31.6 C
Tangerang
Sunday, August 14, 2022
Home Beauty 8 Cara Atasi Rambut Berminyak Paling Ampuh, Bye Bye Rambut Lepek!

8 Cara Atasi Rambut Berminyak Paling Ampuh, Bye Bye Rambut Lepek!

Cara atasi rambut berminyak sebenarnya cukup mudah, bagi kamu yang memiliki tipe rambut yang mudah berminyak perlu melakukan perawatan ekstra agar rambut tetap terjaga dan jauh dari minyak. Rambut yang berminyak membuat tampilan rambut kamu menjadi lepek dan bau, hal ini tentunya sangat mengganggu penampilan bagi sebagian orang, apalagi rambut yang berminyak terlihat kotor dan tidak enak dipandang. Sebelum mengatasinya kamu perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab dari rambut berminyak, apa yang kamu makan akan mempengaruhi pada tubuh kamu, mulai dari ujung kepala hingga kaki.

Semakin sering kamu makan makanan yang berminyak akan memicu minyak semakin banyak keluar, sebenarnya keberadaan minyak atau sebum di kulit kepala menandakan rambut yang sehat. Namun minyak dapat menghidrasi kulit kepala dan memproteksi rambut kamu, namun jika produksi minyak berlebihan kondisi ini dapat menyebabkan rambut menjadi berminyak. Tapi jangan khawatir ada banyak cara untuk mengatasi rambut berminyak.

8 Cara Atasi Rambut Berminyak Yang Paling Manjur

Cara atasi rambut berminyak

Gunakan Lidah Buaya

Seperti yang sudah banyak diketahui, lidah buaya memang memiliki segudang manfaat untuk rambut, tumbuhan dengan pinggiran batang yang berduri ini memiliki banyak manfaat selain untuk rambut, bahkan lidah buaya sangat direkomendasikan untuk masalah kecantikan. Manfaatnya untuk rambut yaitu dapat mengatasi minyak berlebih pada rambut kamu dan juga membersihkan kulit kepala, selain itu juga membuat rambut kamu akan semakin tebal.

Keramas Secara Teratur

Cara atasi rambut berminyak yang selanjutnya dengan keramas secara teratur. Rambut yang berminyak terjadi karena kulit kepala yang jarang dibersihkan, hal ini menyebabkan penumpukan minyak pada rambut. Jika minyak dikepala kamu sangat berlebihan, kamu bisa menggunakan shampo sehari 2 kali.

Hindari Penggunaan Shampo Berlebihan

Dengan menggunakan shampo yang berlebihan memang dipercaya bisa mengatasi rambut berminyak, tapi saat kamu berlebihan menggunakan shampo, justru minyak yang ada di rambut kamu akan bertambah. Jika terlalu sering menggunakan sampo ternyata akan menghilangkan minyak alami yang ada pada kulit kepala kamu. Kondisi seperti ini dianggap sebagai sinyal untuk rambut agar memproduksi minyak berlebih.

Perlakukan Rambut Dengan Lembut

Cara atasi rambut berminyak yang selanjutnya yaitu kamu harus memperlakukan rambut dengan baik, jika kasar memperlakukan rambut ternyata dapat membuat rambut kamu semakin berminyak. Misalnya, saat kamu sedang menyisir, menguncir, atau membersihkan rambut, jangan terlalu kasar pada rambut, karena hal ini dipercaya dapat mengiritasi kulit kepala sehingga kelenjar minyak di sana akan memproduksi minyak lebih banyak lagi.

Bilas Rambut Hingga Bersih

Buat kamu yang sering terburu buru sampai gak akhirnya gak sempet bilas rambut secara bersih, hati hati hal ini bisa menyebabkan rambut kamu berminyak. Sisa sampo yang tidak terbilas dapat menyebabkan rambut kamu menjadi berminyak, sebaiknya bilas rambut hingga benar benar bersih, selama 1-2 menit bilas rambut dengan air untuk menghindari busa yang masih menempel pada kulit kepala kamu.

Gunakan Sampo Yang Mengandung Tea Tree Oil

Cara atasi rambut berminyak bisa dengan menggunakan sampo yang berbahan tea tree oil. Tea tree oil sendiri adalah minyak atsiri yang memiliki banyak kegunaan, salah satunya untuk mengatasi rambut berminyak, kamu bisa mencoba mencari shampo yang mengandung tea tree oil. Dalam sebuah penelitian tea tree oil ini memiliki kandungan komponen antibakteri yang bisa menyehatkan kulit kepala dan rambut kamu.

Mandi Setelah Berolahraga

Mandi setelah kamu berolahraga juga bisa mengatasi rambut berminyak, saat tubuh berkeringat tentunya kulit kepala kamu ikut berkeringat dan hal ini menyebabkan minyak. Maka dari itu sebaiknya kamu jangan lupa membilas rambut dengan sampo hingga bersih setelah kamu berolahraga.

Hindari Produk Yang Mengandung Silikon

Ada berbagai produk kecantikan, seperti sampo, conditioner, sampai produk penata rambut, yang didalamnya mengandung silikon untuk membuat rambut terasa lebih halus dan berkilau. Namun ternyata kandungan tersebut juga bisa memicu rambut memproduksi minyak berlebih, oleh karena itu, sebaiknya cobalah untuk menghindari produk kecantikan yang mengandung silikon dan pilih shampo dengan bahan bahan yang diklaim baik untuk hilangkan minyak.

Most Popular