31.6 C
Tangerang
Monday, December 5, 2022
Home Lifestyle 5 Tips Mengemudi Mobil Manual Yang Benar Dan Lancar

5 Tips Mengemudi Mobil Manual Yang Benar Dan Lancar

Tips Mengemudi mobil manual memang perlu membutuhkan banyak latihan dan pengetahuan luas tentang mobil tersebut. Namun jika dibarengi dengan tekad yang kuat maka semua bisa melakukannya. Dengan melakukan banyak latihan dan praktik langsung ke jalan maka akan membuat proses belajar menjadi lebih cepat lancar. Namun sebelum anda memulai latihan sebaiknya anda belajar tentang berbagai fitur dan ilmu mengenai menyetir mobil manual karena jika tidak maka bisa berakibat sangat fatal.

Jika anda sudah lancar mengemudi mobil manual maka perjalanan anda akan terasa lebih nyaman. Setiap langkah yang dilakukan memang sangat penting dan anda tidak boleh menyepelekan semuanya. Meskipun hanya bagian mengatur posis duduk saja tetap anda tidak boleh menyepelekannya karena akan sangat berpengaruh pada kenyamanan mengemudi nantinya. Untuk mengetahui semua rincian tersebut maka berikut ini akan menjelaskan beberapa Tips yang benar agar aman dan lancar.

Beberapa Tips Mengemudi Mobil Manual Yang Perlu Diketahui

mengemudi

Mengenali Semua Pedalnya

Pertama-tama adalah anda harus mengenal semua pedal yang ada dalam mobil manual. Karena setiap pedal memiliki fungsi yang berbeda dan sangat penting untuk diketahui. Pedal yang berada di kaki sebelah kiri merupakan pedal untuk kopling, pedal yang berada di tengah kaki berfungsi sebagai rem dan pedal yang berada di sebelah kanan kaki berfungsi sebagai pedal gas.

Kopling mobil sendiri berfungsi untuk memutuskan putaran roda dan putaran mesin yang saling berhubungan dan juga bisa digunakan untuk mengubah gigi baik itu mau menambah atau mengurangi. Yang perlu anda perhatikan adalah saat anda ingin mengurangi atau menambah gigi maka anda harus menginjak pedal kopling.

Mulai Menghidupkan Mobil

Untuk mulai menghidupkan mobil pertama yang harus anda lakukan adalah memindahkan tuas persneling ke posisi netral yaitu di antara gigi dan gigi keempat. Selanjutnya anda baru bisa menghidupkan mesin mobil dengan cara distarter pada bagian kunci mobil, namun pastikan juga kalau anda menginjak pedal kopling secara penuh.

Jika mesin sudah menyala baru anda bisa melepaskan pedal kopling tersebut. Cara terbaik untuk mengingat jarak dari ayunan pedal kopling, rem dan gas adalah dengan menginjak kopling secara penuh namun sembari ditahan. Kemudian lepaskan pedal kopling secara perlahan dan teratur agar terdengar suara mesin saat mulai akan turun.

Menjalankan Mobil Dengan Hati-hati

Jika anda sudah menginjak kopling maka selanjutnya tips mengemudi mobil manual adalah dengan masukan persneling ke gigi 1 dan lepaskan kopling sedikit demi sedikit dan pada saat yang sama injak pedal gas sampai anda merasa sedikit tersangkut. Setelah itu lepaskan kopling secara perlahan sambil menekan pedal sedikit demi sedikit.

Kemudian anda harus mempertahankan RPM sedikit diatas nol dan anda bisa melakukan hal tersebut sambil memperbesar gas dan melepas kopling secara perlahan. Setelah itu anda bisa memperbesar gas secara perlahan dan lepaskan kopling sedikit demi sedikit dan jika kopling sudah terlepas sepenuhnya maka lakukan akselerasi secara normal.

Memindahkan Gigi

Ketika RPM mesin sudah mulai berjalan normal maka anda biasanya perlu untuk menaikkan posisi gigi. Caranya adalah anda harus mengangkat kaki dari pedal gas dan menekan kopling. Namun anda harus memperhatikan bahwa disaat anda menekan kopling harus sepenuhnya sebelum menggerakan tuas persneling karena jika tidak maka roda gigi akan bertabrakan. Setelah itu pindahkan tuas persneling ke gigi tinggi berikutnya dan lepaskan kopling secara perlahan. Sebenarnya cara ini sama saja ketika anda akan memulai menjalankan mobil hanya saja disini anda bisa melepas kopling sedikit lebih cepat.

Menurunkan Gigi

Tips Mengemudi Mobil Manual yang terakhir adalah untuk menurunkan gigi. Sebenarnya sama saja seperti ingin menaikkan gigi yaitu anda harus menggunakan kecepatan untuk menentukan kapan harus menurunkan gigi. Anda bisa mulai menurunkan gigi dengan mengangkat kaki dari pedal gas dan menekan kopling.

Disini anda harus mengangkat kaki dari pedal gas sedikit lebih awal dibandingkan dengan menekan pedal kopling. Kemudian tekan kopling sepenuhnya dan pindahkan tuas persneling ke gigi yang lebih kecil dan lepaskan kopling secara perlahan. Tindakan seperti ini akan mulai meningkatkan kecepatan mesin.

Most Popular