31.6 C
Tangerang
Thursday, August 11, 2022
Home Health Alasan dari Obat Tidur Dilarang Dikonsumsi Secara Rutin

Alasan dari Obat Tidur Dilarang Dikonsumsi Secara Rutin

inajournal.com – Sering sekali dokter memberikan resep yang terdapat obat tidurnya sehingga bisa membantu pasien yang mengalami sulit tidur pada malam hari atau bisa disebut sebagai gangguan insomnia. Tapi Tahukah kamu kalau obat tidur dilarang dikonsumsi secara rutin? Beberapa obat yang sering diberikan untuk mengobati insomnia yaitu seperti Eszopiclone atau lunesta dan estazolam.

Memang tidak ada yang salah dengan meminum obat tidur supaya tujuannya mudah tidur nyenyak pada malam hari. Namun perlu ketahui kalau konsumsi obat tidur dengan cara rutin tanpa adanya terapi atau latihan pola tidur yang baik maka hal ini bisa membahayakan kesehatan. Alasan yang perlu kamu ketahui kalau obat tidur tidak bisa untuk dikonsumsi berjangka panjang yaitu seperti pada penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Inilah Alasan Obat Tidur Dilarang Dikonsumsi Secara Rutin

 

Obat-Tidur-Dilarang-Dikonsumsi

  • Tingkatkan Gangguan Pada Ingatan

Benzodiazepine merupakan obat yang tergolong untuk mengobati insomnia sekaligus mengobati rasa cemas. Fungsi mengurangi kecemasan itu bisa bantu kamu tidur dengan cepat karena ada kandungan xanax, valium, dan ativan. Jika dikonsumsi keseringan sehingga seperti kecanduan maka gangguan pada ingatan akan meningkat.

Tidak itu saja tetapi kamu juga bisa mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi maka dari itu tidak disarankan golongan benzodiazepine untuk dijadikan obat atau metode pengobatan insomnia dalam jangka waktu yang sangat lama. Siapa nih yang merasa daya ingatnya jadi berkurang dan konsentrasinya juga begitu, kalau kamu sedang mengkonsumsi obat tidur maka konsultasikan ke dokter segera.

  • Tidak untuk Penderita Emfisema, Bronkitis, dan Asma

American Academy of sleep medicine menyarankan orang yang memiliki riwayat penyakit seperti emfisema, bronkitis hingga asma dilarang untuk mengonsumsi obat tidur seperti golongan benzodiazepine. Hal ini dikarenakan adanya efek samping yang bisa saja merusak fungsi saluran pernapasan.

Seseorang yang memiliki penyakit paru-paru seperti bronkitis dan emfisema hingga sulit tidur di malam hari sebaiknya konsultasikan kepada dokter mengenai kondisi tersebut maka orang yang bersangkutan tentu saja akan diberikan dosis kecil sekaligus terapi kognitif perilaku CBT. Penggunaan obat tidur secara perlahan akan dihentikan seiring dengan kondisi tidur yang semakin membaik nantinya. Jadi kalau kamu sedang sulit tidur jangan sembarangan mengkonsumsi obat tidur apalagi kalau kamu adalah penderita emfisema, bronkitis atau asma. Hal ini bisa sangat membahayakan saluran pernapasan!

  • Efek Mengantuk Berkepanjangan

Perlu kamu ketahui ada beberapa obat tidur yang efeknya belum sepenuhnya hilang di pagi hari sehingga efek mengantuk begitu berkepanjangan. Jika rasa kantuk yang masih dirasakan dengan waktu yang sangat lama maka hal ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Obat tidur selfie dan yang dipasarkan dengan nama ambeien merupakan contoh obat yang efek ngantuknya masih sangat terasa di hari berikutnya.

Perempuan yang mengkonsumsi zolpidem akan mengalami resiko efek mengantuk berat di pagi hari. Hal ini mencegah untuk penyerangan minum obat dengan dosis asal-asalan, maka dari itu biarkan dokter yang bisa memberikan dan memastikan untuk bisa istirahat. Kamu bisa berikan penawar obatnya dengan cara minum air selama tujuh jam tanpa gangguan misalnya jika harus menyetir atau bekerja. Maka dari itu kalau kamu memiliki anjuran minum atau konsumsi obat tidur alangkah baiknya untuk istirahat terlebih dahulu dan tidak melakukan kegiatan menyetir atau bekerja.

  • Akibatkan Rebound Insomnia

Terakhir alasan dari obat tidur yang paling dilarang dikonsumsi secara rutin yaitu bisa mengakibatkan rebound insomnia. Obat tidur yang kemudian ingin diperhatikan perlu dikonsultasikan juga dengan dokter tujuannya supaya bisa mengurangi dosis secara bertahap dan mencegah adanya efek rebound insomnia.

Efek dari rebound insomnia yaitu saat konsumsi obat tidur secara mendadak dihentikan dan efeknya sangat berat dengan kesulitan tidur. Hal ini bisa disebabkan sistem otak menunggu kehadiran senyawa kimia dari obat tidur yang kita minum biasanya. Maka dari itu, ketika begitu mendadak berhenti sistem otak yang mengatur aktivitas tidur menjadi tidak berfungsi dengan baik dan benar.

Di atas adalah alasan-alasan yang tepat untuk kamu ketahui dan kenali kalau meminum obat tidur. Beberapa alasan obat tidur dilarang dikonsumsi secara rutin bukanlah hal yang baik dan dapat membawa pengaruh buruk untuk kesehatan tubuh.

Most Popular