31.6 C
Tangerang
Saturday, March 2, 2024
HomeHealthAsupan Makanan Penting untuk Kesehatan Gigi Saat Berpuasa

Asupan Makanan Penting untuk Kesehatan Gigi Saat Berpuasa

Inajournal.com – Menyikat gigi merupakan kegiatan yang wajib dilakukan sehari dua sampai tiga kali dan menggunakan obat kumur sampai mengunyah permen karet adalah beberapa hal yang sering dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan kekuatan gigi. Tidak hanya itu ternyata asupan makanan penting perlu kamu dapatkan untuk menjaga kesehatan gigi di bulan Ramadhan sekarang ini.

Kemudian yang lebih dianjurkan lagi menjaga kesehatan gigi perlu melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis setiap 6 bulan sekali. Makanan-makanan yang kamu konsumsi menjadi asupan paling penting dan berpengaruh sekali untuk kesehatan dan kekuatan gigi. Mungkin kau masih bingung asupan makanan yang mana saja sehingga penting dikonsumsi demi bisa menjaga kesehatan gigi.

Kalau gitu langsung saja cari tahu sendiri jenis asupan penting yang wajib kamu konsumsi seperti berikut.

Sederet Jenis Asupan Makanan Penting untuk Kamu Konsumsi Demi Kesehatan Gigi!

Apel

Siapa yang tidak suka dengan buah apel? Buah yang memiliki banyak serat dan nutrisi lainnya pasti banyak disukai oleh semua kalangan. Dan buah apel ini adalah asupan makanan penting untuk kamu konsumsi demi bisa menjaga kesehatan mulut dan gigi. Rasanya yang asam manis segar dan kandungan airnya melimpah.

Makanan penting yang kamu konsumsi pertama untuk menjaga kesehatan gigi di bulan Ramadhan kamu bisa mengkonsumsi buah apel. Tidak hanya itu ternyata konsumsi buah apel pun bisa bantu bersihkan gigi dari flek dan sangat bermanfaat meningkatkan jumlah air liur.

Keberadaan air liur ini sangat diperlukan sekali ternyata untuk di dalam mulut. Dimana air liur ya berpengaruh kepada kesehatan gigi dan gusi. Kalau kamu ingin menjaga kesehatan kekuatan gigi, maka memakan buah apel di saat berbuka puasa adalah kewajiban untuk kamu konsumsi.

Seledri

Selanjutnya yaitu ada seledri untuk kamu konsumsi saat ini menjaga kesehatan dan kekuatan gigi. Seledri sering sekali kamu temukan di dalam olahan makanan dan sayuran ini memiliki batang yang kasar tetapi bisa membantu bersihkan gigi dari flek dan sisa makanan.

Sama halnya seperti buah apel batang seledri nya bisa membuat mulut menghasilkan lebih banyak air liur dan sangat berfungsi sekali untuk mencegah yang namanya kerusakan gigi dan bisa membantu untuk membersihkan mulut.

Wortel

Kata siapa wortel hanya memiliki nutrisi untuk kesehatan mata saja? Tidak hanya untuk mata tetapi memang wortel ini merupakan sayuran yang sering dimanfaatkan demi bisa menjaga kesehatan gigi.

Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam wortel bisa menjaga kesehatan gusi dan mulut Selain itu wortel pun tentu bermanfaat untuk kesehatan mulut sehingga menghindari adanya sariawan gusi berdarah dan infeksi pada gigi.

Yoghurt

Yoghurt memiliki kalsium dan protein yang bisa membuat gigi tetap dalam keadaan kuat dan juga sehat.

Tidak hanya itu, kamu yang mengkonsumsi yogurt setiap hari bisa mengurangi resiko terkena karies gigi. Namun jangan sampai lupa untuk menyikat gigi ini perlu dilakukan 30 sampai 60 menit setelah mengkonsumsi yoghurt supaya tidak ada ada di Roxy yang terjadi pada gigi.

Keju

Selanjutnya yaitu kamu bisa mengkonsumsi keju karena memang sangat bermanfaat dan bisa mengurangi resiko adanya kerusakan pada gigi.

Sebab keju yang dikonsumsi berfungsi untuk meningkatkan air liur di dalam mulut. Tidak hanya itu saja tetapi manfaat lainnya dari keju ini kandungan kalsium serta proteinnya memang kuat sekali untuk memperkuat enamel pada gigi.

Jeruk

Terakhir kandungan vitamin C memang menjadi nutrisi dari buah jeruk yang bagus sekali untuk dijadikan asupan makanan yang penting yang kamu konsumsi demi menjaga kesehatan gigi di bulan Ramadhan.

Kandungan vitamin C ini terdapat pada buah jeruk dan buah jeruk bermanfaat bagi kesehatan atau kekuatan gigi serta mulut bahkan memperkuat peredaran darah dan memperlambat perkembangan penyakit gusi.

Maka dari itu, penting sekali untuk kamu lakukan mengkonsumsi buah jeruk secara rutin Jika kamu ingin gigi yang kamu miliki semakin kuat dan mulutmu pun sehat terhindar dari berbagai penyakit.

Sekarang kamu bisa merawat gigi dalam mengkonsumsi makanan-makanan di atas tetapi tetap perlu melakukan sikat gigi serta melakukan pengecekan juga ke dokter spesialis gigi setiap 6 bulan sekali. Itulah sederet asupan makanan penting untuk kesehatan gigi yang wajib diketahui.

Most Popular