31.6 C
Tangerang
Thursday, December 8, 2022
Home Health Bikin Awet Muda! Manfaat Terong Belanda, Baik Untuk Tubuh Dan Kulit

Bikin Awet Muda! Manfaat Terong Belanda, Baik Untuk Tubuh Dan Kulit

Tahukah kamu ada banyak manfaat terong belanda yang wajib kamu ketahui, mendengar terong mungkin yang kamu ketahui sayuran berwarna ungu dengan bentuk panjang atau bulat dan biasanya diolah menjadi sambal terung atau lalapan. Namun berbeda dengan terong yang satu ini, terong belanda berbentuk oval dengan ukuran yang sedang dari terong pada umumnya, terong belanda ini berasal dari Peru, Amerika Selatan, namun pertama kalinya diperkenalkan dan dibudidayakan di Negara Belanda. Bentuk terong ini seperti telur dan memiliki warna coklat keunguan, sedangkan daging buahnya berwarna kuning kehitaman, teksturnya sangat lunak dan memiliki rasa asam manis segar.

Kamu pasti sering melihat menu jus terong belanda di restoran atau café, buah yang satu ini memang paling sering diolah menjadi jus atau minuman segar lainnya, bisa diolah dengan di campurkan sirup atau dicampur dengan salad. Selain segar ternyata terong belanda memiliki kandungan gizi seperti vitamin C, pro vitamin dan juga senyawa alami untuk mencegah penyakit kronis, termasuk kanker. Terong belanda juga mengandung serat yang baik untuk mengontrol kadar lemak darah dan mengatasi sembelit, selain itu ada banyak manfaat lainnya yang perlu kamu ketahui.

Manfaat Terong Belanda Yang Baik Untuk Berbagai Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat terong belanda

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Terong belanda ungu memiliki kandungan asam klorogenat yang sangat tinggi, asam ini yang dapat berfungsi mengurangi kadar gula darah yang berlebihan. Di dalam terong belanda ini juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga berpotensi mengurangi stress oksidatif pada organ pankreas dan hati, jika rutin mengkonsumsinya kamu bisa mendapatkan khasiat dalam waktu beberapa minggu saja.

2. Memelihara Kesehatan Jantung

Manfaat terong belanda selanjutnya yaitu dapat memelihara kesehatan jantung, terong belanda memiliki kandungan kalium yang merupakan nutrisi untuk menyeimbangkan kadar natrium berlebihan pada jantung. Tak hanya itu, terong belanda juga memiliki kandungan magnesium yang dapat lebih optiman menjaga kesehatan jantung.

3. Baik Untuk Kesehatan Mata

Terong belanda memiliki kandungan vitamin A yang tidak kalah besar dari wortel dan tomat, bahkan kamu cukup rutin mengkonsumsinya 1 buah atau sekitar 50 gram dalam seharinya. Jika kamu ingin membuat jus terong belanda sebaiknya tidak ditambahkan gul agar nutrisinya terjaga dan lebih optimal.

4. Memaksimalkan Kekebalan Tubuh

Manfaat terong belanda selanjutnya yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, terong belanda memiliki kandungan vitamin B yang baik untuk mengatur metabolisme tubuh. Jika kamu sering merasa lelah, kamu bisa rutin mengkonsumsi terong belanda untuk menguatkan kekebalan tubuh kamu. Buah ini bisa dikonsumsi langsung atau bisa dibuat menjadi jus.

5. Mengurangi Kelebihan Berat Badan

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan bisa mengkonsumsi terong belanda jika merasa sedang lapar untuk mengganjal atau untuk cemilan saat kamu sedang lapar. Terong belanda memiliki kadar air yang tinggi namun juga rendah kalori, kamu yang sedang diet akan mudah kenyang jika mengkonsumsi terong belanda, buah ini juga bisa melawan sel sel lemak di dalam tubuh.

6. Ampuh Menangkal Radikal Bebas

Manfaat terong belanda selanjutnya dapat menangkal radikal bebas, kadar vitamin C yang ada didalam buah ini sangat tinggi. Vitamin yang larut dalam air ini berperan penting dalam membersihkan radikal bebas plasma serta mencegah masuknya partikel LDL di dalam darah, sebaiknya konsumsi terong belanda dalam keadaan utuh agar kandungan vitamin C nya lebih optimal.

7. Penambah Darah Yang Efektif

Terong belanda juga dipercaya dapat menjadi buah penambah darah karena kandungan zat besi yang ada di dalamnya. Karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi juga meningkatkan penyerapan zat besi yang ditemukan di dalam buah ini, sehingga hal ini penting dalam pembuatan sel baru dan pembersihan radikal bebas di dalam darah.

Most Popular