31.6 C
Tangerang
Thursday, August 18, 2022
Home Health 9 Manfaat Minyak Sereh Untuk Kesehatan Yang Perlu Diketahui

9 Manfaat Minyak Sereh Untuk Kesehatan Yang Perlu Diketahui

inajournal.com – Sereh salah satu tanaman yang sering digunakan untuk bahan masakan ataupun obat. Selain dapat digunakan secara langsung, sereh juga bisa diolah menjadi minyak sereh. Minyak sereh memiliki aroma yang menyegarkan, namun juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, para ahli medis pun sudah menggunakannya untuk mengobati masalah pencernaan dan meredakan tekanan darah tinggi.

Para ahli medis juga sudah menyelidiki lebih lanjut manfaat minyak sereh ini, ternyata memiliki manfaat yang sangat beragam. Di berbagai dunia juga minyak sereh digunakan untuk mengobati stres, gangguan kecemasan dan depresi, berikut ini manfaat minyak sereh untuk kesehatan.

Beragam Manfaat Minyak Sereh Untuk Kesehatan Tubuh

Minyak sereh memiliki banyak manfaat, tak hanya membuat makanan menjadi sedap. Minyak sereh juga memiliki aroma yang menyegarkan, cara pembuatan minyak sereh sendiri di ekstrak dari tumbuhan sereh. Manfaat sereh untuk kesehatan antara lain:

  1. Mampu Melawan Bakteri
    Minyak sereh dipercaya mampu mengobati luka dan mencegah infeksi, sebuah penelitian membuktikan minyak sereh sangat ampuh untuk melawan bakteri yang kebal terhadap obat, termasuk infeksi kulit, radang paru paru atau pneumonia, infeksi darah, infeksi usus. Penelitian lainnya menunjukan minyak sereh bisa membunuh bakteri Acinetobacter baumannii, yang seringkali menjadi penyebab pneumonia dan infeksi darah.
  2. Mampu Membunuh Jamur
    Manfaat minyak sereh yang selanjutnya yaitu ampuh dalam membunuh jamur yang dapat menjadi penyebab athlete’s foot, kurap, dan juga infeksi jamur di selangkangan. Sebuah penelitian mengatakan obat jamur harus memiliki ekstrak minyak sereh sebanyak 2,5% untuk bisa membuahkan hasil yang maksimal dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit akibat infeksi jamur tersebut.
  3. Mencegah Peradangan
    Peradangan sangat berbahaya, bahkan bisa menyebabkan penyakit yang mengancam nyawa. Sebuah penelitian mengatakan minyak sereh yang mengandung citral ternyata bisa mencegah peradangan, minyak sereh yang diminum juga bisa mencegah peradangan pada penyakit edema kaki, dan minyak sereh yang di oles dapat mencegah peradangan pada edema telinga yang diderita oleh tikus.
  4. Memiliki Kandungan Antioksidan
    Manfaat Minyak Sereh

    Antioksidan dapat mencegah datangnya kerusakan sel akibat radikal bebas didalam tubuh, banyak sumber alami antioksidan yang bisa kamu coba, selain buah buahan dan sayuran yang menjadi sumber antioksidan. Minyak sereh juga mengandung antioksidan, dalam sebuah penelitian, minyak sereh mampu melawan radikal bebas di dalam tubuh, karena memiliki kandungan antioksidan.
  5. Mencegah Tukak Lambung
    Minyak sereh juga biasa digunakan sebagai obat herbal untuk mencegah tukak lambung, dalam penelitian, minyak sereh membuktikan dapat mencegah tukak lambung, yang bisa menyebabkan sakit perut.
  6. Mencegah Mual
    Minyak sereh memiliki aroma yang menenangkan, karena aroma itulah membuat minyak sereh berfungsi untuk mencegah mual. Sudah banyak pula teh herbal yang menggunakan minyak sereh sebagai bahan dasarnya.
  7. Mencegah Diare
    Diare tak hanya menyebabkan masalah pada sistem pencernaan, selain itu diare juga menyebabkan dehidrasi. Obat diare bisa dibeli bebas tanpa resep, namun biasanya memiliki efek samping seperti sembelit. Oleh karena itu banyak orang yang beralih ke pengobatan alami seperti minyak sereh, sebuah penelitian pun sudah menyatakan minyak sereh ampuh dalam mengatasi diare.
  8. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
    Minyak sereh juga biasanya digunakan untuk memijat, apalagi aromanya yang membuat rileks, ternyata efek minyak sereh untuk memijat ini dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian pernah melakukan riset, melihat perbedaan tekanan darah dan denyut nadi dari responden yang merasakan pemijatan menggunakan minyak sereh.
  9. Meredakan Sakit Kepala
    Aroma minyak sereh mampu mencegah sakit kepala, karena komponen eugenol dalam minyak sereh yang dianggap memiliki kemampuan yang sama seperti aspirin. Eugenol yang dikandung minyak sereh dipercaya bisa mencegah trombosit yang menggumpal.

 

Most Popular