31.6 C
Tangerang
Monday, December 5, 2022
Home Travel Beberapa Hutan Kota Terbaik Di Dunia Yang Akan Membuat Kamu Kagum!

Beberapa Hutan Kota Terbaik Di Dunia Yang Akan Membuat Kamu Kagum!

Seiring dengan adanya perkembangan zaman banyak kota-kota besar yang mulai membangun taman kota yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas udara. Beberapa kota besar juga ada yang membangun hutan lebat yang berada di tengah kota yang bertujuan untuk menjaga keseimbangan ekologi sekaligus menyediakan pusat rekreasi untuk masyarakat sekitar. Banyak negara-negara yang mulai membangun taman kota di kota-kota besarnya.

Urban forest bukan suatu konsep yang terbilang baru. Karena di Indonesia sendiri ada beberapa urban forest yang cukup populer sebagai kawasan wisata. Salah satunya adalah Babakan Siliwangi, Hutan Kota Srengseng di Jakarta, dan Hutan Kota Pakal yang ada di Surabaya. Hutan kota tersebut digunakan warga sekitar untuk melakukan banyak kegiatan seperti rekreasi atau bersantai. Berikut ini ada beberapa Hutan Kota Terbaik yang ada di Dunia.

4 Hutan Kota Terbaik Yang Ada Di Dunia

Central Park – Amerika Serikat

hutan kota terbaik

Salah satu hutan kota yang ada di Amerika Serikat ini berada di Manhattan, New York. Posisi hutan kota ini berada di tengah kota yang memiliki banyak gedung pencakar langit. Yang membedakan hutan ini dengan hutan lainnya adalah hutan ini murni hasil karya manusia bukan terbentuk secara alamiah. Disini terdapat 4 juta pohon dengan 1.500 spesies yang ditanam sehingga menyerupai hutan. Tanah yang digunakan disini juga dibawa langsung dari New Jersey.

Taman ini dibentuk pada tahun 1850 an disaat ada kenaikan jumlah penduduk dan pada akhirnya pemerintah setempat memutuskan untuk membuat taman hijau ini agar ruang terbuka tetap ada. Hutan kota buatan manusia ini memiliki luas sebesar 843 hektar. Disana juga terdapat banyak fasilitas lain seperti area bermain, danau kecil. Biasanya para warga setempat yang datang ke hutan ini akan melakukan aktivitas seperti jogging, bersepeda atau bermain sepatu roda.

Forest of Belfast – Irlandia

Forest of Belfast

Salah satu Hutan Kota Terbaik selanjutnya ada di negara Irlandia. Irlandia sering disebut sebagai Emerald Isle karena banyaknya ruang terbuka hijau yang dimilikinya. Di negara ini tidak hanya pedesaan saja yang asri namun kotanya juga. Forest of Belfast yang terletak di kawasan Irlandia Utara ini merupakan area hutan kota yang meliputi seluruh kota Belfast. Disana juga terdapat beberapa taman hutan lain yang terkenal yaitu Colin Glen Forest Park, Gortin Glen Forest Park dan Belvoir Forest Park.

Sejak tahun 1998, hutan kota ini sudah mempunyai sekitar 200 batang pohon yang ditanam di seluruh wilayah Belfast. Dalam mengelola hutan kota ini, Manajemen Forest of Belfast juga turut merangkul pemerintah daerah, pemerintah pusat, organisasi pencinta lingkungan, dan warga lokal untuk turut bekerja sama menjadikan kota tersebut sebagai urban forest terbesar yang ada di dunia.

Waipoua Forest – Selandia Baru

Waipoua Forest - Selandia Baru

Hutan kota yang berada di Northland, Selandia Baru ini juga merupakan satu-satunya hutan asli terbesar yang masih tersisa hingga saat ini. Pada akhirnya hutan ini dikelola dan bisa dikunjungi oleh wisatawan. Salah satu daya tarik dari hutan ini terletak pada pohon kauri yang merupakan salah satu pohon khas Selandia Baru terbesar. Pohon ini dinamakan Tane Mahuta dan Te Matua Ngahere, keduanya sama-sama berusia sekitar 2.000 sampai 3.000 tahun dan masih terus tumbuh sampai saat ini.

Pohon kauri sendiri memang bisa tumbuh tinggi sampai 50 meter. Hutan kota ini juga menjadi tempat tinggal bagi beberapa burung langka dan pohon-pohon purba lainnya. Jika anda berminat ingin kesini maka anda bisa menggunakan jasa pemandu dari suku Maori yaitu suku asli dari daerah Waipoua. Disana anda akan dijelaskan oleh pemandu tentang flora dan fauna serta legenda dari suku Maori itu sendiri.

Karura Forest – Kenya

hutan kota terbaik

Hutan Kota Terbaik yang terakhir berada di Kenya, Afrika. Negara Afrika sangat terkenal dengan daerahnya yang gersang namun juga memiliki hutan kota yang keindahannya sangat memukau. Karura Forest merupakan salah satu hutan kota yang memiliki luas lebih dari 1.063 hektare dan terletak di Nairobi, Kenya. Hutan ini juga menjadi tempat tinggal bagi beberapa hewan yaitu 200 spesies burung, monyet hutan, babi, landak, musang Afrika, kupu-kupu dan masih banyak lagi.

Hutan kota ini juga dijadikan sebagai tempat wisata dan sudah tersedia berbagai fasilitas di dalamnya. Di sana anda bisa bersepeda, berlari atau hanya sekedar berjalan kaki dengan ditemani pohon rindang yang sudah disediakan sepanjang 50 km. Di hutan kota ini juga anda bisa melihat dan menikmati indahnya air terjun, hutan bambu dan tanah rawa.

Most Popular