31.6 C
Tangerang
Saturday, December 10, 2022
Home Lifestyle Bisa Tahan Sampai 3 Tahun, Ini Dia 5 Tips Menyimpan Parfum

Bisa Tahan Sampai 3 Tahun, Ini Dia 5 Tips Menyimpan Parfum

Tahukah anda bahwa parfum juga bisa kadaluarsa? Meskipun tidak ada tanggal kadaluarsanya, parfum atau wewangian lainnya memiliki batas usia penggunaan, sama halnya dengan produk kecantikan dan kesehatan lainnya. Sering dikaitkan dengan kebutuhan hidup yang wajib dipenuhi membuat sebagian orang tidak bisa terlepas dari parfum. Dengan tips menyimpan parfum ini akan membuat wewangian kesukaan anda menjadi tahan lama dan awet hingga 3 tahun! Sebenarnya anda bisa melihat jika parfum sudah tidak bisa dipakai lagi dari beberapa faktor, diantaranya adalah melihat usia penyimpanannya dan oksidasi produk tersebut.

Mungkin kebanyakan dari produsen parfum akan menyarankan para konsumennya untuk tidak memakai parfum atau membuangnya setelah menggunakannya selama 1-3 tahun. Anda bisa memeriksa tanggal produksi dan memperkirakan lamanya produk tersebut tersimpan di dalam gudang sampai akhirnya berada di rumah anda. Akan tetapi, karena memiliki daya tahan yang berbeda dengan makanan, terkadang tidak masalah apabila anda menggunakan suatu produk sampai 4-5 tahun lamanya. Agar lebih awet dan tahan lama, berikut ini ada beberapa tips dalam menyimpan parfum yang bisa anda coba.

Jangan Lewatkan Tips Menyimpan Parfum Ini Agar Bertahan Lama Bertahun-tahun

Menjaga Parfum Dari Sinar Matahari

Menjaga Parfum Dari Sinar Matahari

Memang benar cahaya atau sinar matahari yang menembus botol kaca parfum akan terlihat lebih cantik. Akan tetapi, kalau anda menyimpan parfum di tempat yang terkena banyak sinar matahari hanya akan membuat parfum tersebut cepat kadaluarsa. Karena, sinar matahari tersebut akan menghancurkan molekul fragrance yang menjadikan komposisinya menjadi kurang stabil dan Rentan teroksidasi. Jadinya ada baiknya untuk Anda menjaga parfum dari jangkauan sinar matahari agar usia penggunaannya tidak berkurang.

Menjauhkan Parfum Dari Sumber Panas

Selain karena cahaya matahari, usahakan juga untuk menjauhkan parfum anda dari sumber panas apapun. Karena, suhu panas bisa menghancurkan molekul fragrance dan mengubah senyawa make up di dalam parfum tersebut. Para ahli juga menyarankan untuk para pengguna menyimpan parfum pada tempat atau ruangan dengan suhu dibawah 5 derajat Celcius atau 59 derajat Fahrenheit. Jadi, anda tidak hanya harus menjaga parfum dari sinar matahari tetapi juga menjaga parfum dari jangkauan panas apapun. Dengan begitu usia penyimpanan dan penggunaannya juga tidak akan berkurang dengan cepat sehingga Anda bisa menggunakannya sampai bertahun-tahun.

Menyimpan Parfum di Tempat Tertutup

Tips menyimpan parfum

Tips menyimpan parfum selanjutnya adalah dengan menyimpannya di dalam tempat tertutup. Menyimpan parfum di dekat pipa air, sumber panas, dan tempat yang lembab hanya akan membuat parfum tersebut cepat oksidasi. Oleh karena itu, ruangan seperti kamar mandi Bukan tempat yang tepat untuk menyimpan parfum kesayangan anda. Coba simpan parfum anda di dalam laci kamar atau lemari baju yang cukup tertutup. Alternatif lainnya Anda bisa menyimpan parfum tersebut di dalam dus nya dan meletakkannya di atas meja atau permukaan lain yang jauh dari jangkauan sinar matahari. Sebab, menyimpan parfum di tempat yang tertutup akan membuat parfum lebih tahan lama.

Menggunakan Parfum Sampai Habis

Menggunakan Parfum Sampai Habis

Pada saat kemasan atau botol parfum sudah dalam keadaan setengah kosong, oksigen di dalamnya juga akan meningkatkan resiko perubahan produk. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk Anda menggunakan parfum sampai habis dan tidak bergonta-ganti parfum untuk mempercepat habisnya setiap produk. Terutama jika parfum yang Anda gunakan memiliki konsentrasi fragrance yang cukup tinggi. Jadi, usahakan agar anda tidak membeli berbagai produk parfum dan menghabiskan 1 botol parfum terlebih dahulu.

Menyimpan Parfum di Tempat yang Sejuk

Menyimpan Parfum di Tempat yang Sejuk

Tips menyimpan parfum yang terakhir adalah dengan menyimpannya di tempat yang sejuk. Misalnya Anda bisa menyimpan parfum di dalam kulkas. Akan tetapi jika kulkas tersebut sering dibuka tutup oleh orang lain hal tersebut juga akan mempercepat usia penggunaan parfum karena produk terkenal lampu yang menyala secara otomatis setiap kali pintu kulkas terbuka. Alternatifnya Anda bisa membeli kulkas khusus untuk menyimpan parfum dan produk kecantikan yang yang harus disimpan didalam kulkas. Selain itu, Anda juga bisa membungkus parfum dengan menggunakan alumunium foil atau menyimpannya di dalam freezer. Tenang saja, karena parfum mengandung alkohol sehingga produk tersebut tidak akan membeku sebaliknya akan memberikan rasa dingin ketika disemprotkan.

Most Popular