31.6 C
Tangerang
Saturday, August 13, 2022
Home Health Beberapa Tanda Gizi Buruk Pada Wanita Yang Harus Kamu Ketahui!

Beberapa Tanda Gizi Buruk Pada Wanita Yang Harus Kamu Ketahui!

Gizi buruk tidak hanya bisa dialami oleh orang-orang miskin yang kelaparan, tetapi juga bisa menyerang mereka yang mengalami gangguan makan atau sedang menjalani diet super ketat. Seseorang yang memiliki gizi buruk tidak memiliki tanda-tanda yang muncul begitu saja. Tanda-tanda tersebut akan terus berkembang dari waktu ke waktu. Saat ini ada banyak wanita muda yang menderita gizi buruk karena pola makan yang tidak benar.

Kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji dan makanan yang tidak mengandung nutrisi menyebabkan banyak wanita menderita gizi buruk. Jika anda tidak ingin menderita gizi buruk maka sebaiknya anda lebih bisa menjaga pola makan agar tetap sehat dan tidak mengalami gizi buruk. Ada satu hal yang perlu anda ketahui bahwa ada beberapa Tanda Gizi Buruk yang perlu anda ketahui, terutama wanita. Berikut ini adalah ulasannya.

Beberapa Tanda Gizi Buruk Yang Wajib Diketahui

Kelelahan

Kelelahan

Tanda seseorang menderita gizi buruk yang pertama adalah mudah lelah. Seseorang yang menderita gizi buruk biasanya tidak memiliki energi untuk melakukan apa-apa bahkan untuk makan sekalipun dia tidak akan bisa. Jika otot-otot di dalam tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan seperti kalsium, maka otot akan lebih cepat lelah untuk bergerak dan hasilnya tubuh anda akan kekurangan energi untuk melakukan aktivitas.

Berat Badan Turun

Berat Badan Turun

Jika tubuh kekurangan asupan maka secara otomatis berat badan akan mengalami penurunan. Malnutrisi tidak hanya selalu tentang kekurangan vitamin dan mineral. Jika anda secara sengaja memotong asupan karbohidrat dan protein maka anda akan mudah terserang malnutrisi. Ada beberapa kasus yang menyebabkan seseorang kehilangan banyak berat badannya karena kekurangan gizi.

Tidak Menstruasi

Tanda Gizi Buruk

Tanda wanita menderita gizi buruk selanjutnya adalah tidak mengalami menstruasi. Ketika tubuh anda tidak memiliki zat besi dan kalsium yang cukup maka kemungkinan besar anda tidak akan mengalami menstruasi. Pada dasarnya tubuh akan terus menabung nutrisi dan jika tubuh tidak mendapatkan nutrisi maka hal tersebut akan menghentikan aliran darah menstruasi. Bagi beberapa wanita yang tidak mengalami menstruasi selama beberapa saat biasanya disebabkan karena kekurangan zat besi.

Rambut Rontok dan Kulit Kusam

Rambut Rontok dan Kulit Kusam

Tanda-tanda selanjutnya adalah rambut yang rontok dan kulit kusam. Rambut dan kulit akan sehat apabila tubuh anda juga sehat. Jadi jika anda tidak mendapatkan makanan yang bergizi maka rambut akan menjadi lemah, rapuh dan mudah rontok. Jika anda sedang mengalami kerontokan rambut yang diluar batas normal dan tanpa adanya alasan yang jelas maka kemungkinan besar itu adalah tanda anda sedang menderita kekurangan gizi.

Anemia

Anemia

Tanda gizi buruk yang satu ini sangat umum dialami oleh wanita. Bila wanita menderita penyakit anemia biasanya disebabkan karena dirinya tidak memiliki cukup makanan yang mengandung zat besi. Biasanya wanita juga akan banyak kehilangan zat besi karena menstruasi dan melahirkan. Untuk mendapatkan zat besi kembali maka anda perlu mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung zat besi.

Kulit Mudah Memar

Tanda Gizi Buruk

Seseorang akan mudah mengalami memar pada kulitnya apabila dinding kapiler darah anda menjadi lemah. Hal tersebut biasanya terjadi karena jumlah darah trombosit yang ada di dalam tubuh anda menurun. Jika anda mengalami kondisi ini maka anda harus mengkonsumsi vitamin K dan folat dalam jumlah yang besar. Dengan begitu dinding kapiler darah anda akan kembali kuat.

Tekanan Darah Rendah

Tekanan Darah Rendah

Tanda Gizi Buruk yang terakhir adalah tekanan darah rendah. Jika seseorang sudah menderita kekurangan gizi maka dirinya akan selalu memiliki tekanan darah yang rendah. Jika anda tidak mengkonsumsi karbohidrat dan lemak maka akan ada kekurangan gula dalam darah anda. Ketika gula darah menjadi turun maka tekanan darah juga akan ikut menurun.

Most Popular