31.6 C
Tangerang
Friday, August 12, 2022
Home Foodie 7 Kuliner Khas Sunda Yang Rasanya Paling Juara, Mana Favorit Kamu?

7 Kuliner Khas Sunda Yang Rasanya Paling Juara, Mana Favorit Kamu?

Berbicara tentang Jawa Barat memang tidak ada habisnya karena memiliki banyak hal unik dan salah satunya kuliner khas Sunda yang memiliki rasa lezat. Jawa Barat memiliki ciri khasnya sendiri, beberapa daerah di Jawa Barat juga menjadi salah satu tempat paling sering dikunjungi banyak orang karena menyajikan tempat tempat yang seru dan asik untuk berlibur. Saat kamu berlibur tentunya tidak lupa dengan kuliner dari daerah tersebut, kalau berbicara kuliner Indonesia memang tidak ada habisnya, ada ratusan jenis kuliner yang mungkin kamu belum pernah mencobanya semua.

Berhubung makanan Jawa Barat mudah ditemukan, kamu wajib mencicipi berbagai macam olahan khas Jawa Barat yang memiliki cita rasa tinggi. Kebanyakan orang saat mendengar kuliner Jawa Barat pastinya teringat dengan peuyeum yang memang sudah cukup populer dan dikenal sebagai oleh oleh khas Jawa Barat. Padahal tidak hanya itu makanan Jawa Barat yang memiliki rasa lezat, berikut ini makanan Jawa Barat yang wajib kamu cicipi kalau belum pernah mencicipinya.

Kuliner Khas Sunda Yang Wajib Di Cicipi

1. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom

Makanan khas dari Jawa Barat yang satu ini merupakan makanan dari Tasikmalaya yang terbuat dari nasi yang ditumbuk dengan campuran oncom goreng dan oncom bakar. Biasanya nasi tutug oncom ini disajikan bersama dengan lauk pelengkap seperti tahu, ayam goreng, tempe, lalapan sayur, dan sambal terasi, kalau ke Tasikmalaya kamu wajib cicipi olahan yang satu ini.

2. Nasi Liwet

Nasi Liwet

Kuliner khas Sunda yang satu ini menjadi salah satu kuliner yang paling banyak diminati oleh banyak orang. Biasanya nasi liwet dimasak untuk merayakan suatu acara atau saat sedang ada cara kumpul kumpul bersama keluarga maupun teman teman, nasi liwet ini paling enak disajikan bersama dengan lauk seperti ikan teri, sayur lalapan, tahu, tempe dan ayam goreng. Dan keistimewaan dari nasi liwet ini adalah cara membuatnya yang dicampurkan dengan santan sehingga menghasilkan cita rasa nasi yang gurih.

3. Ayam Bakakak

Kuliner khas Sunda

Ayam bakakak merupakan olahan yang terbuat dari ayam yang sudah di ungkep terlebih dahulu bersama dengan bumbu khas Sunda kemudian ayam ini dipanggang. Perpaduan rasa pedas gurih dari bumbu ayam ini membuat penikmatnya ketagihan terus dengan olahan ayam ini, agar semakin lengkap jangan lupa sajikan dengan menu sambal beserta lalapan dan nasi hangat.

4. Mie Kocok

Kuliner khas Sunda

Kuliner khas Sunda yang satu ini wajib kamu coba saat berkunjung ke Bandung, mie kocok terdiri dari mie kuning, kikil, bakso , dan kuah kaldu sapi yang rasanya sangat nikmat. Mie ini biasanya paling banyak dicari saat musim dingin, perpaduan kuah kaldu yang lezat sangat cocok dikonsumsi saat musim dingin seperti ini.

5. Batagor

Batagor

Makanan yang satu ini cukup mudah ditemukan di berbagai tempat, biasanya batagor dijadikan cemilan favorit banyak orang. Menu ini merupakan adonan yang terbuat dari ikan tenggiri giling dan tepung sagu dan campuran telur yang dibalut dengan kulit pangsit lalu digoreng, batagor juga disajikan dengan siraman sambal kacang, kecap dan perasan jeruk nipis sehingga menciptakan rasa yang sangat lezat.

6. Empal Gentong

Empal Gentong

Kuliner khas Sunda ini wajib kamu cicipi saat berkunjung ke Cirebon, makanan khas Cirebon ini memiliki cita rasa yang unik dan lezat. Bahan dasar pembuatan empal gentong sendiri dari daging, usus dan babat sapi dan yang membuatnya lezat karena dimasak dengan menggunakan kayu bakar serta gentong, maka dari itu ini asal usul pemberian nama empal gentong, kuliner khas Cirebon ini biasanya disajikan dengan lontong, daun bawang kucai, dan kuah santan yang berpadu dengan bumbu.

7. Soto Mie

Kuliner khas Sunda

Kuliner yang satu ini sangat populer di Bogor, kalau kamu berkunjung ke Bogor jangan lupa untuk mencicipi olahan yang satu ini. Makanan asli Bogor ini berisikan mie, sayuran, bihun, tomat, kol, kentang, risol, daging, kikil dengan kuah kaldu yang lezat, makanan ini juga paling laris dicari kalau musim dingin tiba. Dimakan selagi hangat dengan nasi hangat semakin membuat rasanya nikmat, jangan lupa cobain!

 

Most Popular