31.6 C
Tangerang
Thursday, December 1, 2022
Home Health 6 Manfaat Daun Cengkeh Ternyata Ada Macam-Macam Bisa Saja Kamu Belum Ketahui...

6 Manfaat Daun Cengkeh Ternyata Ada Macam-Macam Bisa Saja Kamu Belum Ketahui Ini!

Cengkeh merupakan tanaman asli Indonesia yang cukup populer, sejak zaman dahulu cengkeh digunakan untuk berbagai macam keperluan. Cengkeh umumnya terkenal untuk penambah rasa dalam minuman ataupun makanan, selain itu manfaat daun cengkeh juga sebagai bahan obat obatan hingga bahan baku rokok kretek dan juga kosmetik.

Bunga cengkeh memang memiliki segudang manfaat, namun tak hanya bunganya saja yang sangat bermanfaat. Daun cengkeh juga memiliki banyak manfaat untuk berbagai hal, daun cengkeh memiliki warna hijau dan berbentuk bulan dengan bagian ujung dan pangkalnya memiliki bentuk runcing. Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di beberapa daerah di Indonesia.

Cengkeh sendiri selain digunakan untuk bahan masakan, ternyata bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Dan daunya pun tidak kalah bermanfaat, namun belum banyak orang yang mengetahui manfaat yang ternyata sangat baik untuk berbagai hal, daun cengkeh biasanya diolah menjadi minyak esensial.

Manfaat Daun Cengkeh Yang Baik Untuk Berbagai Hal

Menjaga Kesehatan Mulut

Manfaat Daun Cengkeh
Manfaat daun cengkeh yang pertama yaitu dapat menjaga kesehatan mulut, cengkeh memang populer sebagai obat untuk meredakan sakit gigi dan segala macam masalah lain pada mulut. Hal ini karena cengkeh memiliki kandungan eugenol yaitu unsur utama pada daun ini yang memiliki antioksidan dan anti peradangan yang signifikan dan bersifat analgesik yang mampu membantu meredakan sakit karena masalah gigi dan mulut. Selain itu cengkeh memiliki aroma dan wangi yang sangat segar, membantu menangkal bau mulut dan juga dapat membunuh bakteri penyebab masalah gigi.

Mencegah Munculnya Jerawat

Jerawat
Manfaat yang satu ini untuk kecantikan, daun cengkeh bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat, karena mengandung bakterisida dan anti peradangan yang dapat membantu melawan bakteri penyebab munculnya jerawat. Tak hanya untuk jerawat, daun cengkeh juga mengandung sifat anti jamur yang sangat berguna untuk mengobati berbagai infeksi jamur, seperti kurap, tinea pedis dan lainnya.

Mengobati Sistem Pencernaan

pencernaan
Daun cengkeh juga dapat digunakan untuk membantu mengobati berbagai masalah yang berkaitan dengan sistem pencernaan, seperti gangguan pencernaan, asam lambung naik, perut kembung, kembung, dan kelebihan gas. Daun cengkeh memiliki kandungan yang bermanfaat dalam sekresi asam klorida yang tepat waktu dan teratur dalam perut, dan juga menginduksi gerakan peristaltik lambung dan usus secara teratur, oleh karena itu makanan menjadi dapat dipecah dengan baik di dalam tubuh sebelum makanan diserap kedalam aliran darah.

Menjaga Kesehatan Pernapasan

Kesehatan Pernapasan

Manfaat Daun cengkeh memiliki kandungan zat ekspektoran dan anti peradangan yang dapat menghasilkan efek melegakan, oleh karena itu dauh cengkeh mampu mengatasi masalah hidung atau saluran pernapasan seperti pilek, flu, batuk, sinusitis, asma, dan masalah pernafasan lainnya. Daun cengkeh ini dapat membantu menenangkan daerah yang terdampak sekaligus juga membasmi infeksi dan bakteri yang menjadi penyebab penyakit pernapasan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat Daun Cengkeh
Minyak daun cengkeh memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga dapat melindungi tubuh dari bakteri dan virus. Sebuah penelitian menunjukan minyak daun cengkeh mampu membantu mencegah kerusakan sel yang berpotensi tumbuh menjadi kanker, tak hanya untuk kekebalan tubuh. Antioksidan yang ada pada daun cengkeh dapat memperlambat penuaan dan degenerasi.

Penghilang Rasa Sakit

Manfaat Daun Cengkeh
Daun cengkeh juga dapat menghilangkan rasa sakit karena memiliki kandungan zat analgesik, daun cengkeh bisa meredakan nyeri otot dan sendi kaku yang diakibatkan karena rematik dan radang sendi. Tak hanya itu minyak daun cengkeh juga dapat meredakan sakit kepala.

Most Popular