31.6 C
Tangerang
Saturday, December 10, 2022
Home Lifestyle Aneka Sambal Khas Nusantara Paling Enak, Pedas Nampol Tapi Nagih!

Aneka Sambal Khas Nusantara Paling Enak, Pedas Nampol Tapi Nagih!

Aneka sambal khas Nusantara sangat banyak dan paling dicari turis mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Bukan Indonesia kalau tidak terkenal dengan kuliner khasnya, Indonesia memang dikenal dengan keanekaragamannya, mulai dari kuliner, budaya, bahasa dan adat istiadatnya, tak heran kalau turis asing yang berkunjung dapat menemukan berbagai macam hal yang unik dan menarik untuk dicari tahu. Saat berkunjung ke suatu Negara pastinya tidak lupa untuk mencicipi kuliner unik yang ada di Negara tersebut, seperti di Indonesia, memang ada banyak kuliner unik yang wajib dicoba para turis saat berkunjung ke Indonesia.

Dari sekian banyak makanan yang wajib dicicipi ada salah satu menu makanan yang wajib di coba yaitu sambal, bagi warga Indonesia sambal sudah seperti hal wajib yang harus ada di piring saat sedang makan. Ada berbagai macam jenis sambal yang memiliki rasa lezat dan sayang kalau dilewatkan, bahkan hampir setiap daerah memiliki sambal khasnya masing masing, jadi kamu bisa mencicipi berbagai sambal dengan rasa yang berbeda di setiap daerah di Indonesia. Meskipun bahan dasarnya sama sama menggunakan cabai, namun ternyata sambal khas Indonesia diolah dengan berbagai macam cara dan bahan tambahan yang berbeda beda sehingga menghasilkan rasa yang unik dan lezat.

Aneka Sambal Khas Nusantara Yang Pedas Nampol

1. Sambal Terasi

basah

Sambal yang satu ini sudah sangat populer dan dapat kamu temui dimana saja. Siapa yang tidak tahu sambal khas Indonesia yang satu, ketika proses pembuatannya saja sudah membuat kamu berselera untuk cepat cepat mencicipinya, sambal terasi juga dapat membangkitkan nafsu makan. Sambal ini sangat cocok dengan berbagai lauk, mulai dari tempe, ayam, ikan dan lauk lainnya.

2. Sambal Terong

Sambal khas Nusantara

Sambal khas Nusantara yang satu ini terbuat dari terong yang digoreng terlebih dahulu kemudian dimasak bersama ulekan cabai, bawang dan penyedap rasa. Menu yang satu ini cukup banyak ditemukan dan sangat mudah untuk membuatnya, pertama kamu hanya perlu menggoreng terong dengan ukuran sesuai selera, kemudian kamu siapkan bahan bahan seperti bawang merah, bawang putih, cabai dan bumbu bumbu lainnya. Setelah itu tumis bumbu hingga harum dan masukan bumbu penyedap lalu masukan terong.

3. Sambal Cabe Ijo

cabe

Kalau sambal yang satu ini biasanya identik di temukan di rumah makan padang, sambal khas Sumatera Barat yang paling diburu ini menjadi favorit banyak orang, karena sangat mudah membuatnya dan rasanya pun sangat nikmat. Cita rasa sambal cabe ijo ini juga tidak terlalu pedas sehingga sambal cabe ijo ini sangat cocok dijadikan lauk sambal dengan lauk lainnya.

4. Sambal Bawang

bawang

Sambal khas Nusantara yang satu ini memiliki rasa yang unik dan sangat mudah membuatnya, biasanya kamu pasti sering menemukannya di ayam geprek. Kalau lagi pengen makan sambal bawang kamu bisa membuatnya sendiri dirumah, hanya membutuhkan cabai rawit merah, bawang putih yang dihaluskan kemudian kamu siram dengan minyak panas. Makan telur dengan ditemani sambal bawang saja rasanya sudah sangat nikmat.

5. Sambal Matah

matah

Sambal yang sedang hits saat ini menjadi sambal favorit banyak orang, sambal ini memiliki rasa yang unik dan segar. Sambal ini berasal dari Bali dan memiliki cita rasa yang pedas dan menyegarkan, cara membuatnya juga cukup mudah, kamu hanya perlu memotong semua bahan dan campurkan semuanya menjadi satu, sambal matah ini cocok dikonsumsi dengan berbagai macam lauk.

6. Sambal Colo Colo

Sambal khas Nusantara

Sambal khas Nusantara yang satu ini berasal dari Maluku dan terbuat dari bahan sambal yang di iris tipis tipis kemudian diberi perasan jeruk nipis dan disiram minyak panas. Biasanya sambal ini dijadikan untuk pelengkap lauk ikan goreng atau ikan bakar.

7. Sambal Dabu Dabu

Dabu

Sambal khas Manado ini juga hampir mirip dengan sambal matah, bahan bahan yang perlu digunakannya pun tidak jauh berbeda. Semua bahan yang sudah kamu siapkan di iris tipis tipis kemudian kamu campurkan hingga merata, dan terakhir disiram dengan minyak panas hingga mengeluarkan harum dan aduk kembali.

Most Popular