31.6 C
Tangerang
Wednesday, August 10, 2022
Home Health 6 Kesalahan Mencuci Muka Yang Malah Bikin Jerawatan

6 Kesalahan Mencuci Muka Yang Malah Bikin Jerawatan

Mencuci muka merupakan salah satu ritual paling sederhana yang harus dilakukan setiap hari. Mencuci muka juga merupakan sebuah kegiatan wajib yang dilakukan pada pagi dan sore hari menjelang tidur. Namun sayangnya, masih banyak dari kita yang melakukan Kesalahan Mencuci Muka. Padahal, mencuci muka juga sangat penting untuk tahapan skincare selanjutnya. Jika terlalu sering melakukan kesalahan tersebut akan membuat wajah menjadi jerawatan. Tidak jarang juga banyak orang yang mengalami masalah kecantikan karena kesalahan ini.

Sebagian dari kita mungkin tidak mengetahui bahwa mencuci muka jika dilakukan secara sembarangan malah akan berpotensi merusak kulit atau bahkan membuatnya menjadi jerawatan. Tidak ada satu orangpun yang ingin wajahnya jerawatan bukan? Lalu, apakah cara mencuci muka anda sudah benar? Untuk mengatasinya, anda bisa menyimak ulasan berikut ini yang akan menjelaskan dan memberi tahu apa saja kesalahan dalam mencuci muka yang sebaiknya dihindari.

Beberapa Kesalahan Mencuci Muka Yang Sebaiknya Dihindari

Kesalahan Mencuci Muka

Terlalu Sering Mencuci Muka

Pendapat yang mengatakan bahwa semakin sering mencuci muka akan membuat wajah menjadi lebih adalah salah besar. Karena semakin sering anda mencuci muka malah akan membuat kulit menjadi iritasi dan dapat merangsang produksi minyak berlebih. Batas maksimal mencuci muka adalah 2 kali sehari, yaitu pagi dan malam hari. Jika memang anda hanya beraktivitas di dalam ruangan, tidak memakai makeup dan tidak berkeringat terlalu banyak anda bisa membilas wajah dengan air hangat pada malam hari. Namun, bukan berarti anda tidak mencuci muka pada pagi harinya ya.

Membilas Terburu-buru

Terlalu buru-buru dalam mencuci muka ternyata tidak efektif dalam menyingkirkan kotoran dan minyak. Untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih, anda bisa mencuci muka setidaknya 2 menit setiap kalinya. Selain itu, konsentrasikan pijatan pada daerah sekitar hidung dan dahi yang cenderung berminyak. Jika memang anda menggunakan milk cleanser, maka anda bisa menggunakan cleanser secara perlahan dengan gerakan melingkar ke atas pada seluruh wajah dalam keadaan kering. Lakukan cara ini setidaknya selama 30 detik agar pembersih bisa memecah minyak dan sisa makeup di wajah.

Kebiasaan Menggosok

Kesalahan Mencuci Muka selanjutnya adalah terlalu sering menggosok-gosok wajah. Apapun jenis kulit anda, penting untuk selalu berhati-hati saat menggunakan pembersih, masker atau exfoliant. Sebaiknya jangan menggosok terlalu kencang sehingga kulit menjadi tertarik. Jangan juga menggosokkan wajah dengan handuk saat mengeringkan wajah. Karena kedua hal tersebut bisa mengancam elastisitas kulit wajah. Sebaiknya, biarkan wajah mengering dengan sendirinya atau tepuk-tepuk dengan menggunakan tissue.

Terlalu Sering Exfoliasi

Exfoliasi sendiri sangat diperlukan dan sebaiknya dilakukan secara teratur sekitar 1 sampai 3 kali seminggu. Namun sebaiknya jangan menggosoknya terlalu berlebihan, karena akan menyebabkan kulit menjadi kering, iritasi, peradangan atau terkena infeksi. Sangat disarankan untuk menggunakan jemari anda dalam pengaplikasian krim exfoliator untuk mencegah kulit tertarik dan tergores. Untuk hasil yang maksimal, lakukan pemijatan dengan pola melingkar secara lembut dari leher dan perlahan-lahan bergerak ke atas.

Mencuci Muka Dengan Air Panas

Siapa bilang mencuci muka dengan air panas baik untuk kecantikan? Mencuci muka dengan air panas justru akan membuka pori-pori wajah. Mungkin sebagian dari anda pernah mendengar pendapat seperti itu. Sebenarnya, pori-pori tidak memiliki otot untuk membuka dan menutup dengan sendirinya. Namun, air panas akan membuat kulit wajah menjadi kering dan rentan terjadi iritasi. Oleh sebab itu, sebaiknya segera tinggalkan kebiasaan ini dan ganti air panas dengan air hangat untuk mencuci muka.

Menggunakan Produk Berbahan Kimia Berbahaya

Kesalahan Mencuci Muka yang terakhir adalah dengan menggunakan produk yang mengandung bahan kimia berbahaya. Sebelum membeli produk pembersih muka, sebaiknya pelajari komposisi yang terkandung di dalamnya. Sebaiknya, hindari bahan kosmetik berbahaya, seperti paraben, pengharum dan pewarna. Selain itu, anda juga harus menghindari bahan kimia berbahaya lainnya yang bisa merusak wajah.

Most Popular