31.6 C
Tangerang
Wednesday, December 7, 2022
Home Health 6 Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Mental dan Fisik

6 Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak digandrungi sekarang ini. Manfaat Yoga juga bisa dibilang sangat banyak, salah satunya adalah mengatasi sakit punggung, masalah tidur dan masih banyak lagi. Yoga sendiri berasal dari Bahasa Sansekerta yaitu Yuji yang berarti persatuan praktik kuno yang dilakukan untuk mempersatukan pikiran dan tubuh. Oleh sebab itu, olahraga yang satu ini sangat pas untuk anda yang ingin menenangkan pikiran.

Yoga merupakan jenis olahraga yang menggabungkan antara latihan pernapasan, meditasi dan pose yang memang sudah dirancang khusus untuk membantu badan anda menjadi lebih rileks. Selain itu, yoga juga terkenal mampu mengatasi rasa stres loh. Dari banyaknya manfaat dari yoga, tentu akan membuat anda lebih tertarik melakukan olahraga ini. Untuk lebih jelasnya, Yuk intip ulasannya dibawah ini.

Berbagai Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Yoga

Melatih Pernapasan

Salah satu jenis yoga yang lebih fokus pada anggota tubuh bagian atas dan dada adalah Pranayama. Dengan melakukan yoga Pranayama maka bisa membantu anda untuk mengatasi masalah pernapasan. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa yoga bermanfaat melatih pernapasan karena meningkatkan kerja paru-paru dalam menyerap oksigen. Selain itu, yoga juga bermanfaat untuk membantu anda membangun daya tahan tubuh, menjaga paru-paru dan jantung. Yoga juga berguna untuk mengatasi asma, meskipun masih belum terbukti secara klinis.

Mengatasi Depresi

Yoga sangat dikenal mampu membantu tubuh menjadi lebih rileks. Hal tersebut dapat memberikan manfaat untuk mengurangi stres pada pikiran anda karena gabungan dari gerakan dan latihan pernapasan yang akan mengurangi hormon kortisol atau hormon utama penyebab stres. Selain itu, yoga juga bermanfaat untuk membantu anda dalam mengurangi kecemasan. Yoga juga lebih menekankan dan terfokus pada kesadaran penuh dalam mencari ketenangan sehingga bisa membantu mengatasi kecemasan.

Meredakan Migrain

Manfaat Yoga selanjutnya adalah mampu meredakan migrain. Apabila anda sering mengalami migrain pada saat kelelahan maka anda bisa melakukan yoga untuk membantu anda mengurangi migrain. Untuk gejala migrain sendiri biasanya akan diatasi dengan berbagai obat-obatan pereda nyeri, meskipun hanya bersifat sementara. Namun, jika anda melakukan pose Marjaryasana atau pose kucing akan menstimulasi saraf vagus yang berperan untuk meredakan intensitas dan frekuensi migrain secara bertahap. Dengan begitu, tubuh anda juga akan lebih rileks dan tenang.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Memiliki kualitas tidur yang buruk akan membuat anda menjadi lebih mudah mengalami tekanan darah tinggi, obesitas, depresi dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Untuk mengatasi masalah tidur, anda bisa melakukan yoga yang memiliki manfaat untuk membantu anda dalam meningkatkan kualitas tidur. Ketika yoga, tubuh anda akan memproduksi hormon melatonin yang akan mengatur kapan anda tertidur dan terbangun. Selain itu, yoga juga akan membuat anda lebih rileks dan mengurangi kecemasan sehingga sangat cocok untuk anda yang sering insomnia.

Meningkatkan Kesimbangan

Jika anda merupakan orang yang ceroboh, seperti sering terjatuh atau terpeleset maka anda bisa meningkatkan kesimbangan tubuh dengan cara melakukan olahraga yoga. Dengan beryoga, anda bisa lebih mengenal tubuh anda sendiri dan menyambungkannya dengan titik keseimbangan anda. Itu kenapa yoga dipercaya bisa meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas tubuh anda. Selain itu, yoga juga akan membuat anda lebih bisa dalam mengembangkan kemampuan anda dengan sering melakukan latihan.

Meningkatkan Stamina

Manfaat Yoga yang terakhir adalah mampu meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh. Yoga akan membuat anda menjadi lebih kuat dan memiliki stamina yang bagus. Yoga tidak hanya bermanfaat untuk relaksasi saja tetapi juga sangat bermanfaat untuk melatih kekuatan dan pembentukan otot seperti Ashtanga atau Vinyasa yoga. Kedua jenis yoga tersebut sangat cocok untuk pola gerakan dengan pengaturan pernapasan dan sangat cocok untuk anda yang suka dengan tantangan.

Most Popular