31.6 C
Tangerang
Monday, December 5, 2022
Home Foodie 8 Minuman Khas Betawi Paling Seger, Favorit Kamu Yang Mana?

8 Minuman Khas Betawi Paling Seger, Favorit Kamu Yang Mana?

Minuman khas Betawi memang paling banyak disukai, Betawi merupakan salah satu suku di Jakarta. Jakarta identik dengan gedung gedung besar yang menjulang tinggi, ibu kota Indonesia ini meskipun dikenal sebagai kota besar ternyata memiliki banyak hal unik dan menarik yang bisa kamu temui. Seperti salah satunya kuliner khas Betawi yang bercita rasa tinggi dan dapat menggoyang lidah bagi penikmatnya, salah satu makanan Betawi yang sangat lezat dan menggoyang lidah yaitu soto Betawi, soto yang satu ini memiliki rasa yang lezat dengan tambahan daging sapi.

Tak hanya Betawi yang memiliki makanan khasnya, setiap daerah di Indonesia memang memiliki makanan khasnya masing masing. Pasangan makanan yaitu minuman, setelah makan pastinya kita membutuhkan minuman, Betawi tidak hanya menyajikan berbagai macam makanan lezatnya namun juga minuman khasnya yang sehat dan lezat, penasaran apa saja minuman dari Betawi yang lezat dan segar.

Minuman Khas Betawi Yang Segar Dan Disukai Banyak Orang

1. Es Selendang Mayang

Minuman khas Betawi
Minuman yang berasal dari Betawi ini menjadi salah satu favorit banyak orang, kamu pastinya sering melihat orang yang berjualan es ini di pinggir jalan bukan? Es selendang mayang cukup unik karena terbuat dari adonan tepung beras dengan lapisan warna merah, hijau dan putih. Lalu penyajianya dengan ditambahkan santan, es batu, gula merah atau sirup cocopandan, rasanya sangat lezat dengan tambahan tekstur kenyal dari selendang mayangnya, apalagi kalau diminum saat siang hari akan terasa semakin segar.

2. Es Goyang

Es Goyang
Minuman khas Betawi yang satu ini pastinya sudah banyak yang tahu, masih ingat masa SD kamu sering jajan es goyang ini? Es ini termasuk salah satu es legendaris yang sudah ada sejak zaman dahulu, es potong terbuat dari campuran santan dan tepung beras, dan yang membuatnya unik sebelum disajikan gerobak es goyang biasa nya digoyang goyangkan terlebih dahulu agar es membeku dengan merata. Ada banyak varian rasa dan biasanya di siram dengan susu coklat.

3. Bir Pletok

Bir Pletok
Mendengar namanya kamu pasti berpikir kalau minuman ini terbuat dari campuran alkohol, minuman ini ternyata tidak mengandung alkohol justru sangat menyehatkan. Bir pletok terbuat dari campuran jahe, serai, dan daun pandan, biasanya diberi kayu secang agar warnanya menjadi kemerahan, rasa minuman ini sangat lezat dan cocok diminum saat musim dingin karena bisa menghangatkan tubuh.

4. Kopi Jahe

Minuman khas Betawi
Minuman khas Betawi yang satu ini juga sangat sering disajikan untuk tamu yang berkunjung di sore hari, minuman ini terbuat dari campuran kopi dan rempah rempah. Perpaduan kopi dan rempah rempah menciptakan rasa yang lezat dan segar serta bisa menghangatkan tubuh.

5. Es Campur

Es Campur
Meskipun ada banyak es campur, namun berbeda dengan es campur yang ada di Betawi. Es campur khas Betawi memiliki ciri khas tersendiri, karena ada tambahan bubur sumsum dan rasanya tidak kalah segar dan nikmat dari es campur yang lainnya. Cocok nih untuk temani kamu di siang hari yang panas.

6. Aer Manis

Aer Manis
Minuman khas Betawi yang satu ini bukan berarti hanya campuran air dan gula. Aer maning ini dipercaya bisa menyehatkan tubuh karena terbuat dari campuran batang serai daun jeruk dan ditambahkan gula batu untuk menambah rasa manis, minuman ini sangat cocok dinikmati saat musim dingin.

7. Es Cincau

Minuman khas Betawi

Kalau yang satu ini sepertinya semua orang sudah pernah mencobanya, siapa yang bisa menolak kesegaran dari es cincau? Salah satu minuman yang berasal dari Betawi ini sangat mudah ditemui, es ini terbuat dari santan , gula, garam dan cincau yang segar. Cincau sendiri terbuat dari daun cincau yang digiling lalu diambil sari sarinya, meskipun sangat sederhana, ternyata cincau memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

8. Tuak

Minuman khas Betawi
Sudah pernah coba minuman yang satu ini? Tuak dikenal sebagai minuman tradisional Betawi yang kini mulai langka, karena sudah sangat jarang orang yang menjualnya, padahal minuman ini sangat nikmat dan segar. Tuak terbuat dari campuran nira pohon aren, kemudian dijual dalam bentuk kemasan bamboo betung, penasaran sama rasanya? Sayangnya sulit menemukan penjual tuak saat ini.

Most Popular