31.6 C
Tangerang
Thursday, December 8, 2022
Home Foodie 7 Makanan Manis Khas India Paling Populer Yang Akan Bikin Ketagihan

7 Makanan Manis Khas India Paling Populer Yang Akan Bikin Ketagihan

Makanan manis khas India memiliki cita rasa yang lezat dan bikin penikmatnya ketagihan saat mencobanya. Setiap negara memiliki makanan khasnya masing masing dengan cita rasa yang berbeda beda, seperti misalnya di Indonesia juga memiliki makanan khas mulai dari asin, manis, pedas asam, saat mengunjungi suatu negara yang paling diingat pastinya rasa dari makanan negara tersebut. Buat pecinta kuliner dan pecinta travelling saat berkunjung ke negara lain pastinya tidak lupa untuk mencicipi makanan dari negara yang dikunjungi.

Salah satu negara yang memiliki kuliner menarik dan bercita rasa tinggi yaitu India, negara yang terkenal dengan makanan serba kari ini memang memiliki kuliner yang mampu menggoyang lidah kamu. Tak hanya makanan gurihnya yang sangat populer, namun juga ada makanan manis yang populer dan bikin ketagihan, di India ada beberapa makanan manis yang biasanya disajikan pada perayaan terbesar yaitu Diwali atau Deepavali. Perayaan ini digelar selama lima hari berturut turut, selain acara keagamaan dan budaya, tentunya ada makanan yang tak bisa lepas dari perayaan ini atau bisa dibilang makanan wajib.

Makanan Manis Khas India Paling Populer Saat Perayaan Diwali

1. Gulab Jamun

Gulab Jamun
Makanan yang bernama Gulab Jamun ini paling disukai masyarakat di India dan paling disukai anak anak karena aroma susunya yang sangat wangi dan rasa manisnya yang membuat anak anak senang makan olahan ini. Makanan manis ini terbuat dari adonan yang berbahan dasar susu yang digoreng kemudian disiram dengan sirup dari campuran gula, jahe dan air mawar, penasaran dengan rasa yang satu ini? Jangan lupa cicipi jika kamu berkunjung ke India.

2. Chakali

Chakali
Makanan manis khas India yang satu ini juga sangat populer dan memiliki rasa yang sangat lezat, makanan ini mirip dengan jajanan khas Betawi yaitu akar kelapa, hanya saja memiliki bentuk yang melingkar. Makanan ini wajib hadir dalam acara besar Diwali atau perayaan besar lainnya, rasanya gurih, pedas, manis dan ada aroma rempah seperti jintan kapulaga dan biji ajwain.

3. Shakkar Paare Dan Namak Paare

Shakkar Paare Dan Namak Paare
Kedua hidangan ini sebenarnya mirip namun hanya saja Shakkarpake merupakan versi manis dari namak pare. Cemilan ini terbuat dari bahan campuran tepung gandum, semolina, maida, baking powder, baking soda, dan ghee atau mentega, biasanya makanan ini disajikan dengan taburan gula halus atau sirup gula yang manis, makanan ini juga sangat disenangi anak anak.

4. Jalebi

makanan manis khas India
Makanan manis khas India yang satu in mirip dengan gulali yang ada di Indonesia, penampilannya seperti makanan gurih, tapi ternyata makanan ini memiliki rasa manis dan asam. Jalebi sendiri merupakan fermentasi yang terbuat dari yogurt dan ragi kemudian dilapisi dengan sirup, biasanya makanan manis ini disajikan dengan cara digoreng dan disantap selagi hangat. Tidak Cuma disajikan saat Diwali saja, jalebi juga menjadi makanan favorit masyarakat Timur Tengah untuk berbuka puasa saat bulan Ramadhan. Penasaran dengan rasanya? Kamu bisa mencicipi ini saat berkunjung ke India.

5. Puran Poli

makanan manis khas India
Makanan manis yang satu ini mirip dengan roti canai namun berbeda dengan roti canai. Makanan ini cenderung terasa lebih manis sedangkan roti canai memberikan rasa gurih, selain dapat dimakan secara langsung biasanya makanan ini disajikan dengan kari pedas yang bernama amti.

6. Malai Chum Chum

Malai Chum Chum
Makanan manis khas India yang satu ini juga disebut dengan cham cham atau chom chom, kue ini terbuat dari homemade cheese. Makanan manis ini asli Bengali dan memiliki berbagai versi, termasuk malai chum chum yang berisikan krim, pecinta keju wajib mencicipi olahan yang satu ini.

7. Teepi Gavvalu

makanan manis khas India
Makanan yang satu ini berarti cangkang manis, karena bentuknya mirip seperti cangkang kerang. Cemilan ini terbuat dari olahan tepung terigu, mentega, dan sedikit air, teepi gavvalu biasanya dicelupkan ke dalam sirup gula atau dicampur dengan bubuk jiggery sebelum disantap.

Most Popular