31.6 C
Tangerang
Saturday, December 10, 2022
Home Lifestyle Agar Tidak Stres Ikuti Cara Ini Untuk Menenangkan Diri Saat Situasi Sulit...

Agar Tidak Stres Ikuti Cara Ini Untuk Menenangkan Diri Saat Situasi Sulit Agar Lebih Bersyukur

Semua manusia memiliki jalan cerita hidup yang berbeda beda, setiap manusia juga memiliki masalah yang berbeda beda dan harus belajar menenangkan diri. Kehidupan tidak selalu berjalan dengan mulus, akan ada lika liku kehidupan, akan ada hari sulit yang kamu temui, dan ada masa dimana kamu sedang merasa di bawah. Semua ini adalah hal wajar dalam hidup manusia, semua manusia pastinya pernah mengalami situasi yang sulit.

Ketika kondisi seseorang sedang di situasi yang sulit, akan berpengaruh dengan kehidupan sehari hari. Biasanya menjadi malas untuk beraktivitas, terasa tidak bergairah untuk menjalankan hidup, dan yang lebih parah dapat membuat seseorang menjadi stres, saat stres melanda membuat seseorang menjadi lebih sensitif, mudah tersinggung, murung, dan selalu sedih.

Hal seperti ini tidak boleh diteruskan dan harus segera diatasi karena akan mengganggu aktivitas sehari hari. Seberat apapun masalah yang kamu hadapi, akan ada jalan untuk keluar dari masalahmu jika kamu ingin berusaha, agar tidak mudah stres menjalani situasi yang sulit, kamu bisa mencoba untuk diri kamu tenang. Ada banyak yang bisa kamu lakukan untuk membuat diri tenang agar tidak mudah stres.

Cara Menenangkan Diri Agar Tidak Mudah Stres

Lakukan Afirmasi Positif Dengan Suasana Yang Mendukung

Afirmasi Positif

Cara menenangkan diri yang pertama yaitu, jika kamu baru saja selesai pulang kerja, baik di kantor atau rumah yang sudah sepi, coba lakukan afirmasi positif terhadap diri sendiri. Padatnya jadwal kerja kamu dan tugas yang menjadi beban, bisa kamu dikesampingkan terlebih dahulu dan coba untuk merangkul diri sendiri, coba ucapkan kata kata yang positif dan membangun semangat untuk diri kamu sendiri. Meskipun hanya sekedar kata kata tapi afirmasi positif seperti ini dapat membawa pengaruh besar pada tingkat stres seseorang.

Menangislah Sejenak

Menangislah Sejenak
Menangis bukan berarti kamu lemah, saat menghadapi situasi yang sulit tidak ada salahnya untuk menangis. Ketika perasaan yang sudah kalut dan berkecamuk tak baik jika harus selalu dipendam, kamu bisa mengeluarkannya atau melepaskannya dengan cara menangis, jika memang menangis dibutuhkan, lakukanlah. Menangis juga menjadi proses pemulihan diri demi keadaan yang lebih baik lagi, dengan menangi dapat memicu keluarnya hormon endorfin yang bisa membuat kamu lebih merasa tenang dan bahagia.

Bertemu Kerabat Terdekat Yang Bisa Diandalkan

saudara
Jika sedang di situasi yang sulit menenangkan diri dengan menemui seseorang membutuhkan penyemangat dan energi positif. Kamu bisa mengunjungi teman atau kerabat yang memang bisa diandalkan, yang bisa mengerti dan menerima keadaan kamu yang sedang sulit. Jika kamu bertemu seseorang yang justru menambah masalah dengan marah marah apalagi dengan menyalahkan, sebaiknya kamu tinggalkan agar tidak membuat kamu semakin stres.

Membatasi Pikiran Dari Hal Lain

Menenangkan Diri
Jangan biarkan pikiranmu kemana mana saat sedang merasa stress, kamu harus dapat membatasi pikiran kamu dari hal hal negatif yang kurang penting atau sesuatu yang dapat menambah beban pikiran kamu. Cobalah untuk fokus dengan hal hal positif yang dapat membuatmu menjadi lebih baik.

Hibur Diri Sendiri

Hibur Diri Sendiri
Cara menenangkan diri yang terakhir adalah dengan menghibur diri sendiri bisa melalui banyak media, seperti mendengarkan lagu asik, menonton film lucu, atau membersihkan kamar dan rumah. Kamu juga bisa mencoba me time di rumah yang tidak menyulitkan kamu, seperti membaca buku atau berolahraga ringan di rumah. Hal hal tersebut dapat membuat perasaan mu sedikit membaik.

Most Popular