31.6 C
Tangerang
Saturday, July 2, 2022
Home Lifestyle 7 Tips Mudah Untuk Ibu Tetap Puasa Saat Sedang Menyusui

7 Tips Mudah Untuk Ibu Tetap Puasa Saat Sedang Menyusui

inajournal.com – Dalam bulan Ramadhan ini, tentu saja semua umat muslim selalu berkeinginan melaksanakan ibadah puasa tanpa terkecuali perempuan atau ibu yang sedang menyusui bayinya. Memangnya boleh puasa saat sedang menyusui? Tentu saja boleh, pasalnya kebanyakan perempuan memiliki pola makan dan jenis konsumsi makanan yang tidak tepat sehingga membuat mereka dehidrasi bahkan air susunya tidak keluar dan harus membatalkan puasa. 

Memang menyusui bukanlah hal yang mudah dan seharusnya ibu harus mengkonsumsi makanan yang seimbang dengan gizi supaya Asi yang dikeluarkan akan berkualitas dan bagus untuk si Buah hati. Meskipun dalam ajaran agama islam orang yang sedang hamil serta menyusui boleh untuk tidak berpuasa dan sebagai gantinya bisa membayar fidyah namun bagi ibu yang menyusui terasa mampu untuk berpuasa makan tidak ada larangan untuk tetap berpuasa. Tetapi bukan sebagai alasan untuk tidak berpuasa lantaran sedang menyusui. Agar puasanya tetap lancar dan ASI juga tetap lancar saat menyusui sang buah hati. 

Tips Puasa Saat Sedang Menyusui Yang Mudah Diikuti

Puasa Saat Sedang Menyusui

  1. Terhidrasi Dengan Baik
    Daripada sahur atau berbuka minum sirup alangkah baiknya puasa saat sedang menyusui saat waktu buka tiba meminum teh manis. Selepas berbuka puasa sampai sahur tiba teh manis bisa menggantikan asupan air putih minimal 2 liter. Jika ingin minuman manis ganti dengan jus buah dan tambahan madu, Lebih sehat dan bergizi ketimbang es sirup yang menggunakan pemanis buatan. Jika teh manis gunakan gula yang tidak terlalu banyak tetapi bisa memberikan energi setelah seharian berpuasa.
  2. Pilih Makanan dengan Gizi Seimbang
    Cermati makanan yang akan dikonsumsi oleh ibu saat menyusui saat sahur dan maupun berbuka puasa. Pilih sayuran dengan daun yang berwarna hijau gelap seperti bayam, sawi, brokoli dan pakcoy. Semua sayuran hijau itu akan memberikan banyak sekali nutrisi dan kaya akan antioksidan serta vitamin yang bisa mencukupi kebutuhan ibu dan bayi yang disusui. Tambahkan konsumsi buah yang kaya vitamin C seperti apel dan jeruk. Jangan lupakan dengan kacang-kacangan seperti almond atau kedelai untuk menambah produksi Asi.
  3. Tetap Pumping Seperti Biasa
    Menjalankan puasa bukan berarti bayi yang sedang ibu susui juga ikut berpuasa, Tetapi berikan ASI dan lakukan prumpung seperti biasanya untuk menjaga jumlah Asi yang di Produksi tetap terjaga dan bagus. Berikan Asi saat bayi kamu sudah mulai merasakan lapar. Jangan sampai Asi yang seharusnya kamu berikan tidak sesuai dengan takaran biasanya. Hal ini bisa saja dialami lantaran karena ibu yang berpuasa sedang alami dehidrasi.
  4. Tidak Perlu Memaksakan Diri
    Jika dirasa tubuh sudah tidak kita dan lemas, alangkah baiknya tidak dipaksakan untuk berpuasa. Kamu bisa membayar fidyah saja ketimbang harus mempertaruhkan kesehatan dan kualitas asi yang akan diberikan kepada Bayi. Berikanlah Asi dengan kualitas terbaik untuk buah hati jika kualitasnya bisa terjaga saat kamu harus tidak berpuasa kenapa tidak?
  5. Perbanyak Konsumsi Cairan Saat Sahur Dan Berbuka
    Puasa Sering sekali mengalami tubuh kekurangan cairan dan ini yang sangat bahaya dialami oleh ibu yang sedang menyusui . Pola minum yang benar dengan dua lite sebab saat di jam berbuka dan sahur harus tetap dijaga. Kemudian barengi juga dengan mengkonsumsi vitamin penambah stamina  dengan begitu kamu bakal terhindari dari penyakit dan gejala anemia.
  6. Istirahat Yang Cukup
    Puasa untuk ibu yang sedang menyusui memang terasa berat,karena tubuh akan lebih sering lemas dan setelah memberikan ASI. Jadi, istirahatlah yang cukup supaya kondisi tetap fit dan puluh dalam memproduksi ASI yang tetap lacar. Tidak heran kalau istirahatnya cukup maka kualitas Asi pun akan bagus.
  7. Pompa Untuk Stock Semaksimal Mungkin
    Produksi Asi dengan cara memompa ini merupakan jalan ninja ibu yang unik dan efektif dikala sedang puasa saat sedang menyusui. Kamu tetap bisa memompa dengan catatan konsumsi makanan yang sehat dan bisa menjaga keutuhan kualitas ASI yang akan diberikan kepada Bayi. Kamu tidak akan kelabakan dan takut tidak akan keluar ASI lagi ketika sedang puasa. Karena ada stok ASI di freezer yang bisa kamu berikan usai mompa semalaman. 

Most Popular