31.6 C
Tangerang
Monday, December 5, 2022
Home Lifestyle 5 Tips Melancarkan Menstruasi Secara Alami

5 Tips Melancarkan Menstruasi Secara Alami

Menstruasi akan keluar ketika lapisan endometrium tidak dibuahi sel telur maka lapisannya akan menebal yang sering dibilang darah menstruasi. banyaknya faktor yang membuat menstruasi tidak lancar yang dikarenakan oleh kehamilan, hormon yang rendah, bahkan tingkat depresi yang disebabkan pikiran juga bisa menjadikan faktor tidak teraturnya menstruasi. Ternyata banyak tips melancarkan menstruasi secara alami yang mudah untuk anda lakukan.

Menstruasi biasanya akan keluar pada wanita yang sudah baligh sekitar usia 9 tahun, karena sudah mengalami kesuburan. Menstruasi yang dialami setiap wanita selalu berbeda-beda, dengan jadwal dan siklus yang berbeda juga. Ada yang berjalan sesuai dengan jadwal, ada yang mengalami sebelum jadwalnya dan ada yang lambat dengan siklus yang tidak lancar. Berikut ini merupakan tips yang harus anda terapkan supaya anda bisa mengatasinya dengan cara alami dibawah ini.

Melancarkan Menstruasi Secara Alami Buat Kamu Yang Haidnya Tidak Teratur

Melancarkan haid secara alami

Pada umumnya menstruasi akan keluar selama seminggu dalam sebulan dan darah menstruasi yang keluar lebih dari dua minggu maka harus diperiksa lebih lanjut dengan dokter ahli. untuk jadwal menstruasi pun kadang maju mundur tidak tepat tanggalnya setiap bulan, hal tidak teraturnya menstruasi dikarenakan hormon yang rendah, stres yang berlebih, adanya hormon yang mengalami polycystic ovary syndrome (PCOS) pembengkakan tiroid yang akan menyebabkan turun naiknya berat badan anda dan mudah lelahnya kondisi metabolisme tubuh hingga terjadinya kerontokan yang parah pada rambut.

Olahraga

kunci untuk melancarkan haid secara alami yaitu berolahraga yang teratur dan harus ditekuni dengan berbagai jenis olahraga seperti berlari dan yang utama adalah olahraga pada jenis yoga karena jenis olahraga tubuh yang bagus adalah yoga kegiatan yang bisa melancarkan saat menstruasi dan sudah dibuktikan pada peneliti di tahun 2013 lalu, bahwa setiap wanita melakukan yoga 30 sampai 40 menit 5 hari dalam seminggu akan terjadinya perubahan pada bentuk tubuh yang ideal yang sebelumnya berat badanlah sebagai faktor menstruasi tidak teratur.

Konsumsi Rempah

Indonesia penghasil rempah terbanyak di dunia dengan khasiatnya yang tidak melezatkan bumbu pada masakan saja. seperti mengkonsumsi jahe yang akan melancarkan saat menstruasi yang hanya dikonsumsi saat 3 sampai 4 hari awal kedatangan menstruasi dan mengkonsumsi kayu manis akan menyembuhkan penyakit hormon PCOS.

Buah dan Vitamin

Buah yang khasiat memperlancar menstruasi yaitu buah Nanas buah yang terpopuler akan kandungan bromelin dan enzim yang melunakan uterus akan mengatur kelancaran saat menstruasi. Tapi, pengkonsumsian buah nanas harus setelah pengecekan kehamilan agar tidak terjadi pengguguran. Pengaruh vitamin pun penting peran vitamin D dan B komplek yang terdapat pada kuning telur, ikan sarden, jamur, susu sapi murni, dan sumber vitamin B komplek terdapat pada biji-biji an, buah beri,yoghurt.

Terapi Hormon

Terapi hormon adalah terapi yang dilakukan pada organ sex yang menerapkan terapi hormon estrogen yang banyak jenisnya dengan efek mual, sakit kepala, dan membengkaknya payudara karena hal ini akan memicu rutinnya menstruasi. Jenis estrogen ada yang berbentuk pil, koyo, krim dan semprotan yang digunakan langsung ke kulit serta estrogen yang berwujud cair yang akan dimasukkan langsung kedalam leher rahim.

Jamu Herbal

Melancarkan haid secara alami bisa dengan konsumsi jamu-jamuan yang baik untuk tubuh. Ternyata Jahe dan Kayu manis yang bisa dikonsumsi tanpa harus ditaro di masakan saja. Bisa juga diolah sebagai jamu herbal yang prosesnya direbus. Seperti lainnya konsumsi kunyit yang prosesnya tidak direbus mentah-mentah yang harus diparut lalu direbus dan diperas airnya seperti layaknya olahan santan dengan tekstur kental. Nah Bagaimana, mudah kan melakukan 5 tips melancarkan menstruasi dengan cara alami seperti diatas? semoga bermanfaat untuk kesehatanmu ya ladies.

 

Most Popular