31.6 C
Tangerang
Monday, December 5, 2022
Home Travel 6 Gunung Tertinggi Di Indonesia Yang Akan Membuatmu Kagum!

6 Gunung Tertinggi Di Indonesia Yang Akan Membuatmu Kagum!

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang terdapat banyak sekali gunung tertinggi di indonesia dan pegunungan yang terbentuk. Itu sebabnya Indonesia sering dijadikan sebagai tujuan wisata mendaki favorit bagi para wisatawan baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal tersebut disebabkan Indonesia memiliki banyak sekali keindahan alam yang memukau mata. Dilansir dari buku The Amazing of Indonesia : 71 Keajaiban Indonesia (2013) karya Sugeng HR mengatakan bahwa Indonesia memiliki beragam kekayaan alam dan salah satunya adalah gunung.

Tahukah anda kalau beberapa negara yang lain justru tidak memiliki gunung sebanyak yang dimiliki oleh Indonesia. Karena semua gunung di dunia kebanyakan mengelilingi pulau yang ada di Indonesia. Ada dua jalur pegunungan utama yang membuat Indonesia memiliki gunung tertinggi di dunia yaitu jalur Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Jika anda penasaran gunung apa saja yang dinilai sangat tinggi di Indonesia. Berikut ini ada beberapa Gunung Tertinggi yang bisa anda kunjungi.

Beberapa Gunung Tertinggi Di Indonesia Yang Sangat Menantang Adrenalin

Gunung Puncak Jaya

Gunung Puncak Jaya

Gunung Puncak Jaya lebih sering dikenal dengan nama Carstensz Pyramid yang juga merupakan barisan pegunungan Sudirman di Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Gunung tertinggi di Indonesia ini memiliki ketinggian 4.884 mdpl. Gunung ini juga masuk dalam kategori Situs Warisan Dunia dari UNESCO.

Selain itu, Gunung Puncak Jaya ini juga menjadi salah satu Seven Summit di dunia. Pada puncak gunung ini terdapat gletser atau padang salju yang tidak dimiliki oleh gunung lain yang ada di Indonesia. Salju tersebut juga merupakan salju abadi di puncak gunung.

Gunung Puncak Mandala

Gunung Tertinggi Di Indonesia

Gunung tertinggi selanjutnya adalah Gunung Puncak Mandala yang berada di Kabupaten Bintang, Papua. Gunung ini juga merupakan jajaran dari pegunungan Jayawijaya. Gunung ini memiliki nama lain yaitu Juliana Top atau Puncak Juliana yang sangat terkenal pada masa penjajahan Belanda. Gunung ini memiliki ketinggian 4.670 mdpl dan puncak gunung ini juga dulunya ditutupi oleh salju. Namun karena saat ini terjadi pemanasan global maka salju tersebut akhirnya menghilang.

Gunung Puncak Trikora

Gunung Puncak Trikora

Gunung ini juga masih terletak di Papua, lebih tepatnya di Papua Barat. Gunung ini juga memiliki nama lain yaitu Gunung Wilhelmina dan memiliki ketinggian 4.750 mdpl. Gunung Puncak Trikora ini juga memiliki beberapa kawasan hutan seperti Hutan Montane, Hutan Ericaceous dan Hutan Dipterokarp Atas. Jika anda ingin berkunjung dan mendaki ke gunung ini maka anda bisa memulai dari titik awal pendakian yang berada di Kota Dani, Lembah Baliem Wamena.

Gunung Ngga Pilimsit

Gunung Ngga Pilimsit

Gunung Ngga Pilimsit juga memiliki nama lain yaitu Gunung Idenburg yang cukup populer pada zaman kolonial Belanda. Gunung yang satu ini terletak di Provinsi Papua pada pegunungan Maoke. Gunung ini memiliki ketinggian 4.717 mdpl dan puncak gunungnya juga berdekatan dengan puncak gunung Puncak Jaya.

Gunung Kerinci

Gunung Tertinggi Di Indonesia

Gunung Kerinci merupakan salah satu gunung tertinggi yang ada di Pulau Sumatra. Gunung yang berada di Jambi ini juga termasuk ke dalam Taman Nasional Kerinci Seblat. Gunung ini juga masuk ke dalam jajaran dari bukit barisan dan juga termasuk golongan gunung berapi yang aktif.

Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.805 mdpl dan terakhir meletus pada tahun 2009. Jika anda ingin mendaki gunung ini maka anda bisa melalui rute termudah yaitu melalui Desa Kersik Tup yang berada pada ketinggian 1.400 mdpl.

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani

Gunung Tertinggi Di Indonesia yang terakhir adalah Gunung Rinjani yang ada di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani juga merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia dan terakhir meletus pada tahun 2009-2010.

Gunung ini memiliki ketinggian 3.726 mdpl dan gunung ini juga memiliki danau kawan berwarna biru yang sangat mencuri perhatian. Danau tersebut berada pada ketinggian 2.000 mdpl dan bernama Segara Anak. Jika anda ingin mendaki gunung ini maka disarankan melalui jalur Senaru yang memiliki medan lebih mudah.

Most Popular