31.6 C
Tangerang
Friday, August 12, 2022
Home Health Buah Favorit Sejuta Umat! Manfaat Durian Untuk Kesehatan Kamu!

Buah Favorit Sejuta Umat! Manfaat Durian Untuk Kesehatan Kamu!

Siapa yang tidak mengenal manfaat durian, buah yang memiliki aroma dan rasanya yang khas ini membuatnya mudah diingat. Durian juga diklaim sebagai buah sejuta umat, banyak yang menyukai buah berbau khas ini, namun sebagian orang juga ada yang tidak bisa memakannya bahkan mencium baunya saja sudah mual. Saat musim durian tiba, adalah surga bagi para pecinta durian, karena sangat banyak penjual durian yang ada di pinggir jalan dan menyediakan tempat untuk makan disana langsung.

Tak hanya enak dimakan langsung, ternyata durian mengandung berbagai vitamin dan mineral, karbohidrat, lemak, serta protein. Kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan, dan tahukah kamu? Durian mengandung antioksidan yang cukup tinggi, dalam 100 gram durian memiliki kandungan:

  • 27 gram karbohidrat
  • 4 gram serat
  • 1,5 gram protein
  • 5 gram lemak
  • vitamin A sebanyak 44 IU
  • vitamin C sekitar 20 mg
  • magnesium 30 mg
  • fosfor 39 mg
  • mineral lainnya

Kandungan kandungan tersebut sangat dibutuhkan untuk tubuh manusia, tak heran buah ini menjadi favorit banyak orang. Bahkan durian sudah terkenal hingga ke luar negeri, masih ada banyak kandungan pada durian, berikut ini manfaat durian dan kandungan lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Dan Manfaat Durian Yang Baik Untuk Tubuh

durian

Tinggi Antioksidan

Durian memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, antioksidan sendiri dikenal sebagai zat yang dapat melindungi tubuh dari bahayanya radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya, seperti kanker, dan penyakit jantung. Radikal bebas ini adalah molekul yang muncul di dalam tubuh sebagai reaksi sisa metabolisme, dan radikal bebas ini akan meningkat jika kamu merokok atau terpapar radiasi.

Serat

Manfaat Durian memiliki kandungan serat, tak hanya dalam sayur sayuran dan biji bijian yang mengandung serat. Durian juga salah satu buah mengandung serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol, bagus untuk peredaran darah, serta baik juga untuk kesehatan jantung.

Kalium

Kalium sangat baik untuk tubuh, dan untuk mendapatkannya kamu bisa mengkonsumsi durian, dalam 1 buah durian terkandung 436 mg kalium. Kalium sendiri berfungsi untuk membantu tubuh menjaga kesehatan otot, tulang, saraf dan pembuluh darah, tak hanya itu, kalium juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Tinggi Karbohidrat

Manfaat durian yang selanjutnya yaitu dapat menjadi sumber energi, karena durian memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Dalam satu buah durian mengandung 150 kalori, jumlah ini cukup untuk menjadi sumber energi pada tubuh.

Itu lah beberapa kandungan dan manfaat yang ada pada buah durian, tetapi ada manfaat lain secara tradisional, durian juga dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual, meredakan demam, bagus untuk penyakit kuning, malaria, tekanan darah tinggi dan mengobati luka.

Melihat kandungan gizi dan manfaatnya tentunya membuat pecinta durian semakin cinta dengan buah beraroma khas ini. Namun tetap ada batasan untuk mengkonsumsi buah durian, jika kamu mengkonsumsinya secara berlebihan akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut, perut akan terasa kembung, muntah, dan diare.

Dan untuk penderita diabetes, durian ini sangat tidak baik, karena durian memiliki kadar gula yang tinggi yang dapat berpotensi mengganggu kestabilan kadar gula darah. Ibu menyusui dan ibu hamil juga sebaiknya konsultasi ke dokter terlebih dahulu jika ingin mengkonsumsi buah durian dalam kondisi tersebut.

Most Popular