31.6 C
Tangerang
Sunday, July 3, 2022
Home Health Akibat Anak Minum Kopi, Bahayanya Bisa Hambat Pertumbuhan!

Akibat Anak Minum Kopi, Bahayanya Bisa Hambat Pertumbuhan!

Inajournal.com – Bicara soal kopi di Indonesia ini memang, di Indonesia ini sudah sangat tinggi jumlah orang yang mengkonsumsi kopi. Termasuk anak-anak Indonesia! Mungkin kita sudah terbiasa melihat kalangan orang tua meminum secangkir kopi setiap pagi di Indonesia dan saat ini sudah menjadi tren. Akibat anak minum kopi juga disini sangat membahayakan akan pertumbuhannya, semenjak tren minum kopi ini semakin berkembang. 

 

Berkembang kemunculan cafe dan berbagai coffee shop juga saat ini sudah tersebar luas. Maka kam pun malah tidak heran kalau saat ini sudah banyak remaja atau bahkan anak anak yang sudah terbiasa minum minuman kopi itu. Tapi tahu tidak sih? Dibalik kenikmatan rasa dan aromanya yang enak itu rupanya bisa berikan banyak dampak buruk bagi anak dan remaja. Kenapa? Karena ada beberapa hal yang akan terjadi nantinya pada usia mereka yang masih muda itu. Kalau begitu cari tahu jelas segara penjelasan selengkapnya di bawah ini.

 

Sederet Akibat Anak Minum Kopi yang Sangat Berbahaya untuk Diwaspadai Sejak Dini

Akibat-Anak-Minum-Kopi

  1. Efek Stimulan
    Seperti yang sudah kita tahu kalau kopi ini memiliki zat kafein paling tinggi sebagai stimulan. Untuk orang dewasa sendiri meminum kafein setiap harinya ini sekitar 200 sampai 400 gram saja perhati atau setara 2 sampai 3 cangkir kopi. Jika terlalu banyak maka akan ada akibatnya yakni insomnia, kejang, sakit perut dan sakit kepala. Bahkan konsentrasi yang sulit hingga detak jantung yang meningkat secara cepat pun bisa terjadi. Akibat anak minum kopi maka efek sampingnya ini langsung terasa meski baru saja mengkonsumsi sedikit saja. Jadi memang stimulan tubuh pada anak ini akan sangat berdampak kuat dan hal ini sangat membahayakan jika terus mengkonsumsi secara rutin.
  2. Resiko Berat Badan Naik dan Gigi Berlubang
    Kopi ini memang identik sekali dengan rasanya yang pahit, manis dan ada tambahan perasa susu, gula, atau krim pada kopinya. Hal ini tentu saya akan memberikan tambahan kalori yang kita konsumsi di dalam satu cangkir kopi saja. Penambahan perasa inilah yang ternyata akan menambahkan resiko penambahan berat badan dan gigi yang bisa berlubang. Tidak hanya kopi namun berlaku juga untuk minuman serupa seperti teh, soda dan minuman berenergi yang memiliki kadar gula tinggi.  Jadi dampak seperti ini memang sangat membahayakan!
  3. Kecanduan
    Kopi memang seperti obat, kafeinnya ini didalam kopi merupakan zat yang mengakibatkan kecanduan. Ketika kita mulai terbiasa mengkonsumsi kafein makan otak akan seakan program kalau kafein merupakan senyawa kimia yang berada di otak secara natural dan adanya kemiripan dengan senyawa Adenosine. Saat kita sendiri berhenti dalam konsumsi kafein nya tubuh kita ini bakal merespon dengan keinginan minum kopi yang lebih tinggi. Didalam waktu 24 jam itu jika putus kafein maka akan terasa efek sampingnya seperti tubuh kadi super lemas dan lelah bahkan sakit kepala.
  4. Hiperaktif, Mood Swing dan Kecemasan dan Nafsu Makan Menurun
    Bahaya sekali jika terjadi pada anak-anak, kita pasti akan setuju kalau segala yang berlebihan itu akan buruk dampaknya. Begitu juga sama dengan kita konsumsi kopi, konsumsi kopi yang berlebihan ini bisa memberikan akibat negatif yang sangat membahayakan anak-anak. Bagi anak dan remaja memang masih di tahap pertumbuhan jika makanan dan minuman yg mengandung nutrisi lengkap dan seimbang. Maka, rasa lapar akan berkurang dan seharusnya terisi dengan makanan dan minuman yang lebih nutrisi, seperti protein, nutrien dan mineral.
  5. Hambat Pertumbuhan
    Ini dia akibat anak minum kopi paling bahaya yakni lambat pertumbuhannya. Kafein juga bisa ganggu Penyerapan kalsium yang sangat dibutuhkan didalam proses pertumbuhan itu. Hal ini bisa saja dikarenakan konsumsi kopi bisa produksi urin yang frekuensinya meningkat. Zat kalsium yang ikut terbuang padahal sangat esensial pada pertumbuhan tulang. Tidak ada batasan usia yang spesifik mulai minum koi[i namun makin lambat maka lebih baik bahkan menjelang dewasa saat masa pertumbuhan sudah berhenti. Tentu saja kopi ini sesekali saja boleh dengan porsi yang cukup. Jangan berlebihan apalagi tertarur. Jadi, mulai dari sekarang jangan biasakan anak dan remaja untuk minum Kopi!

Most Popular