31.6 C
Tangerang
Wednesday, December 7, 2022
Home Lifestyle Aneka Banchan, Makanan Pendamping Khas Korea Yang Wajib Kamu Cicipi

Aneka Banchan, Makanan Pendamping Khas Korea Yang Wajib Kamu Cicipi

inajournal.com – Kamu pasti tidak asing dengan makanan pendamping khas Korea yang sering kamu lihat di drama Korea atau kamu pernah mengunjungi restaurant Korea kemudian mereka menyediakan makanan pendamping yang berada di mangkuk mangkuk kecil. Makanan yang berada di mangkuk kecil tersebut disebut dengan Banchan, menu makanan pendamping nasi ini memang memiliki porsi yang sedikit dengan tujuan agar habis dalam satu kali makan saya, namun kamu bisa mengubahnya jika dibutuhkan, ternyata cara penyajiannya juga tidak boleh sembarangan, mangkuk banchan selalu disajikan dengan jumlah ganjil karena orang Korea percaya dengan hal tersebut akan mendatangkan keberuntungan.

Semakin formal acara jamuan makanannya, maka akan semakin banyak jumlah banchan yang disajikan. Dalam sejarahnya banchan merupakan hasil pengaruh Buddha sekitar periode pertengahan “Three Kingdom of Korea” dimana ada larangan untuk memakan daging, sehingga makanan yang berbahan dasar nabati dengan berbagai Teknik memasak bisa menjadi hal yang sangat penting untuk kuliner mereka. Meskipun larangan memakan daging sudah ditiadakan, tradisi ini masih melekat dalam budaya Korea sampai saat ini. Kalau kamu berkunjung ke restoran Korea yang ada di Indonesia maupun di Korea Aslinya pasti kamu disajikan berbagai menu banchan lezat, berikut ini varian banchan paling lezat yang wajib kamu cicipi semuanya.

Makanan Pendamping Khas Korea Yang Wajib Kamu Coba

Makanan pendamping khas Korea

1. Kimchi

Kimchi merupakan salah satu makanan khas Korea yang menjadi banchan paling terkenal hampir di seluruh dunia. Kamu pasti tidak asing bukan dengan olahan sayuran yang satu ini? Makanan ini terbukti menjadi salah satu makanan yang kaya probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan serta membantu untuk memperlambat proses penuaan, kimchi memiliki rasa pedas, gurih dan sedikit asam

2. Hobak Bokkeum

Makanan pendamping khas Korea yang satu ini paling disukai saat musim panas, Hobak bokkeum sendiri terbuat dari zucchini muda yang berkulit tipis dengan warna hijau mudah dan daging halus kekuningan. Kemudian menu ini dibumbui dengan garam atau saus ikan secara sederhana namun umumnya orang Korea sering mencampur dengan saeujeot yang merupakan udah kecil yang difermentasi.

3. Mu-mallaeng

Salad lobak pedas ini juga menjadi salah satu makanan pendamping khas Korea yang banyak digemari karena memiliki rasa yang lezat, biasanya makanan ini paling dicari saat musim gugur bertepatan saat sedang panen lobak. Setelah melakukan gimjang beberapa orang mengeringkan lobak yang tersisa untuk disimpan, dan kemudian lobak tersebut digunakan untuk membuat mu-mallaengi.

4. Myeolchi Bokkeum

Makanan pendamping khas Korea yang selanjutnya yaitu tumis ikan teri kecil yang dicampur dengan sirup beras dan minyak wijen, serta ditambah dengan saus gochujang untuk penyuka pedas. Olahan ikan teri ini memiliki rasa yang kenyal renyah dan rasa asin pedas, membuat makanan ini menjadi banchan yang paling populer.

5. Eomuk Bokkeum

Selanjutnya ada kue ikan dari Korea yang ditumis dengan sayuran, kecap, bubuk lada dan kemudian diberi taburan biji wijen untuk menambah rasa. Makanan yang satu ini sangat digemari oleh anak anak maupun orang dewasa, teksturnya lembut dan memiliki rasa gurih yang sedikit manis. Menu yang satu ini juga sangat mudah cara membuatnya, kamu bisa coba buat sendiri dirumah untuk teman nonton drakor.

6. Sigeumchi Namul

Makanan pendamping khas Korea selanjutnya yaitu menu yang terbuat dari bayam rebus yang kemudian bumbui dengan garam, bawang putih, minyak wijen dan ditambah dengan guk ganjang untuk menambah rasa dari bayam rebus ini. Sayuran ini biasanya disajikan bersama dengan bibimbap, orang Korea memang senang mengkonsumsi sayuran, tak heran kalau kebanyakan menu makanan mereka merupakan olahan dari berbagai jenis sayuran.

7. Gamja Jorim

Jorim mengacu pada hidangan yang dimasak dengan cara merebus bahan utama dengan saus, hingga kadar sausnya berkurang karena meresap ke dalam masakan. Bahan utama yang digunakan dalam gamja jorim ini yaitu kentang, tingkat kematangannya pun perlu diperhatikan saat membuat olahan yang satu ini, jangan sampai terlalu matang karena akan menghancurkan bentuknya, maka dari itu kematangannya harus pas.

 

Most Popular