewasa dan anak-anak. Cara makannya yang asik dengan cocolan bumbu kacang atau dengan cara memakannya berbarengan dengan siraman bumbu kacangnya. Kamu biasanya merasakan gagal ketika membuat adonannya yang dimulai dari awal hingga finishing dengan tekstur yang belum matang sempurna. Untuk itu kamu bisa ikuti tips dibawah ini sebagai patokan kamu dalam memasak cilok matang sempurna. Langsung saja ikuti dan gunakan tipsnya dalam adonan cilok buatanmu sendiri.

Gunakan Tips Cilok Matang Sempurna

tips Cilok matang sempurna

Buat kamu yang menyukai fun cooking dirumah tapi sangat takut gagal dalam olahannya, kamu bisa coba untuk memasak cemilan cilok kenyal ini. Dijamin anti gagal dan bisa menjadi cemilan sehat dan higienis di rumah. Cara buat yang mudah dan kamu hanya perlu ikuti tips dibawah ini saja. Langsung saja ikuti tipsnya dan buktikan cara pengolahannya tidak akan gagal dengan olahan aci dicolok yang matang luar dalam.

Gunakan Rasio 1:1 Penggunaan Tepung

Pertama kamu bisa gunakan tips Cilok matang sempurna dengan penggunaan tepung terigu dan tepung tapioka (tepung kanji) dengan ukuran sama banyak. Untuk tepung mengusung fungsi dalam adonan yang berbeda. Tepung tapioka (tepung kanji) bertujuan untuk memberikan tekstur kenyal, sedangkan tepung terigu membantu melengkapi asupan protein melalui kandungan gluten.

Aduk Semua Bahan

Sambil mengaduk semua bahan untuk membuat adonan cilok, maka didirikanlah air sesuai takaran banyak adonan. Tuangkan air panas apabila bahan sudah tercampur dengan rata. Harus kamu pahami kalau air panas memang lebih disarankan daripada air dingin sebab lebih efektif untuk menguleni adonan cilok supaya matang sempurna.

Tuang Air Panas Sedikit Demi Sedikit

Lalu tips selanjutnya kamu bisa coba dengan tuangkan air panas tersebut hendaknya dituangkan sedikit demi sedikit sambil terus menguleni adonan. Kamu akan bisa mengatur adonan tidak encer yang sulit untuk dibentuk dengan tidak lengket pada saat dibentuk. Imbasnya, adonan menjadi susah dibentuk. Apabila adonan agaknya sudah dapat dipulung (dibentuk), maka hentikan penambahan air. Supaya adonan yang kamu buat merta adukkannya dan tidak akan menambah keenceran dalam Adonan sehingga sulit untuk dibentuk

Bentuk Bulatan Kecil

Cilok sangat identik dengan bentuk yang bulat sempurna dan cara makan yang di colok dengan lidi. Oleh karena itu kamu bisa mencoba dengan membentuk cilok, sebaiknya bentuklah menjadi bulatan kecil. Hal ini bertujuan agar bagian dalam cilok dapat matang dengan sempurna. Sebaliknya, cilok yang berukuran besar justru lebih sulit untuk matang hingga ke bagian dalam sebab ukuran tersebut. Kala biasanya bentuk cilok bulatan besar memiliki isian yang menarik. Seperti dimasukkan isian telur puyuh atau daging cincang yang sangat enak untuk disantap saat masih panas dengan lumuran saus kacang buatan rumahan.

Masukkan Ke Air Yang Mendidih

Sembari membentuk bulatan cilok, didihkanlah air secukupnya saja ke dalam panci. Pemicu cilok yang lengket dan tidak kenyal karena kamu memasukkannya ke dalam air yang belum didih dan kurung waktu yang sebentar. Tunggu hingga cilok mulai matang yakni mengapung ke permukaan air dan biarkan sekitar 10-15 menit untuk memastikan cilok matang hingga ke dalam, lalu angkat dan ditiriskan. Cemilan sudah siap untuk disantap dengan siraman bumbu kacang buatan rumahan yang sangat mudah untuk digunakan tips tadi. Namun, tentu saja prosesnya harus jeli agar cilok dapat tersaji sempurna. Salah satu yang harus diwaspadai adalah tingkat kematangan dari cilok tersebut.

Most Popular