31.6 C
Tangerang
Saturday, December 10, 2022
Home Health Buah Kiwi Sangat Bermanfaat Jika Dikonsumsi Ibu Hamil

Buah Kiwi Sangat Bermanfaat Jika Dikonsumsi Ibu Hamil

Buah kiwi dikenal memiliki segudang manfaat, ada banyak kandungan nutrisi yang bisa didapatkan dari kiwi, seperti vitamin C, A, E,K, folat, zat besi, kalium, magnesium, fosfor dan masih banyak lagi yang bisa kamu dapatkan dari buat lezat ini. Biasanya kiwi dikonsumsi bersama es buah atau salad buah, tapi kamu juga bisa mengkonsumsinya secara langsung.

Buah yang memiliki warna hijau ini ternyata sangat baik jika dikonsumsi ibu hamil, ibu hamil perlu banyak mengkonsumsi asupan yang baik untuk tubuh. Kiwi dikenal sangat baik untuk tumbuh kembang janin di dalam Rahim, karena kandungannya yang baik membuat buah yang satu ini wajib dikonsumsi ibu hamil.

Manfaat Buah Kiwi Untuk Ibu Yang Sedang Hamil

buah kiwi

1. Mengandung Folat

Kiwi sangat baik untuk ibu hamil karena mengandung folat yang dibutuhkan untuk perkembangan kognitif Janin di dalam Rahim, tak hanya itu folat ini juga berfungsi untuk membantu perkembangan sistem saraf dan mencegah cacat pada anak. Mengkonsumsi kiwi dalam kehamilan di fase awal dapat mencegah resiko keguguran.

2. Mengandung Vitamin C

Kiwi mengandung vitamin C yang tinggi, vitamin C sangat diperlukan untuk asupan ibu hamil. Vitamin C ini juga berperan penting untuk pembentukan neurotransmitter dan dapat menjaga fungsi otak janin, selain itu vitamin C dapat mencegah ibu hamil terpapar radikal bebas yang sangat berbahaya.

3. Rendah Gula

Buah kiwi memang cenderung memiliki rasa yang asam dan juga rendah gula, dengan mengkonsumsi kiwi dapat menjaga kestabilan kadar gula darah pada ibu hamil sehingga dapat terhindar dari penyakit diabetes gestasional.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

 

Ibu hamil sering sekali mengalami sembelit, untuk mencegah hal ini terjadi tentunya harus banyak mengkonsumsi serat yang bisa di dapat dari buah buahan atau sayuran. Seperti salah satu ya kiwi, ibu hamil bisa mengkonsumsi kiwi yang memiliki kandungan serat tinggi untuk mencegah terjadinya sembelit. Selain itu kiwi juga dapat mencegah sakit perut, gastritis, mual, dan juga bisa mencegah perut kembung.

5. Mencegah Anemia

Ibu hamil biasanya sering mengalami anemia, dan untuk mencegahnya ibu hamil bisa mengkonsumsi buah kiwi yang memiliki kandungan zat besi untuk mencegah anemia. Dalam buah ini mengandung zat besi yang dapat memenuhi 4% kebutuhan zat besi harian ibu hamil.

6. Mengandung Kalsium

Kalsium sangat diperlukan untuk ibu hamil untuk menjaga pertumbuhan tulang, gigi, otot dan jantung. Maka dari itu ibu hamil sangat dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi buah kiwi untuk menjaga kesehatan janin, kiwi juga mengandung magnesium yang dapat membantu tubuh menyerap kalsium lebih baik.

7. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kiwi mengandung banyak zat mineral esensial untuk pertumbuhan bayi dalam Rahim, salah satunya tembaga dan copper. Zat mineral tersebut bisa membantu perkembangan otak bayi dan meningkatkan sistem imun tubuh.

8. Rendah Kalori

Buah kiwi memiliki kalori yang rendah, biasanya ibu hamil sering kali ngidam banyak hal yang membuat berat badan semakin naik. Untuk tetap menjaga berat badan tubuh sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi kiwi karena sangat rendah kalori.

9. Menjaga Kestabilan Hormon

Fluktuasi hormonal yang tidak menentu bisa menciptakan reaksi depresi, stress, ataupun merasa lelah pada ibu hamil. Manfaat kiwi ini dapat menjaga kestabilan hormon pada ibu hamil.

Most Popular