31.6 C
Tangerang
Thursday, December 1, 2022
Home Foodie 8 Makanan Khas Indonesia Yang Disiram Dengan Bumbu Kacang, Favorit Sejuta Umat

8 Makanan Khas Indonesia Yang Disiram Dengan Bumbu Kacang, Favorit Sejuta Umat

Makanan khas Indonesia sangat beragam dengan cita rasa tinggi dan tentunya menggunakan bahan bahan yang berkualitas serta kaya akan bumbu rempah rempah. Indonesia memang dikenal dengan keanekaragamannya, mulai dari budaya, kuliner, bahasa dan masih banyak lagi. Salah satu yang paling diingat saat berkunjung ke suatu Negara pastinya kuliner, setiap Negara pastinya memiliki kuliner khasnya masing masing dengan cita rasa yang berbeda beda. Termasuk di Indonesia sendiri yang memiliki banyak kuliner lezat, bahkan beberapa kuliner masuk ke dalam makanan terenak di dunia.

Tak heran banyak wisatawan mancanegara yang jauh jauh datang ke Indonesia demi mencicipi berbagai macam kuliner lezat di Indonesia. Tidak hanya rending, sate dan nasi goreng saja yang menjadi makanan favorit para wisatawan mancanegara, Indonesia memiliki warisan kuliner lezat yang mengesankan, bahkan beberapa diantaranya memiliki kemiripan satu sama lain. Salah satu makanan yang paling banyak digemari yaitu makanan yang disiram dengan bumbu kacang, perpaduan rasa kacang yang gurih bercampur dengan makanan yang juga gurih.

8 Makanan Khas Indonesia Yang Disiram Dengan Bumbu Kacang

1. Ketoprak

Makanan khas Indonesia
Makanan khas Jakarta ini menjadi salah satu makanan favorit banyak orang di Indonesia, perpaduan lontong, bihun, taoge, timun, tahu, telur lalu di siram dengan bumbu kacang membuat rasanya semakin nikmat. Biasanya dimakan bersama kerupuk atau emping sebagai pelengkap dan membuat rasanya semakin enak.

2. Pecel

Pecel
Makanan khas Indonesia yang satu ini juga bisa kamu temui dimanapun dan bisa membuatnya sendiri dirumah. Pecel terbuat dari campuran sayur sayuran yang direbus, dan tambahan tahu, tempe goreng, sayuran yang digunakan biasanya bayam, kacang panjang, taoge, singkong, kangkung, kol, timun, lalu di siram dengan kuah bumbu kacang yang pedas, gurih, manis. Pecel juga termasuk makanan sehat karena terdiri dari sayur sayuran yang direbus.

3. Sate

Makanan khas Indonesia

Makanan yang satu ini juga merupakan makanan favorit banyak wisatawan mancanegara, siapa yang tidak tahu olahan daging yang satu ini. Ada beberapa jenis sate, namun yang paling populer sate yang disiram dengan bumbu kacang, untuk membuat sate bisa menggunakan daging ayam ataupun daging kambing. Cara membuat sate cukup mudah dan kunci utama agar sate semakin enak yaitu di bumbu kacangnya.

4. Siomay

Siomay
Makanan khas Indonesia yang satu ini sepertinya sudah sangat banyak ditemui di setiap sudut jalan. Warga Indonesia mana yang tidak tahu siomay, jajanan ini bersisi olahan daging ikan, ada juga kentang rebus, telur rebus, kol, tahu, pare. Siomay disajikan dengan menggunakan siraman bumbu kacang dan perasan jeruk nipis, kuliner asal Bandung ini sangat cocok di konsumsi di segala suasana.

5. Batagor

Makanan khas Indonesia
Makanan yang satu ini bisa dibilang masih saudara dengan siomay, yang membedakannya kalau batagor di goreng. Batagor merupakan pangsit goreng yang berisi olahan adonan ikan yang dicampur dengan tepung dan ada juga tahu dengan isian adonan ikan yang sama, lalu di goreng dan setelah itu disiram dengan bumbu kacang.

6. Gado Gado

Makanan khas Indonesia
Makanan khas Indonesia yang satu ini hampir sama seperti pecel, namun yang membedakannya beberapa isian untuk membuat gado gado. Ada berbagai macam sayuran seperti kangkung, labu, kacang panjang, taoge, jagung, kentang, telur rebus, tahu, tempe dan beberapa sayuran sesuai selera kamu. Kemudian disiram dengan saus kacang serta kerupuk sebagai pelengkap.

7. Karedok

Makanan khas Indonesia
Untuk isian makanan yang satu ini juga hampir sama dengan pecel, yaitu taoge, timun, kacang panjang, kubis dan daun kemangi. Namun yang membedakannya yaitu sayuran untuk membuat karedok tidak dimasak terlebih dahulu dan hanya dimakan mentah mentah bersama bumbu kacang.

8. Tahu Gimbal

Tahu Gimbal
Makanan khas Indonesia asal Semarang ini juga sangat populer dan nikmat, tahu gimbal berisi udang goreng tepung, lontong dan tahu. Dan untuk kuahnya sangat spesial karena ditambah dengan petis udang, sehingga aromanya sangat nikmat dan menggugah selera.

Most Popular