31.6 C
Tangerang
Sunday, January 29, 2023
Home Health Berbagai Jenis Gejala Penyakit Polio Secara Global, Wajib Tahu!

Berbagai Jenis Gejala Penyakit Polio Secara Global, Wajib Tahu!

Inajournal.com – Jenis penyakit polio sangat mengkhawatirkan masyarakat Tanah Air. Polio sering dikenal sebagai poliomyelitis nama dari penyakit dengan tingkat penularan tinggi yang disebabkan karena virus menyerang sistem saraf. Virus penyebab polio tersebut lebih besar kemungkinan menyerang anak-anak di bawah usia 5 tahun dan beberapa orang yang terinfeksi polio mengalami kelumpuhan permanen. Sejak vaksin polio tersedia di tahun 1957 angka kasus penyakit tersebut di berbagai belahan dunia menurun secara signifikan.

Berkat adanya prakarsa pemberantasan polio secara global di tahun 1988, ada beberapa negara yang telah dinyatakan bebas polio. Jenis polio itu biasanya di diagnosa oleh dokter dengan melakukan pemeriksaan fisik dan menguji sampel cairan tubuh hingga lagi jalan yang dialami pasien. Selanjutnya, petugas akan memungkinkan mengambil sampel cairan tubuh untuk mencari tanda-tanda polio atau infeksi lainnya.

Air liur, tinja, darah ingat cairan cerebrospinal menjadi sampel yang akan diambil oleh dokter demi mendapatkan diagnosa yang akurat. Virus polio ini sangat mudah penyebarannya, kontak dengan kotoran yang terinfeksi, tetesan cairan saat bersinar ataupun batuk kontak dekat orang yang terinfeksi seperti saat merawat atau berbagi makanan hingga peralatan makanan mereka.

Tidak semua orang terinfeksi polio menunjukkan gejala tapi memiliki gejala ringan atau seperti flu misalnya tetap tidak ada obat khusus yang dapat digunakan untuk mengobati polio. Polio sendiri menyerang otot pernapasan pasien bisa mendapatkan ventilasi mekanis untuk membantu bernapas. Memperbaiki gejalanya pun hanya dengan minum banyak cairan, kompres panas untuk bantu nyeri otot, konsumsi obat pereda nyeri seperti Ibuprofen, melakukan terapi fisik dan olahraga hingga cukup istirahat saja.

Polio memiliki tiga jenis yang masing-masing pasti ada perbedaan antara satu sama lain. Langsung saja kalau gitu ketahui beberapa jenis penyakit dari polio seperti berikut.

Berikut Jenis Penyakit Polio dengan Berbagai Gejalanya yang Perlu Diketahui

Jenis-Gejala-Polio

     1. Polio Non Paralitik

Jenis penyakit polio dengan berbagai gejalanya yang perlu diketahui, yaitu polio non paralitik. Beberapa orang mengalami gejala dari virus polio yang terinfeksi jenis satu ini. Tetapi tidak menyebabkan kelumpuhan dan jenisnya menyebabkan gejala ringan seperti flu.

Gejala yang berlangsung terjadi pada 10 hari, seperti demam, sakit tenggorokan, sakit kepala, muntah-muntah, pun terasa sakit atau kaku kok malah leher sakit atau kaku dan lengan atau kaki terasa sakit.

Jenis polio secara global mungkin tidak bisa dibilang sepele karena dampaknya itu bisa mempengaruhi kehidupan seumur hidup dan virus polio penyerangannya pun sangat mudah. Bagaimana jenis penyakit dengan Polio non paralitik ini sudah membuat kamu mengerti belum tentang sifatnya yang tidak selalu melumpuhkan?

     2. Polio Paralitik

Selanjutnya ada jenis polio paralitik, sekitar 1% kasus polio bisa berkembang menjadi polio paralitik. Jenis polio ini menyebabkan kelumpuhan di bagian sumsum tulang belakang batang otak ataupun keduanya. Gejala awalnya mirip dengan Polio non paralitik Tetapi beberapa hari kemudian gejalanya bakal berkembang menjadi lebih parah lagi.

Gejala yang bakal dialami yaitu Kehilangan refleks kejang parah dan nyeri otot, anggota badan kendor dan terkulai, kelumpuhan mendadak, nyeri pada anggota badan. Memang perempuan total sebenarnya jarang terjadi dan polio yang menyebabkan kelumpuhan permanen jumlahnya kurang dari 1%.

Kalau kamu mengalami gejala yang sama, lebih baik langsung diberitahu kepada dokter spesialis segera. Supaya dokter spesialis bisa mengambil tindakan tepat untuk mengambil sampel yang telah dianjurkan supaya mendapatkan diagnosis yang akurat.

     3. Sindrom Pasca Polio

Terakhir jenis polio sekaligus gejalanya, yaitu dari jenis sindrom pasca polio. Sindrom pasca polio ini sekelompok & juga gejala yang potensinya melumpuhkan hingga munculnya bertahun-tahun setelah seseorang terkena penyakit polio.

Gejala biasanya muncul antara 30 sampai 40 tahun setelah menderita polio. Saat ini, sangat sedikit masyarakat di negara maju yang sedang mengalami perempuan akibat virus polio tersebut dan masih banyak orang yang menderita polio di usia muda.

Secara keseluruhan ternyata memang betul polio itu merupakan jenis penyakit yang sangat menyeramkan dan dengan pengetahuan ini banyak orang yang teredukasi karena tidak semua gejalanya bisa menyebabkan kelumpuhan. Itulah sederet jenis penyakit polio yang harus anda ketahui.

Most Popular